Pramuka Bentuk Jiwa Nasionalisme


Bentuk Jiwa Nasionalisme dan Kebangsaan Lewat Pramuka

Medan, (Mimbar)- Menjadi  pramuka identik menjadi pemuda Indonesia yang mencintai tanah airnya dengan diwujudkan melalui karya dan pengabdian. Karena itulah  pramuka diharapkan dapat dijadikan salah satu wadah bagi pembentukan jiwa nasionalisme dan kebangsaan  untuk semua, terutama bagi generasi muda guna mewujudkan bangsa yang berkarakter dan bermartabat.
               Hal tersebut dikatakan Plt Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  peringatan Hari Pramuka ke-52 tahun 2013 Tingkat Kwartir Cabang  Gerakan Pramuka Kota Medan di Lapangan Merdeka Medan, kemarin.
                “Selain itu gerakan pramuka menanamkan jiwa dan semangat gotong royong, serta penghargaan kepada kebhinekaan yang ada. Kemudian harus memiliki rasa tanggung jawab yang kuat, teguh pendirian, rajin dan ulet dalam menghadapi setiap tantangan yang ada, terutama dalam menyosong masa depan,” kata Eldin.
                Eldin selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan mengingatkan, salah satu tugas yang harus terus dilakukan yaitu bagaimana terus mengedepankan nilai-nilai gotong royong dan kebersamaan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, saat ini kehidupan individu lebih menonjol dan mengembang.    Dimana-mana banyak dijumpai pembicaraan tentang “aku’ dan bukan “kita”. Artinya, dunia “kita” semakin tereduksi oleh dunia “aku” yang semakin menonjol.
                “Jadi tugas kita saat ini mengembalikan dunia “kita” yang semakin cenderung  menghilang tersebut. Modernitas berbasis pada filsafat kehidupan yang cenderung  materialistik dan individualistik ternyata tidak sepenuhnya relevan dengan kehidupan masyarakat Indonesia  yang selama ini bermodal kerjasama dalam kebersamaan. Nilai dasar gotong royong dan kebersamaan itulah yang sebenarnya selalu diemban oleh gerakan pramuka di dalam berbagai programnya.
                Menurut Eldin, melalui gerakan pramuka juga mendapatkan proses pembelajaran yang sangat mendasar yaitu tentang tumbuh kembangnya semangat nasionalisme dan kebangsaan  yang bertali temali dengan pengembangan sikap kebersamaan, dedikasi tinggi, loyalitas dan kreatifitas. Dengan demikian gerakan pramuka bisa menjadi medium untuk pendidikan karakter yang sangat diperlukan di era perubahan sosial dimana berhimpitan dengan  transformasi modernisasiyang tidak akan bisa ditolak.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung