“Tambang Emas Martabe Adakan Training ESQ Bagi Kepala Desa dan Lembaga Desa”

Hasan Basri, Trainer ESQ dari ESQ Leadership Center yang dipimpin Dr Ari Ginanjar Agustian tengah memberikan pengantar tentang ESQ kepada kepala desa dan lembaga desa dari 15 desa lingkar tambang di kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru. (7/3/2015)



Siaran Pers, 11 Maret 2015

“Tambang Emas Martabe Adakan Training ESQ
Bagi Kepala Desa dan Lembaga Desa”

Batangtoru (Mimbar) -  Tambang Emas Martabe mengadakan training Emotional Spiritual Quatient (ESQ) bagi Kepala Desa dan Lembaga Desa selama 2(dua) hari di Hotel Tor Sibohi, Sipirok. (7-8/3/15)  Peserta training sebanyak 41 orang, antara lain Kepala Desa/Lurah, Ketua BPD dan Ketua NNB dari 15 desa lingkar tambang di Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru. Tujuan dari training ini adalah untuk meningkatkan kerjasama antar lembaga desa dalam menjalankan tugasnya melayani, mengabdi dan  meningkatkan pembangunan desa.

Trainer dalam kegiatan ini adalah Hasan Basri dari ESQ Leadership Center yang dipimpin Dr Ari Ginanjar Agustian. Acara dibuka oleh Camat Batangtoru. Turut hadir, Ketua LKMM, Manajer Hubungan Masyarakat Tambang Martabe beserta beberapa staf yang mewakili perusahaan.

Pramana Triwahjudi, Manajer Hubungan Masyarakat mengatakan: “Pembangunan yang tengah digalakkan oleh pemerintah mesti kita pandang tidaklah sebagai sebuah pembangunan secara fisik saja. Namun, termasuk juga pembangunan mental.  Training ESQ ini merupakan salah satu cara untuk membangun sikap mental baik secara emosional maupun spiritual sehingga tujuan pembangunan yang diharapkan oleh masyarakat desa dapat tercapai.

Camat Batangtoru, Ahmad Raja Nasution mengatakan “Training ESQ ini sangat baik karena dapat mengisi dimensi kerohanian kita yang tanpa kita sadari sering kita lupakan. Training ini bersifat universal karena memberikan pelajaran bagi kita bahwa tanpa kecerdasan emosional dan spiritual, pendidikan formal yang kita miliki tidak akan seimbang. Diharapkan dengan mengikuti training ini, para kepala desa dan lembaga desa sebagai aparat pemerintah akan semakin cerdas secara emosional dan spiritual sehingga dapat menjadi lokomotif perubahan secara terarah sesuai dengan visi dan misi mensejahterakan masyarakat”.

Sebelum memulai training, kepada para peserta Hasan Basri mengatakan permasalahan utama yang sering menghinggapi kita semua bahwa kemampuan (skill) dan pengetahuan (knowledge) sudah dirasa cukup dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Apakah itu dalam kehidupan keluarga, di tempat kerja atau pun dalam pergaulan sehari-hari. Banyak diantara kita yang melupakan masalah perilaku (attitude) yaitu bagaimana menyikapi permasalahan yang tengah dihadapi.  “Di sinilah perlunya kecerdasan emosional dan spiritual. Tidak semata-mata kecerdasan intelektual”, ujar Hasan Basri.

Sekilas Tambang Emas Martabe
Tambang Emas Martabe terletak di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Propinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah 1.639 km2, di bawah Kontrak Karya generasi keenam ("CoW") yang ditandatangani April 1997. Tambang Emas Martabe kini telah memiliki sumberdaya 8,1 juta ounce emas dan 73,8 juta ounce perak dan mulai berproduksi penuh pada awal 2013, dengan kapasitas per tahun sebesar 250.000 ounce emas dan 2-3 juta ounce perak berbiaya rendah.

Pemegang saham Tambang Emas Martabe adalah G-Resources Group Ltd sebesar sembilanpuluh lima  persen, dan pemegang 5 persen saham lainnya adalah PT Artha Nugraha Agung, yang tujuhpuluh persen sahamnya dimiliki Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan 30 persen dimiliki oleh Pemerintah Propinsi Sumatra Utara. 

Sekitar 2.500 orang saat ini bekerja di Tambang Emas Martabe, tujuh puluh persen direkrut dari masyarakat di empat belas desa di sekitar tambang.

Martabe akan menjadi standar acuan bagi G-Resources untuk menjalankan bisnisnya di Indonesia dan di wilayah lainnya, dan terus bertumbuh dengan tetap mengutamakan keselamatan kerja, kelestarian lingkungan, dan pengembangan masyarakat.  Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi situs www.g-resources.com

Untuk interview dan informasi lain, hubungi:
Katarina Siburian Hardono
Senior Manager Corporate Communications
M +62 811 9005146 

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung