TAMBANG EMAS MARTABE SERAHTERIMAKAN HASIL RENOVASI BALAI MARGUNA KECAMATAN BATANG TORU

Kondisi bangunan Balai Marguna Kecamatan Batangtoru sebelum dan sesudah direnovasi.

TAMBANG EMAS MARTABE SERAHTERIMAKAN HASIL RENOVASI
BALAI MARGUNA KECAMATAN BATANG TORU

Batangtoru, 13 April 2016 (Mimbar) – Acara serah terima renovasi Balai Marguna Kecamatan Batangtoru dari Tambang Emas Martabe kepada Pemerintah Kecamatan Batangtoru pada Senin, 11 April 2016. Serah terima ini diadakan di Balai Marguna oleh Pramana Triwahyudi, Community Relations Manager, mewakili manajemen Tambang Emas Martabe dan Drs A Raja Nasution MSi, Camat Kecamatan Batangtoru disaksikan oleh Ketua MUI Kecamatan Batangtoru, Ketua Lembaga Konsultasi Masyarakat Martabe (LKMM), dan Kapolsek Batangtoru. Serah terima ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima dan penandatangan prasasti yang nantinya akan ditempatkan di bagian depan Balai Marguna.

“Balai Marguna sebagai pusat aktivitas kemasyarakatan mempunyai arti sangat penting bagi warga Kecamatan Batangtoru dan sekitarnya. Di tempat ini, warga dapat melakukan berbagai macam kegiatan. Bahkan Tambang Emas Martabe pun berkesempatan menggunakan tempat ini untuk melaksanakan banyak program pengembangan masyarakat, seperti misalnya pelatihan, sosialisasi, pertemuan dengan Muspika. Dengan selesainya renovasi, manajemen Tambang Emas Martabe, berharap, tempat ini dapat lebih dimanfaatkan dan digunakan oleh warga untuk menunjang aktivitas pengembangan kualitas hidup warga”, ujar Pramana Triwahyudi.

Kegiatan renovasi Balai Marguna dimulai pada 13 Januari 2016 dan selesai pada 10 April 2016. Beberapa bagian dari Balai Marguna yang direnovasi antara lain: penggantian dinding kayu dengan dinding permanen, penggantian atap, pemasangan pintu dan jendela baru, penambahan kamar mandi, penambahan penerangan dan kipas angin. Pekerjaan renovasi menelan biaya Rp 400 juta.

“Mewakili warga Kecamatan Batangtoru, saya menyampaikan terima kasih kepada Manajemen Tambang Emas Martabe yang telah membantu Kecamatan Batangtoru dalam merenovasi Balai Marguna. Tambang Emas Martabe terus menunjukkan kepedulian bukan saja pada berbagai inisiatif baru pengembangan masyarakat, namun juga pada sarana dan prasarana bagi warga untuk melakukan berbagai kegiatan. Tentu harapannya, aktivitas yang bertujuan untuk peningkatan sumber daya manusia dapat dilakukan di tempat ini,” ujar A Raja Nasution.

Festival Nasyid
Menandai serah terima renovasi Balai Marguna, Tambang Emas Martabe berkolaborasi dengan Kecamatan Batangtoru mengadakan Festival Nasyid se-Kecamatan Batangtoru. Acara ini diikuti oleh 20 kelompok, yang terdiri dari 13 kelompok nasyid ibu-ibu dan 7 kelompok nasyid remaja.  Panitia dari Festival Nasyid ini merupakan gabungan dari staf Kantor Kecamatan Batangtoru dan Community Relation/Community Development Tambang Emas Martabe. Ada pun dewan juri dalam Festival Nasyid ini sebanyak 4 (empat) orang, yaitu Ibu Hj Sukesih, M Ibnu Munzir, dari Perkebunan Batangtoru, Ibu Hj Nadimah Siregar dari IPY Nurul Huda, dan H Ilman Akhyaruddin, Kepala KUA Kecamatan Batangtoru. Kepada para pemenang masing-masing kelompok diberikan piala dan  sejumlah uang.

Tujuan dari diadakannya Festival Nasyid, antara lain mendorong dan mengembangkan seni musik bernafaskan islam, meningkatkan kemampuan dan ketrampilan seni nasyid serta melestarikan seni tradisional yang ada di masyarakat khususnya Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru dan menciptakan kelompok nasyid yang berkualitas untuk seterusnya bisa mewakili kecamatan di tingkat kabupaten.

Festival Nasyid berlangsung selama 2 (dua) hari, 11-12 April 2016 dan dimulai dari pukul 09.00 sampai dengan selesai. Di hari pertama, tampil 10 kelompok nasyid dan sisanya, tampil di hari kedua.

Setelah dilakukan penilaian terhadap masing-masing kelompok, dewan juri menetapkan, Kelompok Nasyid Perkebunan Batangtoru sebagai juara pertama Kelompok ibu-ibu, diikuti Kelompok Nasyid Kelurahan Wek I dan Kelompok Nasyid Kelurahan Hutagodang sebagai juara kedua dan ketiga. Untuk Kelompok Remaja, dimenangkan oleh Kelompok Nasyid Perkebunan Batangtoru, Kelompok Nasyid Desa Napa sebagai juara kedua dan Kelompok Nasyid Kelurahan Hutagodang sebagai juara ketiga.  Dewan juri juga menetapkan vokalis terbaik untuk kelompok Nasyid Ibu-Ibu dari Kelompok Nasyid Kelurahan Hutagodang dan vokalis terbaik untuk Kelompok Nasyid Remaja dari Kelompok Nasyid Desa Napa. 

Sekilas Tambang Emas Martabe
Tambang Emas Martabe terletak di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah 1.639 km2, di bawah Kontrak Karya generasi keenam ("CoW") yang ditandatangani April 1997. Tambang Emas Martabe kini telah memiliki sumberdaya 7,4 juta ounce emas dan 69 juta ounce perak dan mulai berproduksi penuh pada awal 2013, dengan kapasitas per tahun sebesar 250.000 ounce emas dan 2-3 juta ounce perak berbiaya rendah. Lebih dari dua ribu orang saat ini bekerja di Tambang Emas Martabe, tujuh puluh persen direkrut dari masyarakat di empat belas desa di sekitar tambang.

Untuk informasi lain, hubungi:
Katarina Siburian Hardono
Corporate Communications Senior Manager
·        M +62 811 9005146 
·        E  katarina.hardono@g-resources.net

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung