Bank Sumut Gandeng Sekretariat Daerah Lakukan Sosialisasi dan Literasi Keuangan

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Hasban Ritonga, berfoto bersama Direktur Pemasaran Bank Sumut, Ester Junita Ginting, Pemimpin Divisi Ritel Bank Sumut, Hadi Sucipto, Pemimpin Divisi Dana dan Jasa Bank Sumut, Syahdan Siregar, Pengamat Ekonomi dan Keuangan, Gunawan Benjamin, dan beberapa Kepala SKPD Provsu pada acara Sosialisasi dan Edukasi Keuangan Pra Pensiun di Ballroom lantai 10 Bank Sumut, Kamis (21/4).

Bank Sumut Gandeng Sekretariat Daerah Lakukan Sosialisasi dan 
Literasi Keuangan

Medan, (Mimbar) - Tak kurang dari 100 orang yang terdiri dari Kepala dan Sekretaris Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara hadir dalam acara Sosialisasi dan Edukasi Keuangan Pra Pensiun yang diselenggarakan oleh Bank Sumut bekerja sama Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara. Acara yang digelar di Ballroom lantai 10 Bank Sumut pada Kamis (21/4) ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Hasban Ritonga dan Direktur Pemasaran Bank Sumut, Ester Junita Ginting.

Direktur Pemasaran Bank Sumut, Ester Junita Ginting dalam sambutannya mengatakan acara sosialisai dan edukasi ataupun literasi keuangan ini merupakan langkah dari Bank Sumut dalam memenuhi amanah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan yang lebih luas mengenai keuangan dan perbankan kepada nasabah maupun masyarakat. Para Pegawai SKPD dalam hal ini merupakan nasabah Bank Sumut, nantinya akan menghadapi masa pensiun, sehingga dipandang perlu untuk diberikan pemahaman dalam mengatur keuangan.

Selanjutnya dikatakan Ester pula, manajemen Bank Sumut memiliki komitmen untuk terus memberikan edukasi tentang perbankan dan keuangan kepada masyarakat melalui program-program literasi yang akan dilaksanakan secara berkesinambungan. “Harapan kita semoga program sosialisasi dan edukasi ini dapat memberikan pengetahuan dan informasi yang bermanfaat untuk para pegawai SKPD dan PNS agar dapat mempersiapkan masa pensiun dengan baik dan mampu tetap berkarya,” ujar Ester.     

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Hasban Ritonga atas nama pemerintah Sumatera Utara menyampaikan apresiasinya terhadap acara ini. Melalui sambutannya, Hasban menyampaikan ucapan terima kasih atas upaya Bank Sumut dalam peningkatan pengetahuan terutama mengenai perencanaan keuangan sebelum masa pensiun.  “Nantinya kita-kita ini akan menghadapi masa pensiun, tidak dipungkiri akan muncul rasa cemas, tentunya harapan kita diperlukan kegiatan seperti ini untuk mengurangi kecemasan tersebut,” kata Hasban

Sementara itu, Gunawan Benjamin, Pengamat Ekonomi dan Keuangan sekaligus pembicara dalam acara ini mengatakan sesungguhnya untuk mengatur keuangan agar tidak mengalami kesulitan menghadapi masa pensiun tidaklah sulit. “Kuncinya hanya satu, kita harus hidup hemat,” tegas Gunawan. Menurut Gunawan, permasalahan ekonomi masyarakat pada dasarnya hampir sama, yaitu tidak dapat menahan keinginan untuk berbelanja, bahkan terkadang malah belanja melebihi penghasilan.

Lebih lanjut Gunawan mengatakan acara seperti ini sangat bagus untuk dilakukan secara berkelanjutan, karena financial literacy di masyarakat masih perlu ditingkatkan lagi dengan sesi pertemuan yang lebih panjang agar dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam. “Semoga kedepannya kegiatan seperti ini tidak hanya diperuntukkan bagi SKPD, tetapi juga untuk masyarakat umum karena banyak masyarakat kita yang masih belum memahami tentang perbankan dan keuangan,” ujarnya. 

Selain sosialisasi dan edukasi keuangan pra pensiun, dalam acara ini juga diadakan ramah tamah antara Bank Sumut dengan seluruh Kepala dan Sekretaris SKPD di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara dan juga pertunjukan musik dan penarikan hadiah lucky draw sebagai hiburan.   

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung