1.154 Desa di Sumut Belum Nikmati Listrik




1.154 Desa di Sumut Belum Nikmati Listrik

MEDAN - Saat melantik kepengurusan Masyarakat Kelistrikan Indonesia (MKI)  Wilayah Provinsi Sumatera Utara di Binagraha Jl Diponegoro Medan, Senin (2/9) siang, Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST membuka sambutannya dengan carut-marut listrik di provinsi ini.

Gubsu bertutur, sebelum melantik pengurus MKI, dia menghadiri perayaan Hari Anak Sumatera Utara di Gedung Auditorium Unimed. Dalam perhelatan itu mereka disuguhi berbagai pertunjukan dan keceriaan anak-anak. Namun sayangnya saat anak-anak sedang semangat unjuk kebolehan, tiba-tiba aliran listrik padam. Seketika suasana jadi gaduh, ruangan gelap dan soundsystem senyap. Beberapa anak menjerit-jerit karena ruangan gelap dan panas.

Kepada MKI, Gubsu mengaku tak bisa menutupi kegusarannya. Meski hanya beberapa menit, namun 'interupsi' yang dilakukan PLN di acara yang awalnya  cerah ceria itu benar-benar menjengkelkan. "Keceriaan anak-anak itu tiba-tiba hilang ketika listrik padam," ujar  Gubsu.
Kejadian padamnya aliran lisrik di Unimed tentu bukanlah hal asing bagi warga Medan dan Sumatera Utara. Krisis listrik yang parah telah membuat masyarakat benar-benar terganggu.

Tak hanya dilanda krisis byar pet, Gubsu mengungkapkan hingga Maret 2013, dari 2.611.977 pelanggan rumah tangga  PLN, masih ada 421.660 rumah di Sumatera Utara yang belum teraliri listrik. Sebanyak 421.660 rumah tersebut tersebar di 1.154 desa di seluruh penjuru Sumatera Utara. Dengan demikian rasio elektrifikasi di Sumatera Utara hingga Maret 2013 masih sebesar 86,45 % , atau 20% dari 5.779 desa di Sumut belum bisa menikmati listrik.

"Jadi masalah kita bukan cuma byarpet, tapi juga hampir 20% desa di Sumut belum teraliri listrik. Sementara saya dan wakil punya visi 5 tahun ke depan menjadi provinis ini harus bisa berdaya saing. Bagaimana pun  listrik adalah pemicu semangat belajar anak-anak.  Sulit tentunya bagi anak-anak di 1.154 desa yang belum teraliri listrik itu untuk memacu prestasi belajar," ungkap Gubsu tentang kondisi kelistrikan yang dihadapi Sumatera Utara.  (04)

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung