SBY Beri Arahan Penanganan Bencana Sinabung

Presiden SBY Beri Arahan Penanganan Bencana Sinabung Paska Erupsi
 
Medan - Kunjungan kerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke lokasi bencana Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Kamis (23/1/2014) besok, ditujukan untuk memberi arahan kepada satuan tugas penanganan bencana gunung api tersebut paska erupsi.
 
“Jadi, kunjungan kerja Bapak Presiden bersama Ibu Negara, Ani Yudhoyono ke lokasi pengungsian bencana Gunung Sinabung adalah untuk memberi arahan penanganan paska erupsi,”  jelas Kepala Dinas Kominfo Sumut Jumsadi Damanik dalam temu pers di Dinas Kominfo Sumut Jl HM Said Medan, Rabu (22/1/2014).  
 
Arahan Kepala Negara antara lain menyangkut penanganan kerugian lahan pertanian yang ditutupi debu vulkanik Gunung Sinabung.
 
Kemudian penanganan kerusakan infrastruktur jalan, kerusakan pada gedung sekolah, rumah ibadah, dan rumah penduduk, serta penanganan kesehatan warga yang terdampak bencana dan progress pemulihan kondisi lingkungan.
 
Sebagaimana pernyataan Menteri Pertanian (Mentan) Suswono di Kompleks Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/1/2014) kemarin, pihaknya masih terus menginventarisir semua kerugian dan lahan yang rusak akibat bencana erupsi Gunung Sinabung.  
  
“Kerusakan paling banyak pada lahan pertanian holtikultura yang  luasnya 5.000 hektar lebih," jelas Suwono.
 
Mentan juga mengatakan, dirinya sudah berkunjung dan menemui langsung petani yang menjadi korban erupsi Sinabung. Hasilnya, para petani meminta agar dibantu bibit baru untuk memulai kembali cocok tanam pascaerupsi nantinya.
 
"Mereka minta disiapkan bibit baru untuk nanti menanam. Baru itu yang sedang kita siapkan, ditambah kita inventaris kerugian yang diderita petani juga," tuturnya.
 
Dilanjutkan Jumsadi, Presiden SBY akan tiba di Kabanjahe sekitar pukul 12.00 WIB, Kamis (23/1/2014) siang, setelah terlebih dulu mendarat di Lapangan Udara TNI-AU Suwondo Medan pada pukul 09.00 WIB.
 
Untuk menuju Kabupaten Karo,  Presiden dan ibu negara dijadwalkan akan melalui jalan darat. Sesampainya di lokasi, presiden langsung menuju posko utama di Kompleks Perkantoran Pemkab Karo di Kabanjahe.
 
Kemudian presiden dan rombongan akan makan siang bersama di tenda utama dan dilanjutkan dengan acara pemaparan tentang kondisi terkini erupsi Gunung Sinabung yang disampaikan secara berturut-turut oleh Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho, Bupati Karo Kena Ukur Surbakti, dan Komandan Satuan Tugas Penanganan Bencana Erupsi Gunung Sinabung oleh Plt Sekda Kabupaten Karo.
 
Usai mendengarkan paparan, rombongan presiden akan menuju posko pengungsi di Masjid Agung Tanah Karo, kemudian posko pengungsi di GBKP Tanah Karo, dan posko pengungsi di Paroke Jl Irian Kabanjahe.
 
“Di tiga lokasi posko pengungsian ini, Kepala Negara dan Ibu Ani Yudhoyono akan berdialog langsung dengan warga yang menjadi korban erupsi Gunung Sinabung. Dalam kunjungan ini, Gubsu dan Bupati Karo ikut mendampingi,” urai Jumsadi.  
 
Selesai itu, rombongan presiden akan kembali menuju tenda utama untuk beristirahat. Di tenda utama ini, Presiden SBY juga dijadwalkan memberikan arahan lanjutan secara tertutup kepada pejabat pemerintahan Pemkab Karo, dan pihak terkait lainnya.

Comments


  1. Segera Daftar di Zeusbola
    Ada Promo Terbaru dan Bonus Banyak
    Yang Pastinya Buat Anda Puas!

    Deposit Murah lohh,,,,,


    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607




    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung