Gubsu beri Contoh Warga Taat Pajak


Gubsu beri Contoh Warga Taat Pajak

#Pekan Panutan penyampaian SPT tahunan orang pribadi tahun 2014

Medan (Mimbar) - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST MSi menyampaikan SPT Tahunan Pajak Penghasilan Orang Pribadi Tahun Pajak 2014 di Halaman Makodam I/BB, pada Jumat (6/3/) Medan.

Dalam kesempatan ini turut juga menyampaikan SPT Tahunan Pajak Penghasilan Orang Pribadi Tahun Pajak 2014 Wakil Gubernur Sumut Ir Tengku Erry Nurady MSi, Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi, Kajatisu Yusni SH MH, Pangkosek Hanudnas III Medan Marsekal Pertama TNI Supriharsanto, Walikota Medan Dzulmi Eldin, Mewakili Kapolda Sumut dan lainya.

Dengan diadakannya acara ini diharapkan dapat mendorong seluruh Wajib Pajak untuk segeramelaksanakan kewajiban menyampaikan SPT Tahunan PPh tepat waktu. 
 
Sesuai Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP), SPT Tahunan harus disampaikan paling lambat tanggal 31 Maret bagi Wajib Pajak Orang Pribadi melalui beberapa alternative, yaitu Aplikasi e-Filing, Drop Box atau datang ke kantor pajak secara langsung.

Gubsu dalam sambutannya menyambut baik terlaksananya kegiatan ini karena untuk mengingatkan kita sebagai warga negara agar memenuhi kewajiban untuk membayar dan melaporkan pajak kita kepada negara.

"Mari kita tingkatkan PAD menjadi semakin besar, karena orang bijak taat pajak," ujarnya. Patut kita sadari, lanjutnya, salah satu pilar kehidupan bernegara adalah partisipasi warga dalam menunjang pembiayaan bernegara itu sendiri dalam hal ini adalah perpajaka nasional.


Karena itu penyampaian SPT tahunan oleh para pejabat pemerintah dan tokoh masyarakat diharapkan akan memberikan keteladaanan dan contoh bagi masyarakat umum sehinga target penerimaan pajak di provsu bisa dicapai.

Selanjutnya pada kesepatan ini juga Gubsu menyampaikan apresiasi atas yang dibuat oleh diitjen pajak yang mempermudah masyarakat dalam penyampaian kewajibannya membayar pajak melalui sitem E-FILING tentunya dengan sistem ini pelayanan kepada masyarakat akan lebih cepat mudah dan efesien.

"Saya menghimbau dan mengajak seluruh wajib pajak di Sumut untuk segera menyampaikan SPT tahuna tepat waktu dan benar juga kepada kanwil DJP Sumut harus bersinergi dan terpadu dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan kesadaran wajib pajak dalam menyampaikan SPT dan membayar pajak tepat waktu," harapnya.

Kepala Kanwil Direktorat Jendral Pajak (DJP) Wilayah Sumut I Harta Indra Tarigan Pajak menyampaikan rasa bangganya dari tahun ketahaun penyampaian pajak tahunan tersosialisasi dengan baik. "Khusus tahun ini kamai bangga sekali karena hari ini yang paling lengkap seluruh pimpina daerah di Sumut ini  suatu hal yang luar biasa," ujarnya.

Untuk diketahui bersama, lanjutnya,  potensi pajak di Sumut ini untuk kanwil DJP Sumut I dan Sumut II pada tahun lalu itu dapat kita realisasikan sekitar 16 Triliun. Kemudian tahun ini yang harus kita capai adalh sekitar 17,6 plus 5,9. "Itu artinya 23,5 Triliun Ini yang harus kita capai jadi peningkatan yang luar biasa," lanjutnya.

Dilain pihak dirinya pernah diingatkan olkeh Komisi 11 DPRRI apakah potensi pajak si negara kita dpat tercapai dan bagaimana di Sumut apakah yakin dapat dicapai pula.

Apalagi tahun lalu Penerimaan pajak secera nasional itu sekitar 900 Triliun dan tahun ini diminta Presiden RI Jokowi  ditambah 400 Triliun dari realisasi. " Jadi peningkatannya cukup tinggi dan kami yakin dan kami sudah berkomitmen ini pasti akan tercapai," katanya menyakinkan.

Namun, lanjutnya harus ada prasaratnya yakni semua kita baik legeslatif, eksekutif, dan yudilatif serta semua perangkat yang ada di negara ini semyua bersatu padu menyadari pentingnya pajak dan mematuhi kewajiban pajak.

"Kita bersama-sama mengumpulkan pajak tersebut, tanpa dukungan semua pihak  tidak mungkin kami dari Dirjen pajak dapat melaksanakannya. Kita bersatu padu untuk pengamanan penerimana pajak ini karena memang dari kita, untuk kita dan mamfatnya untuk kita juga," tutupnya.

Usai menyerahkan SPT Tahunan pada Pekan Panutan Penyampaian SPT tahunan orang pribadi tahun 2014, Gubsu bersama Sejumlah FKPD Sumut melakukan Olahraga bersama yang digelar Kodam I/BB.

Dengan semangat Gubsu mengikuti Olahraga menembak di Lapangan Tembak Pranadika Wira Satya dengan  10 peluru yang disediakan.

Setelah olahraga menembak, Gubsu dan Sejumlah FKPD Sumut Juga menjajal kemanpuannya menuju lapangan volley. Mereka pun bermain volley. Gubsu satu regu dengan, Pangdam/I BB, Wagubsu, Pangkosek dan Walikota serta Kanwil Pajak. Walau pun tim Gubsu tidak berhasil memenangkan pertandingan, namun Gubsu terlihat bersemangat dan jatuh bangun saat memainkan bola.

Tak hanya menjajal kemampuan Menembak dan Volley, Gubsu ternyata juga ikut menunjukkan kebolehannya dalam olahraga Sepak Bola. Walau terlihat lelah dia tetap semangat turun kelapangan hijau untuk melakukan aksi terbaiknya dalam mengolah si kulit bundar.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung