Wagubsu Ajak Warga Sumut Siaga Bencana

 
Wagubsu Ajak Warga Sumut Siaga Bencana

Medan-Wakil Gubernur Sumatera Utara Ir.H.Tengku Erry Nuradi,M.Si mengajak seluruh masyarakat Sumatera Utara untuk siaga bencana. Ajakan itu diutarakannya ketika meresmikan Forum Redaktur Sumatera Utara di Gedung PWI Sumatera Utara Jl.Adinegoro Medan, Selasa (28/1).

Wagubsu mengatakan tak satupun dari kita mau mendapat bencana, namun bila bencana itu datang tidak seharusnya kita patah semangat namun harus terus maju melanjutkan pembangunan. Erupsi Gunung Sinabung misalnya, kata beliau, kita semuanya harusnya berempati dan saling membantu bagaimana meringankan beban saudara kita disana, dan itu bukan hanya tugas Gubsu atau Wagubsu saja tapi kewajiban kita semua". Katanya lagi , baik dan buruknya Sumut tidak semata tanggung jawab Gubsu dan Wagubsu, namun tugas kita semua . Untuk itu beliau mengajak seluruh masyarakat Sumut untuk dapat Siaga Bencana , artinya, bila bencana itu datang semua kita bisa saling bantu mengatasi bencana tersebut.

Selain bencana itu datangnya tidak terduga, namun ulah tangan manusia juga turut dapat menimbulkan bencana tersebut. Banjir misalnya
 Diakibatkan penebangan hutan, pembuangan sampah sembarangan, pemanfaatan DAS yang tidak sesuai, untuk itu dia menhimbau seluruh masyarakat untuk sadar menjaga lingkungan bersama.

Forum redaktur yang menggelar diskusi publik tentang dampak erupsi gunung sinabung dan permasalahannya itu dihadiri sejumlah tokoh diantaranya Kepala Badan Penanggulangan Bencana Pusat Syamsul Maarif, kepala BNPB Provsu Asren Nasution, Anggota DPD Parlindungan Purba, Ketua PWI Sumut dan puluhan redaktur dan Pimpinan Redaksi Surat Kabar, Radio dan Televisi di Sumatera Utara.

Dalam diskusi publik tersebut dibahas tentang kondisi ril tentang korban bencana erupsi sinabung serta permasalahan yang ditimbulkannya. Sempat dibahas dalam diskusi yang dipimpin kepala BNPB Pusat Tersebut tentang relokasi warga korban bencana serta permasalahan sosial lainnya.

Wagubsu sendiri didaulat meresmikan Forum tersebut oleh seluruh anggota untuk dilanjutkan membahas isu isu hangat di Sumut lainnya dimasa mendatang. Wagubsu berharap dari forum tersebut diperoleh masukan bagi Pemerintah untuk mengambil langkah dan penyusunan program bagi kemajuan Sumatera Utara. Wagubsu menilai peran pers sangatlah penting bagi menunjang kemajuan diantaranya dengan menyebarkan informasi seluas luasnya, melakukan pengawasan serta dapat mencerdaskan masyarakat luas.

Ketua PWI sumut Drs.M.Syahrir menjelaskan bahwa forum yang baru saja dibentuk dan perdana melakukan diskusi publik tersebut nantinya akan terus melakukan diskusi serupa terkait isu isu penting di Sumatera Utara. Bahkan nantinya. Katanya" kalau di jakarta ada Indonesia Lawyers Club yang membahas isu nasional, maka di Medan ada Forum Redaktur membahas isu sejenis tetapi lebih ditingkat Sumatera Utara". Nantinya hasil dari forum tersebut akan dijadikan sebuah buku dan dapat dikonsumsi umum guna menjadi masukan bagi semua pihak untuk sama membangun Sumatera Utara.

Seluruh redaktur terlihat antusias mengikuti forum tersebut karena di forum seperti ini mereka dapat menuangkan ide-ide di luar rutinitas dunia jurnalistik.(#)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung