Mendagri : Presiden Segera Lantik Erry Gubernur Sumut


Mendagri : Presiden Segera Lantik Erry Gubernur Sumut

Medan, (Mimbar) - Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo menegaskan Pelaksana tugas atau Plt Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi segera dilantik menjadi penjabat definitif menggantikan Gubernur Sumut nonaktif Gatot Pujo Nugroho. 

Mendagri mengatakan itu saat berpidato pembukaan acara Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Sumut Tahun  2017 di Grand Angkasa Hotel, Medan, Jumat (1/4).

"Saya sebut Pak Erry Gubernur, karena sudah ada kepastian akan dilantik di sebagai Gubernur defenitif di Istana Negara oleh Presiden," ujar Tjahyo dalam   awal sambutannya. Saat ditanya wartawan, Mendagri kembali menekankan hal tersebut.

"Yah Pak Erry akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo bersama dengan Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman." ujar Mendagri di Medan, Jumat.  H T  Erry Nuradi yang sebelumnya merupakan Wakil Gubernur Sumut resmi menjabat sebagai Plt Gubernur Sumut pada 11 Agustus 2015 pasca Gatot Pujo Nuhroho  ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dia menegaskan, nomor surat keputusannya sudah keluar dari MA, dan sekarang sudah masuk ke istana. Selain  Erry, Kemendagri juga sudah siap merilis surat pelantikan Bupati Simalungun terpilih JR Saragih. Namun, pelantikan JR Saragih tersebut tanpa wakilnya Amran Sinaga."Soal kapan dilantik Bupati Simalungun itu, akan  diserahkan ke H T  Erry Nuradi," katanya.

Menurut Mendagri, dengan nanti dilantiknya  menjadi gubernur, Erry dinilai akan lebih leluasa melakukan uji kompetensi dan lelang jabatan untuk mengganti pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD). 

Menanggapi itu, Plt Gubernur Sumut H T Erry Nuradi, mengatakan, dirinya siap dilantik dan mengemban tanggungjawab sebagai Gubernur Sumut.Adapun Untuk penetapan wakil gubernur, katanya,  diserahkan kepada regulasi yang berlaku. 

Mengenai soal hasil uji kompetensi lelang jabatan pimpinan SKPD, ujar Erry, sudah diajukan ke Mendagri.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung