Kabupaten/Kota Sangat Berperan Bagi Sukses Sumut

Gubsu: Kabupaten/Kota Sangat Berperan Bagi Sukses Sumut

SEI RAMPAH - Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST MSi mengapresiasi Kabupaten Serdang Bedagai yang merayakan ulangtahunnya yang ke-10, Selasa (7/1). Kabupaten tersebut bersama beberapa kabupaten lain dinilai Gubsu sangat berperan bagi Provinsi Sumatera Utara dalam meraih sejumlah sukses di tahun 2013. Di antaranya sukses menjadi 5 besar provinsi yang berhasil melakukan swasembada beras dan jagung.
Seperti dilaporkan Dinas Pertanian Sumatera Utara pada refleksi capaian akhir tahun 2013 lalu, Sumatera Utara kembali mengulang capaian sebagai provinsi yang berhasil berswasembada beras dan jagung. Sukses ini menurut Gubsu hasil kerja keras semua pihak, termasuk kabupaten/kota yang aktif membangun sektor pertanian. Selain Kabupaten  Sergai, swasembada beras dan jagung disumbang oleh Kabupaten Langkat, Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Asahan. dan beberapa Kabupaten lain.

"Capaian swasembada beras dan jagung ini tentu juga partisipasi kabupaten-kabupaten. Serdangbedagai adalah lumbung beras Sumut selain Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Langkat dan Kabupaten Asahan. Saya apresiasi keberhasilan ini dan semoga kita bisa meningkatkan di tahun mendatang," tegas Gubsu.

Bersamaan dengan itu Gubsu meneken prasasti peresmian kantor Camat Dolokmerawan,  Bupati Sergai H Soekirman menandatangani prasasti peresmian Gedung Olah Raga Sergai Bertuah, Gedung Rehabilitasi Sentra IKM Pemkab Sergai dan Gedung Poskesdes Desa Karang Tengah Kecamatan Serba Jadi, Kabupaten Sergai. Kegiatan ini  turut dihadiri Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan, Wagubsu Ir H Tengku Erry Nuradi MSi, Ketua Asosiasi Bupati Se-Indonesia dan beberapa Bupati/Walikota se-Sumut.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sergai ditandai Rapat Paripurna Istimewa, di Gedung DPRD Sergai yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB.
Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Serdang Bedagai, Azmi Yuli Sitorus sekaligus mendengarkan sambutan Bupati Sergai terkait sejumlah pencapaian pembangunan di Kabupaten Sergai.

Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi mengapresiasi kemajuan pembangunan Kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Deliserdang itu. Baik di zaman Tengku Erry Nuradi yang kini menjadi Wakil Gubsu maupun di era Bupati saat ini H Soekirman.

Menurut Gubsu, setiap kemajuan yang capai kabupaten/kota tentu akan menjadi motivasi sekaligus bersama mendorong terwujudnya provinsi Sumatera Utara yang lebih maju, berdaya saing, dan sejahtera.

Lebih lanjut  Gubsu menjelaskan, Kabupaten Sergai merupakan daerah otonomi pemekaran yang telah dibanjiri prestasi baik di tingkat provinsi maupun secara nasional, untuk itu dihimbau agar terus melakukan upaya terbaik dalam mencapai visi dan misi daerah ini untuk menjadi Kabupaten terbaik di Indonesia.

Disela-sela acara Bupati Sergai Soekirman meluncurkan sebuah buku yang berjudul Onderneming Van Sergai. Menurut Soekirman buku yang diluncurkan itu berisikan mengenai perkembangan kebun-kebun di Kabupaten Serdang Bedagai. Menurutnya saat ini sudah banyak hutan yang beralih fungsi.

Setelah diluncurkan buku yang ditulisnya itu langsung diberikannya kepada Gubernur Sumut, H Gatot Pujo Nugroho ST MSi dan juga Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan. Selain diberikan keduanya, Soekirman juga memberikan buku itu kepada beberapa tamu undangan.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dalam sambutannya menilai Sumut layak menjadi contoh daerah lain di Indonesia, karena mempunyai keberagaman etnis, agama dan ras yang hidup berdampingan dan kompak.

"Saya sudah empat kali mengunjungi Sumut dan menilai daerah ini bisa menjadi model bagi daerah lain dalam mengelola pluralisme. Pak Gatot sebagai Gubsu ada Soekirman sebagai bupati adalah contoh baiknya keberagaman di Sumut yang harus dicontoh daerah lain di Indonesia," katanya.

Ketua Asosiasi Kepala Daerah Seluruh Indonesia (APKASI), Isran Noor dalam kesempatan yanh sama mengucapkan selamat hari jadi kepada kabupaten Sergai. "Saya atas nama pribadi dan atas nama bupati dan masyarakat se-Indonesia menyampaikan selamat ultah ke 10 buat Sergai. Semoga diberikan kemudahan dan jalan lurus untuk menuju kemakmuran dan kebahagiaan.Kami juga mendoakan kabupaten Sergai terus berpacu mengembangkan kemajuan serta kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Menteri Perekonomian RI, Hatta Rajasa direncanakan hadir dalam hari jadi Kabupaten Serdang Bedagai ke 10. Kehadiran Hatta untuk mengikuti Pesta Budaya akan dilaksanakan di lapangan Replika Istana Sultan Serdang Perbaungan. Puncak hari Jadi Kabupaten Sergai juga akan dimeriahkan oleh penampilan Band Wali yang akan menghibur warga  Serdang Bedagai.(*)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung