Pencegahan Narkoba dan Terorisme Harus Dilaksanakan Secara Bersama



Forum Strategis bertemu Pangdam I BB :
Serukan Perkuat Gerakan Moral dan Karakter Bangsa

* Pencegahan narkoba dan terorisme harus dilaksanakan secara bersama

Medan (Mimbar) - Forum-forum strategis Provinsi Sumut menyampaikan seruan kepada Pangdam I/BB dan masyarakat Sumut untuk bersama melaksanakan gerakan penguatan moral dan karakter bangsa. 

Pernyataan ini mereka sampaikan saat Bersilahturahim dengan Pangdam I BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi di Markas Kodam I BB di Medan, Jumat (27/2) yang difasilitasi oleh Badan Kesbangpol dan Linmas Prov Sumut.

Forum strategis dimaksud terdiri dari Forum Kerukunan Umat Beragama 
(FKUB), Forum Pelstarian Budaya (FPB), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat ( FKDM), Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme ( FKPT) dan Pusat Informasi Masyarakat Anti Narkoba (PIMANSU). 

Masing-masing pimpinan forum yaitu Dr H Maratua Simanjuntak (FKUB), Ir T Azwar Azis Abdul Djalil Rahmatsyah/ Sultan Langkat (Wakil Ketua FPB), Dr Arifinsyah MA (FPK), Kolonel Purn Nurdin Sulistyo (Ketua FKDM),  Prof Dr Irmawaty Psikolog (FKPT), Drs H Zulkarnain Nasution MA (Ketua PIMANSU) bersama Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Sumut Drs H Eddy Syofian MAP.

Menurut mereka masyarakat Sumut yang sejak dahulu memiliki semangat persaudaraan diatas berbagai agama dan etnik harus tetap dipertahankan keharmonisannya dan tidak terpancing pada kepentingan politik sesaat karena persoalan yang besar sedang dihadapi semua elemen bangsa adalah menyangkut masalah radikalisme, narkoba, bencana alam dan yang sangat mengkhawatirkan persoalan moral dan menurunnya karakter bangsa.

"Kami ingin agar penguatan moral dan karakter bangsa menjadi prioritas Pembangunan dan meminta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah ikut mengawal moralitas bangsa bersama para tokoh agama dan tokoh masyarakat," ujar Dr Maratua Simanjuntak dan Sultan Langkat seraya menyebutkan bahwa Silaturrahmi ini akan mereka lakukan juga kepada Ketua DPRDSU, Kapoldasu, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut dan nantinya akan disampaikan kepada Gubsu.

Lebih lanjut mereka menghimbau berbagai potensi konflik yang muncul berkaitan dengan perebutan sumber daya alam, pertanahan, etnik dan agama dapat dieliminir dengan memperbanyak dialog dan menyelesaikan dengan penegakan hukum secara adil.

Mereka juga meminta agar aparat hukum menindak tegas pelaku bandar narkoba tanpa Padang bulu dan  ikut bersama melakukan rehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba. 

Selain itu meminta TNI, Polri untuk tetap kompak dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas segalanya serta mengawal rakyat dalam menjalankan hak dan kewajibannya secara adil tanpa diskriminatif.

Solidaritas 
Sementara itu Pangdam I BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi menyambut baik kehadiran Forum forum strategis di Sumut karena dinilai akan mampu menjadi perekat bagi terbangunnya harmonisasi bangsa dan bisa menjadi sarana penghubungan antara masyarakat dengan Pemerintah.

Pangdam yang baru bertugas 2 bulan di wilayah Sumbagut ini mengajak semua tokoh agama dan tokoh adat serta komponen forum strategis untuk membangkitkan semangat solidaritas semua anak bangsa dalam membangun daerah negara dan menjaga suasana yang aman dan kondusif. 

"Tokoh agama dan tokoh adat beserta tokoh masyarakat harus ikut bertanggung jawab dalam mengawal gerakan perbaikan moral dan karakter bangsa," ujar Pangdam seraya menyebutkan sesungguhnya perbaikan moral sangat tergantung dari tingginya kepedulian para tokoh agama dan tokoh adat.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung