Lebih Percaya Diri Implementasikan Kurikulum 2013



Lebih Percaya Diri Implementasikan Kurikulum 2013
Medan, (Mimbar) - Sekira 135 peserta pelatihan Praktik Yang Baik Tingkat SD (Sekolah Dasar)/MI (Madrasah Ibtidaiyah) yang difasilitasi USAID PRIORITAS, berhasil melakukan praktik mengajar (real teaching), Rabu (11/9).
Praktik mengajar bertujuan mengujicobakan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), alat peraga/media pembelajaran dan lembaran kerja siswa sesuai PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Effektif dan Menyenangkan).” Setelah dua hari mendapatkan materi di dalam kelas (in class training), hari ini peserta kami minta mempraktikkan materi pelatihan ke dalam kelas sesungguhnya,” terang Koordinator Daerah USAID PRIORITAS Kota Medan, Kamaluddin Pane di SDN 064036 Medan Kota.
Kamaluddin Pane mengatakan praktik mengajar dilaksanakan pada 10 SD/MI (7 SD dan 3 MI) mitra USAID PRIORITAS di Kota Medan. Peserta dibagi menjadi 63 tim mengajar (team teaching) untuk mengajar lebih dari 2016 siswa. “Praktik pembelajaran ini didesain untuk memberikan pengalaman unik bagi guru. Mereka diminta mengajar di sekolah yang berbeda dengan tempat tugas. Kesempatan ini akan menambah pengalaman guru menghadapi siswa dengan karakter berbeda,” tukasnya.
Guru Matematika MIN Tembung Maidarlis S.Pd mengaku puas dan senang mengikuti praktik mengajar. Bersama Guru SDN 066651 Medan Barat Siti Lena, Maidarlis mengampuh topik  Mencari  Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) di SD Swasta Muhammadiyah 11.”Kami mendesain pembelajaran dengan media permainan pohon faktor, sehingga anak senang dan aktif belajar matematika khususnya KPK. Kami senang bisa mengimplementasikannya dengan baik,” terang Mairalis.
Hal senada juga disampaikan guru MIN Medan Barat Nurlaili Jamila dan guru SDN 060837 Medan Barat Trismawari. Keduanya mengampuh pembelajaran tematik kelas awal di SDN 067240 Medan Tembung. Mereka mengaku tidak mengalami kendala mempraktikkan PAKEM kedalam pembelajaran tematik. Trismawari bahkan mengaku lebih percaya diri mengimplementasikan kurikulum 2013. ”Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami, karena ada praktik mengajarnya. Kami merasakan langsung manfaat dan cara pengunaannya di dalam kelas. Sekarang kami lebih percaya diri mengimplementasikan kurikulum 2013,” tukasnya.
Program USAID Prioritizing Reform, Innovation, Opportunities for Reaching Indonesia’s Teacher, Administrators, and Students (USAID PRIORITAS) adalah program lima tahun yang didanai oleh  United States Agency for International Development  (USAID). Program ini didesain untuk membawa pendidikan berkelas dunia kepada banyak siswa di Indonesia.
Di Provinsi Sumatera Utara program ini bekerja di 10 kabupaten/kota (Medan, Binjai, Deli Serdang, Tebing Tinggi, Tanjungbalai, Labuhan Batu, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Sibolga dan Nias Selatan) dan 2 LPTK mitra USAID PRIORITAS (Unimed dan IAIN Sumatera Utara). Program ini akan menjangkau lebih dari 208 sekolah dasar, sekolah menegah pertama dan madrasah serta memberikan manfaat langsung kepada sekitar 50.000 siswa. (rel)

Keterangan Foto :

Pohon Faktor. Siti Lena mendampingi siswa SD Swasta Muhammadiyah 11 menggunakan media pembelajaran permainan pohon faktor, Rabu (9/11). Siti Lena dan Maidarlis membuat media pembelajaran ini  dalam Pelatihan Praktik Yang Baik Tingkat SD/MI Kota Medan yang difasilitasi USAID PRIORITAS. (ist)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung