Resmikan Website dan Call Center Tirtanadi 1500-922


Resmikan Website dan Call Center Tirtanadi 1500-922

Plt Gubernur Sumut Harapkan PDAM Tirtanadi Beri Layanan Terbaik

Medan, (Mimbar) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi berharap PDAM Tirtanadi memaksimalkan potensi pengelolaan air sekaligus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Harapan itu dikemukakan Tengku Erry Nuradi saat meresmikan kontak layanan konsumen Halo Tirtanadi dan website www.pdamtirtanadi.co.id dalam rangkaian peresmian penambahan kapasitas IPA PDAM Tirtanadi menjadi 2.400 liter per detik serta peringatan Isra’  Mi’raj  1437 H di Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Sunggal, Senin (9/5/2016). 

Hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Sumut Evi Diana Erry, Ketua Komisi C DPRD Sumut, para Direksi PDAM Tirtanadi, Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi dan ratusan pegawai PDAM.


Dalam kesempatan itu, Erry mengatakan, kontak layanan konsumen PDAM Tirtanadi yang bisa menjadi sarana efektif dalam memperlancar arus komunikasi antara PDAM Tirtanadi dengan masyarakat pelanggan.

“Website dan nomor telepon Halo Tirtanadi nantinya akan link dengan program Smart Province Pemerintah Provinsi yang akan dimulai pada tahun anggaran 2016 ini,” ujar Erry.

Erry juga mendorong PDAM Tirtanadi untuk tidak kalah dengan PLN yang mengalami berbagai kendala, mulai dari masalah ketersediaan pasokan listrik hingga terpaksa melakukan pemadaman bergilir. Kendati demikian, PLN tetap membuka diri, transparan dalam menerima keluhan masyarakat.

“Saya berharap PDAM Tirtanadi mampu berikan pelayanan konsumen, operator  harus terlatih, yang miliki mental baik sehingga tidak ikut emosional menanggapi keluhan-keluhan pelanggan,” pesan Erry.

Guna memastikan efektivitas kontak layanan, Plt Gubernur Sumut langsung melakukan simulasi Halo Tirtanadi dengan menghubungi operator untuk mengetahui tagihan rekening air di kediamannya.

“Ini menjadi informasi yang bermanfaat bagi pelanggan untuk menyiapkan biaya sekaligus memanfaatkan air sesuai kebutuhan saja. Tidak lagi boros air,” sebut Erry.

Usai seremony peresmian layanan kontak dan website, Erry menyempatkan diri meninjau beberapa unit IPA yang sudah dibangun dan mendapatkan peningkatan kapasitas. IPA Sunggal yang sebelumnya memiliki kapasitas 1.700 l per detik, kini bertambah kapasitas menjadi 700 liter  per detik menjadi 2.400 liter per detik.

“Penambahan kapasitas 700 l per detik, kita harapkan dapat menanggulangi defisit air seperti di kawasan Padang Bulan, Helvetia, Medan Timur dan Medan Utara,” harap Erry.

Erry juga mendorong PDAM Tirtanadi menwujudkan target cakupan pelayanan air bersih pada tahun 2019 sebesar 83%. Dengan demikian, PDAM Tirtanadi mampu memberikan layanan untuk pasangan baru dengan pelayanan maksimal.

“Masih banyak pipa yang belum dibersihkan. Begitu juga fasilitas lain perlu perbaikan agar kualitas air di rumah penduduk memuaskan,” sebut Erry.

Dalam kesempatan itu, Erry juga menyayangkan PDAM Tirtanadi yang hingga saat ini belum mampu memberi kontribusi terhadap peningkatan PAD Sumut. Untuk itu, PDAM diharapkan segera meningkatkan kinerja demi mencapai target Millennium Develoment Goals (MDGs). Jika tidak, PDAM belum diwajibkan menyerahkan keuntungan untuk PAD. Keuntungan yang diperoleh akan diinvestasikan kembali untuk meningkatkan pelayanan kepala masyarakat pelanggan.

“Saya melihat instalasi yang digunakan saat ini peninggalan jaman Kolonial. Di Sibolangit, justeru sangat baik dan bertahan lama. Jangan sampai yang dibangun sekarang cepat rusak. Perbaikan infrastruktur PDAM perlu diutamakan,” pesan Erry.

Sementara Direktur Umum PDAM Tirtanadi, Sutedi Raharjo mengatakan, kontak layanan dan website dimaksudkan untuk memberi pelayanan terbaik, sekaligus mendekatkan PDAM Tirtanadi dengan pelanggan.

Bagi pelanggan, dapat menghubungi nomor Call center Halo Tirtanadi 1500-922 dengan layanan sejak pukul 08.00-22.00 WIB. Masyarakat pelanggan dalam menyampaikan keluhan kepada petugas. Keluhan selanjutkan dicatat kemudian diteruskan kepada cabang-cabang PDAM Tirtanadi.

Sedangkan website Tirtanadi memberikan layanan informasi kepada pelanggan, termasuk untuk mengetahui jumlah tagihan penggunaan air tiap bulan.

”Ini upaya memberi informasi dan pelayanan terbaik. PDAM Tortanadi terus melakukan perbaikan dan inovasi dalam rangka memberikan layan kepada penggan,” sebut Sutedi.

Lebih lanjut, Sutedi mengatakan, pembangunan IPA Sunggal bersumber dari dana penyertaan modal Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut setelah mendapat persetujuan DPRD Sumut.

“Terakhir kali diresmikan 2006, maka tahun 2016 ini ada penambahan kapasitas 500 l per detik yang baru, 200 liter per detik updating,” papar Sutedi.

Sutedi juga melaporkan, sambungan baru bertambah lebih 125 ribu periode 2006-2016.

“Ini menjadi penambahan pemikiran karena keterbatasan suplay, kedepan terus berupaya pembangunan instalasi baru dan jaringan baru, untuk mewujudkan tujuan program MDGs,” ucap Sutedi.

Dalam kesempatan itu, Sutedi juga menyatakan rasa terimakasih karena Business Plan telah disetujui. Penambahan 2.200 l per detik untuk kawasan Medan cakupan diatas 83% terpenuhi pada 2019.

“Kendala selama ini adalah investasi, dan pemenuhan suplai air baku yang  sudah kritis. Kami harap Program pembanguna SPAM Mebidang bisa didukung dan terwujud,” harap Sutedi.

Rangkaian peringatan Isra’Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1437 H di PDAM Tirtanadi menghadirkan penceramah  Al UStad Subki Al Bughury dari Jakarta.

Penghujung acara, Plt Gubernur Sumut didampingi Ketua PT PKK Sumut Evi Diana Erry menyerahkan bantuan CSR PDAM Tirtanadi kepada warga kurang mampu dan anak yatim piatu di sekitar IPA Sunggal.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung