Anthony Stanco Ensemble Membawa Keceriaan Jazz ke Sumatera

Consulate of the United States of America
Medan - Indonesia

SIARAN PERS                                                                                                                     RABU, 4 MARET 2015



 Anthony Stanco Ensemble Membawa Keceriaan Jazz ke Sumatera

Medan (Mimbar)  –  Konsulat Amerika Serikat di Medan dengan bangga membawa Anthony Stanco Ensemble ke Sumatera  dari tanggal 10 -13 Maret 2015.  Dalam kunjungannya, ensemble ini akan tampil pada beberapa konser, kelas pelatihan (coaching clinics), kegiatan penjangkauan dan jam sessions. Puncak program mereka adalah konser yang terbuka untuk masyarakat umum di Palembang, Inderalaya, Medan dan Binjai.              
Musikalitas Anthony Stanco Ensemble mencakup konsep diantaranya blues, triplets, swing, dan improvisasi, dimana musisi AS bertalenta ini menarik perhatian kalangan berbagai usia melalui musik jazz yang universal. Lima sekawan ini semuanya lulusan dari Michigan State University di kota East Lansing, dan ensemble ini merupakan musisi yang tengah naik daun di blantika musik jazz.
Pimpinan ensemble ini, Anthony Stanco telah meraih berbagai prestasi. Ia tampil di Birmingham Jazz Festival tahun 2006 dan Detroit Jazz Festival tahun 2007. Albumnya dinominasikan untuk kategori Latin Grammy dan ia telah tampil bersama musisi kelas dunia seperti Aretha Franklin, Winard Harper, Michael Feinstein dan Rodney Whitaker.  

Melalui program ini, Konsulat AS berharap untuk membawa salah satu bentuk seni asli Amerika yang dibanggakan melalui Stanco, yang secara khusus terkenal dalam memainkan aliran jazz “Afro-Cuban”. Konsul AS untuk Sumatera, Robert Ewing menyatakan, “Kami sangat senang Stanco dapat hadir di sini di Sumatera karena musiknya memperlihatkan betapa luas dan beragamnya Amerika Serikat. Stanco memainkan aliran Afro-Cuban Jazz, sebuah bentuk awal dari Latin Jazz. Musik luar biasa ini menggabungkan Jazz dengan ritme Latin.”

Hari pertama program diadakan bekerjasama dengan Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan dan akan dikulminasi dengan sebuah pertunjukan public dan festival “Musi Jazz” di tanggal 10 Maret 2015 di Palembang Sport and Convention Center (PSCC), Palembang.  Even tersebut akan menjadi festival jazz pertama di propinsi Sumsel dan akan menampilkan musisi jazz senior Indonesia Ermy Kulit, Balawan bersama dengan Anthony Stanco. Uniknya lagi, ensemble ini akan memainkan lagu tradisional Sumatera Selatan. Pada tanggal 11 Maret, ensemble ini akan tampil di kampus terbesar di Sumsel, Universitas Sriwijaya (UNSRI) dan berbagi pengetahuan music mereka dengan komunitas jazz Palembang  pada kegiatan coaching clinic.

Kemudian grup ini akan terbang ke Sumatera Utara dan mengadakan coaching clinic dengan musisi muda Sumut diikuti dengan penampilan jazz di malam harinya. Ensemble ini akan tampil bersama dengan musisi Sumut terkemuka, Erucakra Mahameru, Kalila Project (dari Universitas Negeri Medan) dan El Nino Band (dari Universitas Sumatera Utara). Penampilan tersebut akan menggabungkan musik Sumut dengan jazz Amerika. Di hari terakhir program, Ensemble akan tampil di Universitas Sumatera Utara (USU) dan ditutup dengan sebuah penampilan yang terbuka untuk umum  di Lapangan Merdeka Binjai, di hadapan ribuan audiens.

Walikota Binjai Muhammad Idaham menyampaikan, “Sungguh merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami atas dipilihnya Kota Binjai sebagai tempat diadakannya pertunjukan musisi jazz Anthony Stanco Ensemble dalam rangka Pesta Hiburan Rakyat Pertukaran Budaya Amereka Serikat dan kota Binjai. Musik adalah bahasa universal. Saya berharap  melalui pertukaran budaya ini menjadi langkah baru untuk meningkatkan hubungan persahabatan dan kerjasama antara Kota Binjai dengan  AS.”

Pagelaran Kuintet Anthony Stanco Ensemble adalah sebagai berikut:

Selasa, 10 Maret, pk. 19.00 WIB di festival Musi Jazz, PSCC- Palembang (tiket gratis tersedia di media outlet tertentu, terbuka untuk umum)

Rabu, 11 Maret, pk. 13.30 WIB di Auditorium Universitas Sriwijaya (UNSRI), Indralaya (gratis dan terbuka untuk umum)

Kamis, 12 Maret, pk. 19.30 WIB di Aston City Hall, Tijuana Pool Side  - Medan  (daftar via telepon ke City Hall 061 415 1999, pendaftaran gratis dan terbuka untuk umum )

Jumat, 13 Maret, pk. 10.00 WIB di Pendopo Universitas Sumatera Utara (USU) (gratis dan terbuka untuk umum)

Jumat, 13 Maret, pk. 20.00 WIB di Lapangan Merdeka – Binjai (gratis dan terbuka untuk umum)

Sebelumnya, ensemble ini telah menjalani program kebudayaan di bawah Kementerian Luar Negeri AS dan mengadakan tur di Afrika Selatan (2013) dan Yordania (2014). Konser mereka di Sumatera diadakan setelah mereka tampil pada Java Jazz Festival 2015 di Jakarta.
Untuk informasi lebih lanjut untuk program Anthony Stanco di Sumatera atau meliput kegiatan ini, silahkan menghubungi Staf Public Affairs Konsulat AS Medan, Dian Lumbantoruan (0811652748) atau email ke : Sumatera@state.gov.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung