Dairi dan Taput Aman



Dairi dan Taput Aman

* Pemungutan suara ulang di TPS 3 Desa Parongil Dairi hari ini

Medan, (Mimbar) - Proses pemungutan suara hingga perhitungan suara Pemilukada di Kabupaten Dairi dan Tapanuli Utara berjalan lancar, demokratis dan kondusif hingga Kamis (10/10) sore. Atas keadaan itu Gubsu kembali menyampaikan terima kasih atas kerja keras penyelenggara KPU dan Panwaslu di dua daerah tersebut beserta jajaran aparat keamanan .
            "Kondusifnya kedua daerah ini membuktikan tingginya kesadaran masyarakat betapa besarnya nilai keamanan dan kenyamanan dalam proses demokrasi ini," ujar Gubsu H Gatot Pujo Nugroho T MSi setelah mendapat laporan  dari Kepala Badan Kesbangpol Linmas Sumut Eddy Syofian yang berada di Dairi bersama Assisten I Pemerintahan Pemprovsu Hasiolan Silaen dan Karo Otda Jimmy Pasaribu, Kamis (10/10) sore.
            Pemantauan dilakukan di beberapa TPS di Kecamatan Siempatempu, Kecamatan Silimapunggapungga yang juga dihadiri Ketua KPU Provinsi Sumut Mulia Banurea, komisioner KPU Sumut Yulhasni, Ketua Bawaslu Syafrida, Ketua KPU Dairi Feriyanto Sitohang, Kapolres Dairi AKBP Dony Damanik, Kasdim Dairi Mayor TNI Aruan beserta unsur FKPD Dairi.
            Saat tim melakukan rapat koordinasi di kantor camat Siempatempu mendadak hadir Kapolda Sumut Irjen Pol Syarif Gunawan yang sejak dini hari melakukan pemantauan langsung hingga ke Polsek-polsek.
            Kapoldasu menyatakan aparat kepolisian akan mendukung penuh jalannya Pilkada ini. "Masyarakat harus diberi kenyamanan dan kalau terjadi kendala justru yang rugi juga masyarakat karena membawa dampak luas," ujar Kapolda mengingatkan semua penyelenggara dan jajaran Muspida kecamatan Siempatempu.
            Di semua TPS terlihat komitmen aparat keamanan untuk menjaga TPS dimana semua TPS dijaga oleh seorang petugas Polri dan aparat Linmas.

Pemungutan Suara Ulang
            Sementara itu berdasarkan hasil pleno PPK Kecamatan Siempatempu dan disaksikan Panwascam beserta saksi pasangan calon diputuskan pemungutan suara ulang. Hal ini dilakukan karena ditemukannya surat suara yang dinomori oleh Ketua KPPS.
            Menurut Ketua KPU Dairi Feriyanto Sihotang menurut Pasal 91 PP No 49 tahun 2008 perubahan ketiga PP No 6 tahun 2005 tentang pemilihan pengesahan KDH disebutkan pemungutan suara dapat diulang apabila adanya tanda khusus pada surat suara dilaksanakan paling lama 7 hai sejak pemungutan suara dan ditetapkan oleh PPK.
            Atas dasar itu dan karena kelalaian Ketua KPPS yang menomori surat suara dimaksud maka pemungutan suara diulang. Karena kelalaian itu , maka Ketua PPK memberhentikan salah satu KPPS yang melakukan kesalahan tersebut.
            Keputusan ini disampaikan setelah dilakukan rapat koordinasi yang juga dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Mulia Banurea, Komisioner KPU Prov Yalhasni, Ketua Bawaslu Sumut Syafrida, ketua Panwaslu Dairi Hotmanita Capah,Kapolres Dairi, Ass I Pemetintahan Hasiolan Silaen, KA Kesbangpol Sumut Eddy Syofian.
            Ketua KPU Daiti Feriyanto Sihotang menyatakan keputusan melakukan pemungutan suara ulang di TPS 3 ini telah disosialisasikan kepada masyarakat dengan jadwal waktu mulai pukul07.00 -13,00  di tempat TPS yang ditentukan " logistik piemilukada disiapkan oleh KPUD dan stok masih tersedia dengan jumlah pemilih 365 surat suara" ujar Feriyanto, seraya meyakini aparatpolri akan penuh mendukung keputusan KPU danPanwaslu ini.
            Keputusan yang diambil ini menurut Ketua KPU Dairisebagai wujud keinginan penyelenggara bersama Panwaslu untuk terlaksananya Pilkada ini memenuhi ketentuan dan prosedur yang ada agar bersih dari pelanggaran, yang diamini oleh Ketua KPU Provinsi danKetua Bawaslu Provinsi,
            Terkait tentang bukti sesudah mencoblos diputuskan mencelupkan jari tangan di tinta dengan jari yang berlawananagartidak terhindar muncul dua kali pencoblosan.
Ketua KPU Provinsi Mulia Banurea berharap agar Panwaslu terus mengawasi tidak hanya saat pemungutan suara tetapi juga hingga perhitungan suara ,hal yang sama juga diminta dukungan penuh kepada jajaran Keamanan ujar Mulia Banurea. (04)

Teks A :
Proses pemungutan suara hingga perhitungan suara Pemilukada di Kabupaten Dairi dan Tapanuli Utara berjalan lancar, demokratis dan kondusif hingga Kamis (10/10) sore dan tampak suasana penghitungan suara di salah satu TPS. (ist)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung