Tambang Emas Martabe Dukung Peningkatan Kompetensi Mengajar Guru Bahasa Inggris Se-Kabupaten Tapanuli Selatan

Siaran Pers

Drs Zulkifli Ritonga, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan tengah memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris yang diadakan hasil kerjasama Tambang Emas Martabe dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan.  Peningkatan kapasitas guru bahasa Inggris menjadi salah satu program tanggung jawab sosial Tambang Emas Martabe yang dimulai dengan memberikan pelatihan bagi 15 orang guru bahasa Inggris selama satu tahun sejak September 2014 hingga Agustus 2015 (16/05/2016)


Tambang Emas Martabe Dukung Peningkatan Kompetensi Mengajar  Guru Bahasa Inggris Se-Kabupaten Tapanuli Selatan

Batangtoru, 18 Mei 2016 (Mimbar) – Tambang Emas Martabe bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan mengadakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) se-Kabupaten Tapanuli Selatan. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Dinas Pendidikan Kabupaten Selatan yang meliputi MGMP, Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyarawah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).  Kegiatan MGMP ini diadakan di SMA 1 Kelurahan Aek Pining, Kecamatan Batangtoru selama tiga hari (16,17,18 Mei 2016).  Sebanyak 75 guru bahasa Inggris  yang merupakan perwakilan dari SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Tapanuli Selatan hadir dalam kegiatan ini.

Bidang studi yang dipilih dalam pelaksanaan MGMP adalah mata pelajaran Bahasa Inggris dengan nara sumber 15 orang guru bahasa Inggris untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Ke-15 orang guru bahasa Inggris ini telah mendapatkan pelatihan dari British Council selama 1 (satu) tahun sebagai hasil kerjasama antara Yayasan Dewan Inggris-Indonesia dengan Tambang Emas Martabe.

Acara ini dibuka oleh Drs Zulkifli Ritonga, Sekretaris Dinas Pendidikan Tapanuli Selatan mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli selatan dan dihadiri oleh Drs Purba Siregar, Kasi Tenaga Pendidik Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan, Untung P. Harahap, MPd, Ketua PGRI Kabupaten Tapanuli Selatan, Darazad Daulay, Ketua MKKS SMA, Kabupaten Tapanuli Selatan, dan staf Tambang Emas Martabe.

Selama satu tahun, September 2014 dan berakhir pada Agustus 2015, ke-15 orang guru bahasa Inggris mengikuti pelatihan pengajaran mata pelajaran bahasa Inggris.  Selama mengikuti pelatihan, guru-guru bahasa Inggris tersebut mendapatkan pelajaran secara online setiap hari sabtu dari November 2014 sampai dengan Januari 2015 dengan menggunakan fasilitas ruangan, komputer, dan akses internet yang berada di Tambang Emas Martabe. Kegiatan ini dipandu oleh instruktur kolaborasi British Council dan staf Tambang Emas Martabe dari Departemen Training and Development.  Pelatihan metoda pengajaran bahasa Inggris dilakukan pada bulan Januari 2015, sementara pelatihan secara tatap muka juga dilakukan selama 10 (sepuluh) hari dan diadakan sebanyak 3 (tiga) kali dalam setahun.  Setelah mengikuti pelatihan secara online dan tatap muka, dilakukan pemantauan, evaluasi dan observasi secara langsung ke sekolah-sekolah sebanyak 3 (tiga) kali dalam setahun.

Latif Supriadi, Manager Pengembangan Masyarakat Tambang Emas Martabe mengatakan: “Kami menyambut baik kegiatan MGMP untuk mata pelajaran bahasa Inggris yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan. Kegiatan ini sangat penting bagi para guru bahasa Inggris dalam meningkatkan kemampuan dalam mengajar bahasa Inggris kepada siswa didik. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh ke-15 orang guru bahasa Inggris yang telah mendapat pelatihan dapat ditularkan kepada guru-guru bahasa Inggris lainnya sehingga kemampuan siswa didik dalam berbahasa Inggris dapat meningkat. Sektor pendidikan merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan. Sejumlah program di bidang pendidikan sudah dilakukan oleh Tambang Emas Martabe. Baik itu dalam hal perbaikan infrastuktur sekolah maupun peningkatan kapasitas tenaga pengajar dan siswa didik. Ke depan, komitmen ini akan tetap dijalankan oleh Tambang Emas Martabe dengan melibatkan berbagai pihak dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan.”

Sekilas Tambang Emas Martabe
Tambang Emas Martabe terletak di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah 1.639 km2, di bawah Kontrak Karya generasi keenam ("CoW") yang ditandatangani April 1997.  PT Agincourt Resources mengelola Tambang Emas Martabe yang memiliki sumberdaya 7,4 juta ounce emas dan 69 juta ounce perak dan mulai berproduksi penuh pada awal 2013, dengan kapasitas per tahun sebesar 250.000 ounce emas dan 2-3 juta ounce perak berbiaya rendah.

Pada Maret 2016, perusahaan konsorsium pertambangan yang dipimpin oleh EMR Capital, spesialis dana ekuitas pertambangan swasta asal Australia, resmi menjadi pemegang saham utama Agincourt Resources. Kepemilikan saham Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan Provinsi Sumatera Utara (Pemda) tidak mengalami perubahan.

Lebih dari dua ribu orang saat ini bekerja di Tambang Emas Martabe, tujuh puluh persen direkrut dari masyarakat di lima belas desa di sekitar tambang dan wilayah terdekat lainnya.

Untuk informasi lain, hubungi:
Katarina Siburian Hardono
Corporate Communications Senior Manager
·        M +62 811 9005146 

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung