Plh Sekdaprovsu Terima Ausiensi PPI Jepang



Plh Sekdaprovsu Terima Ausiensi PPI Jepang

#Jajaki Kerjasama Antara Pemprovsu dan Pemprov Aichi

Medan (Mimbar) - Plh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj R Sabrina MSi menerima kunjungan dari Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Jepang serta utusan Pemerintah Provinsi Aichi di ruang kerjanya Lantai IX Kantor Gubsu jalan Diponegoro No.30 Medan, Selasa (10/3).

Kunjungan Mahasiwa Indonesia yang menuntut ilmu di Negeri Samurai ini adalah bentuk kontribusi mereka kepada Negara Republik Indonesia dalam membantu untuk membahas kemungkinan-kemungkinan kerja sama yang akan dilakukan pihak Pemeritah daerah di kawasan provinsi Aichi.

"Pihak Pemerintah Aichi Ingin bekerjasama dengan pemerintah daerah di Indonesia dalam hal ini Pemrov Sumut. Untuk itu kami juga ingin berkontribusi  buat negara kita," ujarnya kata Indra Kesuma Nasution yang merupakan mahasiswa di Nagoya University yang juga Ketua PPI Nagoya University Jepang.

Kebetulan, lanjutnya, pria yang juga merupakan Dosen Universitas Sumatera Utara ini bahwa dari Pemerintah daerah Kota Nagoya mengutus untuk menjajaki kemungkinan-kemungkinan kerjasama.

"Jadi kira-kira apa yang bisa dibantu oleh pemda Nagoya dan Kita siapkan apapun itu nanti program selajutnya untuk didiskusikan lebih lanjut," Kata pria Asal Medan yang mendapat beasiswa dari Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Jepang ini.

Sementara Mardiansyah Mardis, selaku Ketua II PPI Jepang menyampaikan bahwa mereka bersama Takashi Kitada mendapat amanah dari Pemprov Aichi untuk menjajaki kemungkinan-kemungkinan kerjasama dua negara.

"Saya mendapat amanah dari pemerintah bahwa untuk meningkatkan sektor pariwisata dan restauran," Kata Mardiansyah saat menerjemahkan ucapan Takashi Kitada.

Karena, lanjutnya,  Pemprov Aichi merupakan negara Industri seperti halnya Pemprov Sumut, jadi  tidak hanya bidang pariwista saja tetapi bidang industri dan pendidikan.

"Kota Nagoya merupakan kota terbesar keempat di Jepang dalam jumlah penduduk merupakan pusat dari daerah metropolitas chukyo yang merupakan salah satu dari tiga daerah metropolitas Tokyo Nagoya Osaka, untuk itu banyak yang bisa dikerjasamakan yang bisa menguntungkan kedua negara," katanya.

Plh Sekdaprovsu Dr Ir Hj R Sabrina MSi sangat menyambut baik tawaran-tawaran dari pihak Jepang. Namun untuk selanjutnya dirinya akan melaporkan kepada Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho ST MSi untuk ditindaklanjuti.

"Kami sangat menghargai niat baik pemerintah Provinsi Aichi yang mengutus pesertanya dan mahasiswanya untuk menjajaki kerjasama ini. Jadi kami akan bahas. Apakah bisa kita lanjutkan apa tidak. Itu tergantung pada tingkat pembahasan kita kedepan tapi nampaknya kerjasama saling menguntungkan ini saya fikir cukup baik Karena kita juga bisa mendapatkan banyak mamfaat. Tapi kami akan laporkan dulu kepada pak Gubernur," ujarnya. 

Kepada PPI Jepang, Plh Sekdaprovsu juga meminta untuk menginformasikan Sumut yang mempunyai keindahan pariwisatanya.

"Tolong adik-adik diinformasikan untuk witasa Sumut yang lengkap kulkinernya, ada Gunung, ada laut pantai juga danaunya, juga ada peninggalan sejarah serta tempat olahraga, yang tak kalah penting adalah konservasi apalagi Jepang kan memang sangat konsen juga terhadap konservasi. Disini ada pusat rehabilitasi orang hutan ada pusat pelatihan gajah dan lainya," katanya.

Lebih lanjut Plh Sekdaprovsu juga menyampaikan berbagai budaya yang bisa dijumpai di Provinsi Sumut.

"Kalau di Bali satu budaya saja sudah hebat. Sumut budayanya minimal 8 etnis. Kalau ini dikreasikan seperti di Bali tentu sangat menakjubkan apalagi sudah terkoneksi dengan Bandara Internasional Kualanamu," katanya lagi.

Disamping itu juga hasil perkebunannya seperti Kelapa sawit, Coklat dan lainnya."Untuk coklat hanya saja belum diolah, coklat kita masih diolah Malaysia. Nah kalau investor mau mengolah disini itu akan menciptakan lapangan kerja," tambahnya. 

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung