Masyarakat di Luar Radius 5 Km Juga Siaga

 
Sekdaprovsu Imbau Masyarakat di Luar Radius 5 Km Juga Siaga

Medan,
    Sekdaprovsu H Nurdin Lubis SH MM mengimbau masyarakat di luar radius 5 kilometer Gunung Sinabung juga ikut tetap meningkatkan kesiapsiagaan. Imbuan tersebut disampaikannya kepada wartawan usai meninjau Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung di Desa Ndokum Pisa Siroga Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo, Selasa (7/1).

      Didampingi Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumut DR H Asren Nasution MA, Pl Assisten Hukkesos Pemprovsu DR H Arsyad Lubis MA, Staf Ahli Gubsu H Fitriyus dan Sekretaris KPU Sumut H Abd Rajab, Sekdaprovsu juga berkunjung ke Bupati Karo Kena Ukur Karo Jambi Surbakt.

      Pada kunjungan ini Sekdaprovsu juga meninjau Posko Pendampingan Pemprovsu di Kabanjahe yang berlokasi di Kantor Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabanjahe.
      Pada pertemuan khusus dengan Bupati Karo Sekkdaprovsu didampingi Kalak BPBD Provinsi Sumut atas nama Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi dan Pemprovsu menyampaikan apresiasi atas upaya keras Pemkab Karo dan jajarannya dalam penanganan bencana Sinabung bersama TNI, Polri dan relawan,


          "Masyarakat kita imbau tetap meningkatkan kesiapsiagaan pada radius di luar 5 km dan mend imbauan pemerintah untuk menjauh dan mencari tempat yang sudah dipersiapkan oleh pemerintah. Utamakan keamanan dan keselamatan," ujar Sekdaprovsu.

      Langkah-langkah Pemprovsu dalampenanganan Sinabung jelas Sekdaprovsu antara lain Gubsu telah menerbitkan SK Pembentukan Tim Pendampingan untuk membantu Pemkab Karo dalam memperlancar penanganan erupsi Sinabung.

    "Penanganannya dengan melibatkan lintas SKPD dan lintas instansi TNI dan Polri. Walaupun demikian penanggungjawab utama dalam penanganan bencana adalah Pemkab Karo," ujarnya.

      Pemprovsu melalui BPBD sedang mendata dan menghitung keperluan logistik jika diperlukan oleh Pemkab Karo termasuk obat-obatan dan pelayanan medis. Jika diperlukan SKPD terkait sudah siap untuk mendiistribusikan sesuai kebutuhan.

      "Pemprovsu sudah berkoordinasi dengan Kodam dan Poldasu bahwa TNI dan Polri Siap Dukung penanganan Sinabung. Semua kebutuhan tentu melalui mekanisme yang berlaku yakni Pemkab Karo mengajukan ke Provinsi dan jika di luar kemampuan kita akan dikoordinasikan kepada pemerintah pusat melalui BNPB," jelasnya.
      Dikemukakannya Kepala BNPB di Jakarta sudah menyatakan komitmen siap membantu kebutuhan pengungsi dan penanganan Sinabung.(*)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung