Peringatan HUT Otda XX Tingkat Provsu


Peringatan HUT Otda XX Tingkat Provsu

Mendagri Minta Penyelenggara Daerah Tingkatkan Kinerja
Plt Gubsu Imbuh Kab/Kota Perbaiki Layanan Masyarakat

Medan, (Mimbar) - Mendagri Tjahyo Kumolo meminta kepada seluruh penyelenggara daerah untuk meningkatkan kinerja dalam proses penyelenggaraan pemerintahan daerah. Meskipun, lanjutnya terdapat sejumlah faktor peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah. Namun kepala daerah dan wakil kepala daerah memegang posisi kunci dalam mengembangkan  kemajuan daerah dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Hal tersebut disampaikan Medagri Tjahyo Kumolo dalam sambutannya yang dibacakan Plt Gubsu Ir H Tengku Erry Nuradi MSi pada peringatan Hari Otonomi Daerah XX, Senin (25/04/2016) di halaman Upacara Kantor Gubsu.

Pelaksanaan peringatan tersebut dihadiri Sekdaprovsu H Hasban Ritonga SH, para Asisten, para staf Ahli dan Kepala SKPD di lingkungan Sekretariat Daerah Provsu dan Jajaran Pemprovsu beserta para PNS Pemprovsu.

Untuk itu, setiap tahun kementerian dalam negeri melakukan evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah (EKPPD) berdasarkan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah (LPPD) yang disampaikan oleh masing-masing kepala daerah.

Dikatakan mendagri pada pelaksanaan HUT Otda XX tahun 2016 pemerintah akan mengumumkan peringkat kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah untuk masing-masing provinsi dan kabupaten/kota. "Pemerintah berharap hasil evaluasi tersebut menjadi pendorong bagi setiap pemerintah daerah dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, dalam rangka memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan rakyat," ujar Mendagri.

Pada kesempatan itu Mendagri juga mengungkapkan penyelenggaraan pemerintahan saat ini menunjukkan masih terjadi distorsi antara kebijakan nasional dan kebijakan daerah, serta belum efektifnya koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah  daerah. Oleh karenanya Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah sangat strategis. "Gubernur diharapkan melakukan koordinasi, pembinaan dan pengawasan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah kabupaten/kota,  sehingga terwujud keterpaduan pengelolaan pembangunan antara pembangunan daerah dan pembangunan nasional," kata Mendagri seraya mengharapkan untuk terus meningkatkan kinerja dalam menghadapi persaingan secara  global khususnya Asia Tenggara.

Sementara Plt Gubsu Ir H Tengku Erry Nuradi MSi peringatan HUT XX  Otda dalam rangka lebih mempercepat pelayanan pemerintah terhadap masyarakat sesuai dengan tugas-tugas penyelenggara pemerintahan daerah. "HUT ini sangat penting sekali sambil kita bisa refleksi, melihat kebelakang terhadap apa yang sudah dilakukan, sedang dilakukan dan akan dilakukan," ujar Plt Gubsu.

Pada kesempatan itu Plt Gubsu juga mengajak kepada seluruh penyelenggara pemerintahan khususnya di daerah baik provinsi dan kabupaten/kota untuk memperbaiki diri terutama dalam rangka menghadapi persaingan global khususnya Asia Tenggara. "Diharapkan ada perbaikan-perbaikan yang signifikan di daerah, baik itu Provinsi maupun kabupaten/kota sehingga peringkat kita lebih mengkat di mata masyarakat dan internasional menuju negara kita menjadi yang terbaik dan terdepan," harap Plt Gubsu.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung