Tinjau Pelaksanaan UN SMP Di Medan

UN SMP ERIA. Plt Tengku Erry Nuradi dan rombongan meninjau pelaksanaan UN di SMP Eria, Jl Sisingamangaraja Medan, Senin (9/5/2016). Pelaksanaan UN di Yayasan Eria berlangsung tertib dan lancar, meski masih menggunakan sistem ujian menggunakan kertas soal dan lembar jawab (Paper Based Test).

BERI MOTIVASI. Plt Tengku Erry Nuradi berfoto bersama usai memberikan motivasi kepada siswa usai pelaksanaan UN di SMP Negeri 1 Medan, Jl Bunga Asoka Medan, Kecamatan Medan Sunggal, Senin (9/5/2016).

Tinjau Pelaksanaan UN SMP Di Medan

Plt Gubernur Sumut Dorong SMP Sederajat Terapkan Sistem UNBK
 
Medan, (Mimbar) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi meninjau pelaksanaan Ujian Nasional SMP sederaja di sejumlah sekolah di Medan, Senin (9/5/2016). Dari hasil tinjauan, pelaksanaan UN SMP berjalan lancar.
 
Bersama Tengku Erry Nuradi, turut dalam peninjaun Plt Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Sumut Arsyad Lubis, Asisten I Zulkarnain, Pengawas Kementerian Pendidikan, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Departemen Agama (Depag) Sumut Tohar Bayo Angin, Kadis Pendidikan Medan Marasutan Harahap dan sejumlah SKPD lainnya.
 
Tinjauan pertama, rombongan melihat pelaksanaan UN di SMP Eria, Jl Sisingamangaraja Medan. Kemudian rombongan menuju SMP Swasta DR Sutomo di kawasan Jl FL Tobing Medan. Selanjutnya meninjau di Madrasyah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Jl Pancing Medan dan rombongan Plt Gubernur Sumut terakhir melakukan tinjauan di SMP Negeri 1, Jl Bunga Asoka, Kecamatan Medan Sunggal.
 
Saat di SMP Negeri 1 Medan, Erry juga menyempatkan diri memberikan motivasi kepada para siswa yang telah selesai UN mata pelajaran Bahasa Indonesia.
 
Aksi spontan ini mendapat perhatian para siswa. Selain mendapatkan motivasi, para siswa saling rebut bersalaman dan berfoto bersama.
 
Dalam kesempatan itu, Erry menyatakan, berdasarkan hasil tinjauan ke empat sekolah, pelaksanaan UN di Medan berlangsung tertib. Tidak ada kendala berarti hingga mengganggu proses UN.
 
“Saya juga mendapatkan laporan dari sejumlah kabupaten dan kota. Pelaksana UN SMP dan sederajat hari pertama ini berlangsung baik,” sebut Erry.
 
Hanya saja, sebut Erry, dari empat sekolah yang yang dikunjungi, tidak satupun yang menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau lajim disebut Computer Based Test (CBT).
 
“Siswa SMP masih menggunakan UN sistem Paper Based Test, menggunakan kertas soal dan lembar jawaban,” jelas Erry.
 
Erry mendorong SMP Negeri dan SMP Swasta di Sumut menggunakan sistem CBT.
 
“Setidaknya SMP Negeri dan SMP Swasta yang mampu di Kota Medan, kita dorong menggunakan sisetm UN CBT tahun depan. Data yang kita peroleh, siswa yang ikut UN system computer di Sumut kurang dari 2 ribu orang dari 273 ribu siswa SMP yang ikut UN tahun ini ,” saran Erry.
 
Sementara Plt Kadis Pendidikan Sumut Arsyad Lubis mengatakan, jumlah peserta UN tingkat SMP sederajat di Sumut tercatat sebanyak 273.187 siswa dengan perincian SMP sebanyak 206.655 siswa. MTs 59.476 siswa MTs, SMP Terbuka 1.144 siswa, SMP Luar Biasa 59 dan SMP Paket B sebanyak 3.919 siswa.
 
“Jumlah itu meliputi 271.301 mengikuti ujian tertulis dan 1.886 peserta mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer,” sebut Arsyad.
 
Arsyad menegaskan, seluruh lembaran soal UN tingkat SMP sudah disalurkan ke seluruh kabupatee/kota di Sumut.
 
“Kita berharap tidak ada kecurangan dalam pelaksanaan UN SMP tahun ini. Kita juga menurunkan tim pengawas untuk mengawasi pelaksanaan ujian. Guru pengawas kita diharapkan menjalankan tugasnya dengan baik. Jangan sampai dibiarkan ada kecurangan,” tegas Arsyad.
 
UN SMP sederajat berlangsung selama empat hari dimulai 9 - 12 Mei 2016 mendatang.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung