Pemprov Sumut Dukung Pembangunan Mesjid Agung Medan


Pemprov Sumut Dukung Pembangunan Mesjid Agung Medan

Medan, (Mimbar) - Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi mengatakan Pemprovsu mendukung pembangunan mesjid agung yang rencananya akan memiliki menara mesjid nomor tiga tertinggi di dunia (199m). Erry berjanji Pemerintah Provinsi akan ikut berpartisipasi dalam pembangunan mesjid yang akan menjadi ikon Sumatera Utara.

Hal itu terungkap dalam pertemuan antara Plt Gubsu dengan Panitian Pembagunan Mesjid Agung dan Badan Kenaziran Mesjid Agung Medan di Kantor Gubsu belum lama ini. Hadir Ketua Badan Kenaziran Mesjid Agung Medan Ustad H Azwir Ibnu Azis, Wakil Ketua  Panitia Pembagunan Mesjid  Agung Musa Idishah, Sekretaris Abdul Hakim Siagian beserta para unsur panitia lainnya diantaranya Yuslin Siregar dan Donal Sidabalok. Sementara Plt Gubsu didampingi Assisten Kesos OK Zulkarnain dan Plh. Kepala Biro Binsos Sudarto Purba.

Plt Gubsu mengatakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendukung pembangunan mesjid agung mengingat dengan perkembangan wilayah dan semakin banyaknya jamaah, maka sudah memang perlu Sumut memiliki mesjid agung yang representatif dan menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Utara.Dalam kesempatan itu, Plt Gubsu memberikan motivasi dan semangat kepada panitia yang selama ini sudah berupaya keras mengumpulkan dana untuk pembangunan mesjid agung. “Inshaallah apa yang direncanakan berjalan lancar, sehingga mesjid agung yang menjadi dambaan dan kebanggaan umat dapat terwujud,”kata Plt Gubsu.  

Dalam kesempatan itu, Plt Gubsu mengungkapkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan ikut berpartisipasi dalam pembangunan mesjid yang rencananya selasai pada tahun 2018. Partisipasi dalam pembangunan mesjid agung akan dianggarkan pada APBD tahun anggaran 2017.

Asisten Kesos Ok Zulkarnain menambahkan, pihaknya akan mengedarkan kota amal dukungan pembangunan mesjid di seluruh SKPD. Selain itu, Pemprov Sumut akan mengalokasikan bantuan pembangunan mesjid pada tahun anggaran berikutnya mengingat tahun anggaran 2016 Pemprovsu menetapkan kebijakan moratorium hibah.

Musa yang akrab dipanggil Dodi menjelaskan kepada Plt Gubsu tentang progress pembangunan mesjid yang menurutnya berjalan sesuai rencana. Dalam kesempatan itu pihaknya mengundang Plt Gubsu dalam acara tabligh akbar sekaligus penggalangan dana pada tanggal 14 Mei 2016 di Mesjid agung yang menghadirkan Ustad Arifin Ilham.  


Dijelaskan Dodi, masjid agung baru akan dibangun di atas tanah seluas 5.000 meter persegi dengan daya tampung 5.000 orang dan tambahan 2.000 orang. Masjid akan terdiri atas tiga lantai dengan kapasitas parkir 400 mobil serta 1.000 sepeda motor. 

Desain masjid baru dengan dua menarasetinggi 199 meter sudah dirancang para arsitek yang berasal dari Kota Medan. Pembangunan diperkirakan menghabiskan dana lebih dari Rp 400 miliar. 

Dua menara masjid setinggi 199 meter akan menjadi ikon kebanggaan Kota Medan dan menjadi kawasan wisata rohani yang wajib dikunjungi. 

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung