Plt Gubsu Terima Kunjungan Dubes dan Pengusaha India


Plt Gubsu Terima Kunjungan Dubes dan Pengusaha India

# Tawarkan Investasi Bidang Energy

Medan, (Mimbar) - Plt Gubsu H T Erry Nuradi menerima kunjungan kehormatan Duta Besar India Ms Nengcha Lhouvum Mukhopadhaya didampingi Konjen India Shalia Shah yang membawa delegasi forum bisnis India di ruang kerja Lantai 9 Kantor Gubernur Sumatera Utara, Selasa (17/5). Dalam kesempatan itu, Plt Gubsu menawarkan peluang-peluang kerjasama bisnis diantaranya pembangunan pembangkit listrik, infrastruktur transportasi, industry perkebunan dan pariwisata.

“Kami mempersilahkan investor India untuk berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur di Sumut,” ajak Erry di hadapan sejumlah pengusaha dan investor asal India diantaranya bidang otomotif, garmen, pembangkit listrik, industry pengolahan, water treatment dan lainnya. Erry juga mengungkapkan belum ada investor India yang berinvestasi di bidang energy di Sumut. “Padahal saya tahu, teknologi India cukup canggih,” ujar Erry.  

Dalam kesempatan itu, Erry mengajak India untuk menamkan modal di Sumut khususnya di bidang energy. Dia menjelaskan bahwa pertumbuhan kebutuhan listrik di Sumut mencapai 1,5 kali pertumbuhan ekonomi. Hari ini kebutuhan dihasilkan 2.000 mw untuk Sumut, maka tahun depan ada peningkatan butuh hingga 300 MW. “Saya yakin potensi investasi di bidang Energy sangat baik di Sumut,” kata Erry.

Plt Gubsu berusaha meyakinkan bahwa Sumut adalah tujuan investasi yang tepat bagi para investor termasuk India. “Sumut adalah provinsi ke empat terbesar di Indonesia. Memiliki banyak potensi, pertumbuhan ekonomi  di atas rata-rata nasional. Kekuatan utama Sumut adalah potensi perkebunan dimana Sumut menduduki posisi ke dua perkebunan sawit di Indonesia,” jelas Plt Gubsu.

Lebih jauh lagi, Plt Gubsu menjelaskan Sumut merupakan pusat pengembangan ekomomi di wilayah Barat diantaranya pengembangan KEK Sei Mangkei dan Kawasan Strategis Nasional Danau Toba. Selain pengembangan industri Sawit dan Karet , Sumut juga miliki peluang yang bisa dikerjasamakan dalam pembangunan infrastrukur. Dijelaskan Plt Gubsu, ada beberapa projek besar diantaranya pembangunan pelabuhan Belawan dan Kualatanjung, bandara udara di beberapa daerah di Sumut dan jalan tol yang merupakan bagian dari tol trans Sumatera serta keretaapi serta energy listrik. Demikian juga bidang kemaritiman, miliki pantai barat dan pantai timur. Juga potensi prikanan tangkap maupun budidaya.

Dubes India mengungkapkan tujuan forum bisnis di Sumut untuk meningkatkan hubungan bisnis antara India dan Sumut. “Terimakasih sudah menerima saya dan delegasi bisnis forum, kehadiran kami untuk mempererat hubungan ekonomi India dan Sumut,” kata Nengcha Lhouvum. Dikatakannya, di mata India,  Indonesia termasuk negara yang penting dalam hal hubunan bisnis dimana Sumut ikut punya peran didalamnya.

"Perdagangan Indonesia dan India mendekati 20 miliar dolar per tahun, dan masih banyak peluang yang bisa dikembangkan pada masa mendatang,” kata Nengcha.Dia menjelaskan saat ini India sudah mengambil peran dalam perekonomian global, dan kunjungan ke Sumut bersama delegasi forum bisnis India ke Sumut dalam rangka melihat potensi investasi bisnis di Sumut.

“Kami ingin mendapat petunjuk langsung dari Gubernur, program apa yang bisa dikerjasamakan,” kata Nengcha.   

Dubes India mengataka pihaknya akan membawa hasil bisnis forum Sumut ke Jakarta untuk tindaklanjut berikutnya. “Terimakasih, saya percaya pertemuan ini penting dan permulaan yang bagus. Apalahi Bapak Gubernur memberi jaminan, dan mendukung investasi India,” kata Dubes.

Turut hadir dalam rombongan forum bisnis GM Tata Motor Indonesia Ari Suryanda, Direktur Panrama Vista GMT Indonesia Piet Wijaya Direktur Tata Motor Willy CH, pimpinan PT Adani Global Uday Kumar, Jawahar H dari PT Thermax International Indonesia, Manish Khanija mewakili PT Elite Global Marketing Jakarta, Manoj Singhania dari PT SREE International Indonesia dan Ajit G Jamkhadikar Pt ATE. Sementara itu Plt Gubsu didampingi plh ASsisten Ekbang Ibnu S Hutomo, Kepala Badan Penanaman Modal Sumut Purnama Dewi, Kepala  Dinas Pariwisata Elisa Marbun dan Plt Kadis Kominfo Sumut M Ayub serta Kabiro Otda Jimmy Pasaribu.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung