Bank Sumut Boyong 4 Penghargaan API


 
Bank Sumut Boyong 4 Penghargaan API

·         Pengelolaan SDM  Bank Sumut Sabet Predikat Terbaik 1

Medan, (Mimbar) - Jajaran Direksi Bank Sumut beserta seluruh staf karyawannya ternyata mampu menunjukkan kinerja yang menggembirakan. Terbukti, lembaga penilai independen secara objektif memberikan apresiasi positif kepada manajemen Bank Sumut dengan menganugerahi penghargaan terbaik untuk empat kategori dalam acara Anugerah Perbankan Indonesia (API) 2013, yang berlangsung di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (26/9) malam. Penilaian dilakukan berdasarkan Annual Report Tahun Buku 2012.

Dari empat kategori penghargaan yang diraih, tiga di antaranya sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) terbaik pertama untuk kategori Finansial, Human Capital dan Corporate Social Responsibility. Sedangkan untuk kategori Good Corporate Governance (GCG), Bank Sumut menempati posisi terbaik kedua untuk kelompok BPD bermodal inti di atas Rp 1 triliun.  Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut, Zenilhar.

Anugerah API 2013 diselenggarakan oleh Economic Review, Perbanas Institute, dan Ideku Group, dengan dihadiri oleh 250 undangan yang terdiri dari seluruh CEO dan pejabat eksekutif perbankan nasional, peserta API 2013, dan pejabat Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Anugerah Perbankan Indonesia (API, red) merupakan penghargaan sekaligus apresiasi untuk korporasi perbankan berprestasi yang berhasil meningkatkan kinerja serta mampu berkontribusi besar bagi pembangunan perekonomian Indonesia. Penghargaan API 2013 diberikan kepada bank-bank pemenang dengan penilaian berdasarkan Annual Report Tahun Buku 2012,” kata ketua Dewan Juri Prof. DR. Ir. Marsudi W. Kisworo.

Dewan Juri yang terlibat dalam penilaian ini berjumlah 16 orang, terdiri dari berbagai latar belakang profesi dan kompetensi yang melakukan penilaian secara independen dan objektif terhadap para peserta yang terdiri lebih dari 52 bank.

Profesionalisme SDM
Berbeda dengan penghargaan tahun sebelumnya, apresiasi yang terasa istimewa bagi jajaran direksi dan karyawan Bank Sumut tahun ini adalah keberhasilan pengelolaan SDM Bank Sumut meraih predikat terbaik pertama kategori Human Capital untuk kelompok BPD bermodal inti di atas Rp 1 triliun.

Menyahuti kemajuan Bank Sumut dalam pengelolaan human capital, Direksi Bank Sumut Zenilhar mengatakan, keberhasilan itu tidak terlepas dari perbaikan strategi peningkatan kualitas SDM dengan tujuan membentuk suatu tim kerja yang memiliki loyalitas dan kompetensi yang tinggi. “Kami menyakini bahwa pelayanan yang maksimal dapat diberikan dengan adanya kualitas SDM yang unggul. Dengan demikian diharapkan karyawan Bank Sumut akan melayani nasabah dengan sebaik mungkin untuk memberikan manfaat terbaik bagi semua pihak,” ujar Zenilhar.

Zenilhar mengakui, profesionalitas dan kinerja SDM yang semakin baik merupakan salah satu faktor yang memberikan kontribusi besar bagi peningkatan kinerja keuangan Bank Sumut, sehingga Bank Sumut bisa meraih predikat 1st Finance untuk kelompok BPD dengan kepemilikan modal inti di atas Rp 1 triliun.

“Bank Sumut memiliki banyak aset SDM yang handal. Karena itu kami optimis, dengan kerja keras dan profesionalisme seluruh staf karyawan serta dukungan positif dari para pemegang saham, Insya Allah di akhir tahun 2013 nanti, kinerja Bank Sumut akan semakin meningkat, terutama kerja keras untuk menurunkan rasio NPL. Dan yang sangat penting, seperti tahun-tahun sebelumnya, harapan pemegang saham tentunya adalah kemampuan Bank Sumut untuk mencetak laba yang signifikan pada tahun 2013, sehingga memberikan kontribusi  deviden bagi pemegang saham,” ujarnya.

Sebagaimana tercatat dalam Annual Report Tahun Buku 2012, Bank Sumut berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp 421,78 milyar, dengan Return on Equity (ROE) mencapai 31,39% atau meningkat 0,71% dibanding tahun 2011. Meskipun laba menurun Rp 4 miliar (1,04%) dibanding tahun 2011, namun hal itu lebih disebabkan peningkatan beban pajak. Keberhasilan mencetak laba tersebut merupakan salah satu indikator penting untuk menilai kinerja Direksi. Sekalipun belum memiliki kelengkapan direksi definitif, namun dua direksi yang diperpanjang masa tugasnya, yakni M. Yahya yang pada masa itu selaku Direktur Umum dan Zenilhar selaku Direktur Pemasaran mampu menjalankan roda bisnis Bank Sumut dengan memberikan kontribusi laba yang signifikan. (04)

Teks A :
Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut, Zenilhar didampingi Pemimpin Divisi Teknologi, Informasi dan Akuntansi, Agung Santoso dan Pemimpin Cabang Jakarta Syahdan Ridwan Siregar menerima Trophy Anugerah Perbankan Indonesia (API) 2013 di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (26/9) malam. Bank Sumut meraih empat kategori penghargaan, tiga di antaranya sebagai terbaik pertama untuk kelompok BPD bermodal inti di atas Rp. 1 Triliun yakni kategori Finansial, Human Capital dan Corporate Social Responsibility serta Good Corporate Governance (GCG). (ist)

Foto M3/D/ Kota A 4-10

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung