Galang Soliditas, Jurnalis dan Diskominfo Sumut Gelar Outbound

Sejumlah jurnalis unit Kantor Gubernur Sumatera Utara mengikuti outbound di Kampung Ladang Desa Tanjung Anom Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deliserdang, Sabtu (23/4). Kegiatan sehari penuh itu juga diikuti para PNS dari Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprov Sumut.

Galang Soliditas, Jurnalis dan Diskominfo Sumut Gelar Outbound

Medan, (Mimbar) - Sejumlah jurnalis unit Kantor Gubernur Sumatera Utara mengikuti outbound di Kampung Ladang Desa Tanjung Anom Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deliserdang, Sabtu (23/4). Kegiatan sehari penuh itu juga diikuti para PNS dari Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprov Sumut.

Plt Gubernur Sumut Ir HT Erry Nuradi MSi dalam sambutan tertulis dibacakan Kepala Dinas Kominfo Sumut Drs H Jumsadi Damanik SH MHum didampingi Kabid Pendapat Umum Hubungan Kelembagaan Hj Rosmidar SAg MPd dan kepala Seksi Hubungan Lembaga dan Kemitraan Abdul Aziz Batubara SSos MAP memberi apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Intinya, kegiatan yang digelar rutin setiap tahun ini, ditujukan untuk membangun soliditas kerja sama antara insan pers dengan Pemprov Sumut, terutama Dinas Kominfo Sumut,” ujarnya.

Karenanya, lanjut Jumsadi yang juga Pj Walikota Pematangsiantar ini, kita buat tema acara kali ini dengan Outbound Jurnalis dalam Rangka Pembekalan Tata Kepemimpinan Jurnalis untuk Mendukung Good Government. “Tema ini sangat relevan dewasa ini,” ujar Jumsadi saat membacakan pidato Plt Gubsu.

Mengacu pada tema acara,  lanjut Jumsadi,  jelaslah bahwa pengharapan yang ingin digalang pihaknya adalah meningkatkan kebersamaan antara wartawan dengan Pemprov Sumut.

"Kegiatan ini sangat positif, karena kita dilatih untuk mampu menyesuaikan diri dengan perubahan. Bahkan kita akan dibentuk menjadi pribadi yang profesional berkinerja prima," ujarnya.

Melalui kegiatan ini, Jumsadi merasakan bahwa setiap peserta baik itu secara sadar ataupun tidak, telah dituntut untuk menjalin kerjasama dengan peserta lainnya dalam menyelesaikan masalah.

"Sejatinya, melalui outbound kita disadarkan bahwa pekerjaan akan semakin cepat selesai jika dikerjakan bersama. Dan, kegiatan ini menjadi jembatan di antara kita untuk lebih mempererat silaturrahim,” ucapnya.  

Kegiatan yang ditutup Kabid Pendapat Umum Hubungan Kelembagaan Hj Rosmidar SAg MPd didampingi Kepala Seksi Hubungan Lembaga dan Kemitraan Abdul AzizBatubara SSos MAP ini guna melatih kemampuan terutama menumbuhkan jiwa leadership yang mungkin selama ini tidak nampak.

Beberapa metode outbound training menggunakan permainan atau kegiatan yang telah diatur skenario-nya untuk membawa suatu team ke dalam suatu permasalahan. Dan saat team tersebut berjuang mengatasi masalah yang ada, maka jiwa leadership seseorang akan muncul. Melatih kerjasama team.

Kegiatan outbound training dalam bentuk permainan yang melatih masing-masing individu yang mungkin terbiasa bekerja sendiri untuk dapat bahu membahu bersama team-nya di dalam menyelesaikan permainan. Kesimbangan antara pola berpikir realistis, konseptual dan "feeling" seseorang adalah senjata yang sangat ampuh di dalam mengambil keputusan.

Metode kegiatan aktualisasi diri yang dikemas dalam kegiatan permainan akan memberikan rasa suka cita yang optimal secara tidak langsung akan mempengaruhi kinerja untuk menjadi lebih optimal.

Lokasi Outbound di Kampung Ladang Desa Tanjung Anom Kec Pancur Batu Kab Deliserdang, berada di atas lahan yang sesuai untuk kegiatan alam terbuka  dengan beragam permainan uji nyali juga tersedia di sana. Di antaranya, flying fox, climbing rope dan lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung