Lestarikan Kain Lokal



Lestarikan Kain Lokal

MEDAN
-
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumut Hj Sutias Handayani merasa takjub saat menyaksikan sejumlah kreasi pengrajin hantaran nikahan. Kreasi hantara tersebut dipamerkan saat pelantikan Pengurus Baru Ikatan Pembuat Hantaran Indonesia (IPHI) "Pancawati", di Gedung Pauni Jln. Kenanga Raya, Medan, Rabu (29/1). Sutias berharap karya-karya pengrajin hantaran terus mempertahankan budaya lokal seperti menyertakan kain ulos, kain tenun dan berbagai suvenir lokal khas Sumut.

Menurut Sutias, di tengah deras kreatifitas hantara pernikahan kerap para pengrajin terikut trend dan mode yang kadang justru melupakan nilai-nilai tradisional. Padahal suvenir-suvenir lokal justru akan memperkaya dan memberi makna pada acara pernikahan.

" Dengan hantaran yang menggunakan produk lokal sama halnya menggunakan program pemerintah,"ucap Sutias.

Selain itu Sutias mengajak para pengrajin hantaran untuk memanfaatkan produk daur ulang meski hasilnya bukan untuk hantaran utama. "Kita semua inginnya isi hantaran itu produk baru, bukan bekas (daur ulang) karena pernikahan adalah hal yang sakral. Tetapi tak ada salahnya kita bisa manfaatkan produk daur ulang misalnya hiasan,"papar Sutias.

  IPHI "Pancawati" Sumut tak hanya sebagai wadah perkumpulan para pengrajin tapi juga menjadi lembaga pendidikan para pengrajin untuk menimba ilmu.

Ketua panitia IPHI Pancawati Sumut Zuraida mengaku yakin dan percaya bahwa seluruh pengurus IPHI Pancawati Sumut dapat menjalankan tugas dan lebih kreatif untuk membuat hasil-hasil hantaran yang setiap tahunnya berinovasi .

"Kita berupaya agar hantaran tidak hanya sekedar barangan seserahan untuk pernikahan melainkan kenangan bagi penerima hantaran yakni mempelai wanita untuk dikenang seumur hidup,"ujarnya.

Sesuai surat keputusan Ketua Umum Ikatan Pembuat Hantaran Indonesia SKEP/IPHI/VIII/2013 di putuskan, penasehat Hj Nuzulliah, Ketua Rafika Johani, S.Ag, Ketua I : Arzulia, Ketua II : Surya Ningsih, Sekretaris I : Dila Astriyanti, Sekertaris II : M Asmansyah Lubis , Bendahara I : Juliani Sahara dan Bendahara II : Liza Amriati.(#)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung