Plt Gubsu Lantik 6 KDH Sumut di Jakarta Hari Ini


Plt Gubsu Lantik 6 KDH Sumut di Jakarta Hari Ini

* Pelantikan Gubsu Definitif masih menunggu waktu Presiden


Medan, (Mimbar) - Plt Gubsu H T Erry Nuradi dijadwalkan hari ini (Jumat 22/4) melantik enam kepala daerah (KDH) di Sumut. Pelantikan berlangsung di Jakarta disaksikan Mendagri.

Kabiro Otonomi Daerah Setdaprovsu, Jimmy Pasaribu dikonfirmasi wartawan Kamis (21/4) membenarkan mendapat informasi akan adanya pelantikan kepala daerah yang dilakukan di Jakarta. 

"Informasi yang berkembang dari Kemendagri memang besok (hari ini - red) akan ada pelantikan kepala daerah di Sumut, tapi saya belum melihat SK pelantikannya, masih sebatas informasi, inilah saya lagi di Jakarta masih saya cek," ujar Jimmy. 

Menurut informasi yang diperoleh Jimmy, pelantikan untuk kepala daerah di Sumut akan dilakukan yakni pelantikan untuk bupati Karo, Simalungun, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara juga kota Gunung Sitoli. 

"Saya masih akan memastikannya ini, sehingga memang belum saya laporkan kepada pak Plt Gubsu, sebab baru informasi yang saya dengar, belum ada bukti yang otentik yaitu SK nya saya lihat," jelas Jimmy.  

Di tempat terpisah, beredar kabar dari Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) bahwa pelantikan akan dilakukan di Jakarta, hari ini (22/4). 

"Rencananya memang akan ada pelantikan kepala daerah di kabupaten/kota di Sumut dan Riau, ada delapan orang yang akan dilantik besok sore," ujar Kapuspen Kemendagri, Dodi Riatmadji, Kamis (21/4). 

Dijelaskan Dodi, pelantikan tersebut memang akan dilakukan di Jakarta. Namun, dari delapan kepala daerah yang akan dilantik dirinya tidak dapat memastikan kepala daerah mana saja yang dilantik, terutama di Sumut. "Kalau daerah mana saja saya tidak ingat datanya, tapi ada delapan orang itu besok," terang Dodi.

Pelantikan sendiri kata Dodi akan dilakukan langsung oleh Plt Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi untuk kepala daerah yang berasal dari Sumut. "Jadi yang melantik nanti adalah Plt Gubsu bukan Mendagri," terangnya. 

Soal pelantikan defenitif Plt Gubsu menjadi Gubsu, Dodi mengatakan hingga saat ini masih menunggu waktu dari Presiden RI Joko Widodo. 

"Kalau itu SK nya juga masih dalam proses menunggu diteken oleh pak Presiden, karena pak Presiden masih di Eropa. Bagaimana mau melantik Plt GUbsu, kalau Presidennya masih belum di sini, siapa yang mau melantiknya kan bukan Mendagri yang melantiknya," terang Dodi. 

Adapun keenam kepala daerah di Sumut yang sudah berakhir masa priodesasinya dan sudah terpilih dalam pilkada lalu yakni Adapun keenam kepala daerah yang hingga saat ini dipimpin oleh Sekda sebagai Plh kepala daerahnya yakni Simalungun yang berakhir tanggal 25 Oktober, Karo tanggal 25 Maret, Nias Barat tanggal 13 April, Nias Utara tanggal 12 April, Nias Selatan 12 April dan Gunung Sitoli tanggal 11 April.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung