Perkuat Kewaspadaan Dini Masyarakat




Gubsu Ajak Perkuat Kewaspadaan Dini Masyarakat

Medan,
            Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho ST MSi mengajak semua pihak memperkuat kewaspadaan dini melalui gerakan intelijen masyarakat dalam upaya deteksi dan antisipasi dini potensi kerawanan menjelang tahun politik 2014 yang akan digelar pemilu legislatif dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.
            “Potensi kerawanan harus diantisipasi lebih dini,” tegas Gubsu selaku Ketua Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) Sumut dalam sambutan dibacakan Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) Sumut Brigjen TNI Cucu Sumantri selaku Ketua Pelaksana Harian Kominda Sumut pada Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Provinsi dan Kabupaten Kota se-Sumut.
            Dihadapan Ketua FKDM Sumut Kol (Pur) H Nurdin Sulistyo dan Kepala Badan Kesbangpol Linmas Sumut Drs H Eddy Syofian MAP pada acara di Hotel Caribia Boutique Medan Sabtu tersebut Gubsu meminta koordinasi, komunikasi serta pemberdayaan Kominda, FKDM dan Tim Terpadu Penanganan Gangguan Keamanan Dalam Negeri agar benar-benar lebih difungsikan.
Suksesnya pemilu 2014 kata Gubsu bukan hanya bersandar pada integritas penyelenggara pemilu dan peserta pemilu saja. Namun, faktor keamanan merupakan hal yang harus menjadi perhatian utama guna menanggapi dinamika politik yang dapat mempengaruhi situasi keamanan dan diperkirakan akan semakin tinggi.
“Potensi kerawanan harus segera diantisipasi lebih dini pada setiap tahapan-tahapan pelaksanaan Pemilu dan perlu melakukan identifikasi masalah baik di bidang Ideologi, Politik, Sosial Budaya, Pertahanan dan Keamanan,” ujarnya.
Ketua FKDM Sumut Kol (Pur) H Nurdin Sulistyo juga mengakui perkembangan berbagai potensi konflik yang terjadi di Sumatera Utara akhir-akhir ini seperti corat-coret tentang komunis di beberapa daerah, bentrok OKP, bentrok di kawasan eks HGU, antisipasi Pilkada di 4 daerah lagi, demonstrasi ke PLN dan beberapa potensi kerawanan lainnya membutuhkan koordinasi dan cegah dini agar tidak melebar menjadi konflik nyata yang berakibat bentrok fisik.
“Perkembangan situasi yang berpengaruh tersebut harus segera di antisipasi secara dini dan melakukan cegah dini agar tidak menjadi potensi yang dapat mengganggu keamanan dan stabilitas pelaksanaan Pemilu, dan juga tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk kepentingan sesaat yang dapat merusak tatanan kehidupan masyarakat,” ujarnya.
Kepala Badan Kesbangpol Linmas Sumut Drs H Eddy Syofian MAP menyambut positip fasilitas peningkatan kapasitas anggota FKDM se Sumut yang melibatkan berbagai unsur, yaitu dari FKDM selaku unsur masyarakat, unsur pemerintah daerah dan Komunitas Intelijen Daerah merupakan satu bentuk inisiasi untuk membangun sinergitas dalam pengamanan Pemilu dan antisipasi Faham komunisme.
Rapat Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Anggota FKDM Provinsi dan Kabupaten/Kota se Sumatera Utara  ini berhasil menyimpulkan beberapa poin strategis dalam memperkuat peran kewaspadaan dini melalui FKDM yang intinya mempertajam program dan bantuan kepada FKDM melalui dana APBN dan APBD secara terus menerus sesuai dengan tingkatannya.
Kabid Pembinaan Kewaspadaan Nasional Badan Kesbangpol Linmas Provsu Zulkarnain Rangkuti SSos mengemukakan pada rapat yang juga membahas pencegahan dini penyalahgunaan narkoba, pemahaman nilai-nilai HAM da kerawanan bencana alam di Sumut ini disimpulkan tolak ukur yang digunakan dalam pemberian bantuan antara lain forum sudah harus terbentuk, jumlah penduduk dan luas wilayah.
Besaran bantuan yang diberikan untuk Kabupaen dan Kota minimal Rp 200.000.000 dan untuk Provinsi minimal Rp 500.000.000 serta dana yang diberikan dipergunakan untuk pengembangan Kapasitas FKDM serta peningkatan sarana dan prasarana.
FKDM juga direkomendasikan dapat menyelesaikan permasalahan dengan melakukan mediasi dan sistem pelaporan imformasi agar dilakukan secara berjenjang, cepat tanpa harus menunggu standar-standar akurasi, disampaikan melalui Kesbang Pol dan Linmas Provsu Cq. Bidang Pembinaan Kewaspadaan Nasional.
Sebelumnya juga telah digelar Rapat Kerja FKDM beserta Kominda Kabupaten dan Kota se-Sumut di Hotel Caribia Boutique Medan yang menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya dari Kabinda Sumut, Polda Sumut, Badan Pusat Statistik Sumut dan lainnya yang secara umum difokuskan untuk menghadapi tahun politik 2014 yang merupakan tanggung jawab bersama menyukseskannya.

Teks Foto :
Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) Sumut Brigjen TNI Cucu Sumantri (kanan) dan Kepala Badan Kesbangpol Sumut Drs H Eddy Syofian selaku Sekretaris Kominda Sumut (kiri) pada Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Provinsi dan Kabupaten Kota se-Sumut.

Comments

  1. Butuh Penghasilan Lebih? Serta Hiburan Yang Menghasilkan Uang Secara Cepat Tanpa Ribet?
    Buruan Bergabung Dengan ZeusBola Situs Judi Online Terpercaya Dengan Pelayanan Terbaik.
    Dengan Deposit Pulsa Dan OVO
    Dapatkan Bonus New Member dan Bonus Deposit Harian

    Untuk Deposit Juga Bisa Melalui Indomaret Dan Alfamart Ya!



    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung