Plt Gubsu Gelar Pertemuan Dengan FKUB


Plt Gubsu Gelar Pertemuan Dengan FKUB

Medan, (Mimbar) - Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara menggelar pertemuan Silaturahmi  dengan Forum Komunikasi Umat Beragama Prov, insi Sumatera Utara (FKUB Provsu) dan Tim Pelestarian Budaya Provinsi Sumatera Utara, Selasa (3/5) bertempat di Grand Serela Hotel & Convention Medan. Dalam pertemuan tersebut Plt Gubsu mengajak para anggota FKUB tetap bersatu dan bersinergi dengan pemerintah serta aparat mendukung terciptanya situasi kondusif di Sumut.

Menurut Plt Gubsu, dengan cepatnya penyampaian informasi terkait perkembangan informasi teknologi perlu diwaspadai dan diantisipasi. Riak-riak kejadian semisal bentrok antar organisasi kepemudaan yang terjadi beberapa waktu lalu rawan berkembang menjadi kerusuhan karena berkembang secara cepat informasi di masyarakat dengandukungan teknologi informasi.

“Kita perlu melakukan langkah antisipatif dan membuat kebijakan-kebijakan   terhadap riak-riak seperti misalnya bentrok antar Ras dan suku serta golongan  bahkan antar Organisasi Kepemudaan baru-baru ini di daerah ini dan masalah-masalah lain yang begitu cepat berkembang dengan dukungan Informasi Tekhnologi Informasi,” katanya. Dia mengharapkan Forum-forum yang ada di Provinsi Sumatera Utara untuk terus bersinergi dan menjalin komunikasi melalui Kantor Kesbangpolinmas Provsu terkait hal-hal yang berkembang di masyarakat. Tujuannya, agar langkah antisipatif yang tepat dapat segera diambil sebelum berkembang dan merugikan masyarakat luas.

Dalam kesempatan itu, Plt juga menjelaskan seputar berkurangnya alokasi anggaran kegiatan-kegiatan  sosial kemasarakatan termasuk program dan kegiatan FKUB. “Memang pada Anggaran 2014/2015 kita prihatin karena anggaran dipotong atau dipangkas  mengakibatkan dikurangi kegiatan,” ujarnya.

Menurut Plt Gubsu, walaupun pelan tapi pasti   alokasi dimaksud akan dapat dibangkitkan dan normal kembali namun sesuai aturan yang berlaku. “Jangan sampai Jatuh di lubang yang sama , perhatikan ayang ada,” Katanya.

Menurutnya, Anggaran Forum berupa Hibah namun sekarang melekat di Kantor Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Pelindung Masyarakat Provinsi Sumatera Utara (Kesbangpolinmas Provsu) agar dapat  terkontrol dan tanggung jawab lebih baik.

Pada Acara yang direncanakan di Kantor Badan Kesbangpolinmas Sumut karena lampu menglami gangguan maka tempat acara dipindahkan ke Grand Serela Hotel & Convention dihadiri para Ketua dan Pengurus lainnya Forum masing-masing, antara lain Forum Komunikasi Umat Beragama Provsu (FKUB) dengan Ketua DR H Maratua Simanjuntak. Maratua mengatakan bahwa walaupun alokasi anggaran FKUB minim, namun pihaknya tetap menjalankan tugas sebagaimana biasanya dan tetap mengadakan rapat setiap hari Rabu. Beberapa tugas yang dilaksanakan FKUB diantaranya kunjungan ke Gereja di Kota Binjai karena masyarakat keberatan mendirikan gereja dengan alasan tidak memiliki IMB dan juga Mesjid  di Sarulla Tapanuli Utara dengan keluhan hal yang sama.

Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi Sumatera Utara (FPK Provsu) Drs H Afifuddin Lubis MM mengatakan, walaupun Anggaran Hibah prihatin namun pihaknya tetap melaksanakan tugas sebagaimana biasanya, namun menegaskan bahwa semangat kebangsaan mulai berkurang, “ bahkan bias jadi memuncak”. Katanya.

Menurutnya, keadaan yang terjadi di Provinsi Sumatera Utara sekarang dan yang akan datang mengharapkan Plt Gubsu menjadi penyeimbang antara Suku dan Agama serta Golongan. “Jangan ada Suku, Agama dan Golongan yang ditinggalkan dan ditelantarkan”. Imbuhnya

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung