PAUD Bentuk Karakter Positif Anak



PAUD Bentuk Karakter Positif Anak
Medan, (Mimbar) -Bunda PAUD Sumatera Utara yang juga istri Gubernur Sumatera Utara Hj Sutias Handayani membuka Diklat PAUD Tingkat Dasar, Selasa (2/10). Diklat ini merupakan bagian dari upaya Pemprov Sumatera Utara meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini (PAUD) dan upaya menggiatkan program Satu Desa Satu PAUD (One Village One PAUD) yang akan digalakkan mulai tahun 2014.
Sutias Handayani mengungkapkan, usia dini merupakan usia keemasan tapi juga menjadi periode kritis dalam tahap perkembangan manusia. Menurut penelitian, sampai usia 4 tahun tingkat kecerdasan seorang anak mencapai  50 persen, pada 8 tahun mencapai 80 persen dan mencapai 100 persen di atas 8 tahun.
Begitu besarnya pengaruh kecerdasan pada usia dini, membuat pendidikan anak-anak pada usia 2-5 tahun menjadi sangat penting bagi pembentukan karakter anak pada usia selanjutnya.
“Pendidikan anak usia dini sebenarnya juga sudah berlangsung sejak manusia masih dalam kandungan. Karena itu, memperhatikan anak sejak dalam kandungan hingga usia keemasan merupakan kunci melahirkan manusia-manusia yang tangguh, kokoh dan  cerdas,”kata Hj Sutias yang juga menjadi pemateri pertama dalam diklat ini dengan makalah berjudul Pertumbuhan dan perkembangan anak di usia dini.

Ketua Panitia Diklat Hj.Teti Muhrmi M.Pd menjelaskan, Diklat PAUD tingkat dasar ini diselenggarakan untuk meningkatkan mutu tenaga pendidik PAUD. Diklat mengacu pada kompetensi memahami ilmu mengajar sesuai tingkat perkembangan psikologis anak.
Diklat yang berlangsung mulai 2 Oktober hingga 6 Oktober 2013 ini diikuti 70 pengajar PAUD dari Kabupaten Labura, 5 pengajar PAUD dari Kabupaten Asahan, dan 5 pengajar PAUD dari Kabupaten Labuhanbatu.
“ Peminat Diklat ini sebenarnya lebih besar dari jumlah  yang diterima, namun karena keterbatasan sarana prasarana dan juga agar Diklat lebih efektif maka panitia terpaksa membatasi jumlah peserta.Kami harap 80 peserta diklat yang ada benar-benar memanfaatkan kesempatan ini untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya,”kata Hj Teti Muhrmi.
Wakil Bupati Labura H Minan Pasaribu menyambut baik pelaksanaan Diklat PAUD Tingkat Dasar di daerahnya. Sebab melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu tenaga pengajar PAUD di Kabupaten Labuhanbatu Utara.
H Minan juga mengapresiasi Bunda PAUD Sumatera Utara Hj Sutias Handayani yang sangat gencar mengembangkan PAUD di seluruh Sumatera Utara.
“ Apresiasi setinggi-tinggi untuk Bunda PAUD Sumatera Utara Hj Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho. Karena dalam dua tahun terakhir beliau memang sangat gencar mengembangkan PAUD di seluruh Sumatera Utara. Saya yakin, dengan berkembangnya PAUD di seluruh Sumatera Utara maka akan berpengaruh positif bagi perkembangan anak-anak Sumatera Utara,” tegas Wakil Bupati Labura.
Hadir dalam diklat tersebut Ketua Himpaudi Sumut dr.Nety Hernita,Sp.THT.Kl, Ketua Himpaudi Labura Sri Kasiani Hutabarat,S.Pd.AUD, Sekretaris Dinas pendidikan Labura Dwi Prantara dan para pengajar PAUD se-Labura. (04)

Teks A :
Bunda PAUD Sumut Hj Sutias Handayani menjadi narasumber dan Menortor Bersama anak PAUD Azzahrah. (ist)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung