Plt Gubsu Himbau Pelaku Usaha Sukseskan Sensus Ekonomi 2016


Plt Gubsu Himbau Pelaku Usaha Sukseskan Sensus Ekonomi 2016

Medan (Mimbar) - Plt Gubsu H T Erry Nuradi menghimbau kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara khususnya pelaku usaha dapat mensukseskan Sensus Ekonomi yang digelar mulai 1-31 Mei 2016. “Saya berharap sensus ekonomi dapat didikung oleh seluruh lapisan masyarakat yang ada,” kata Plt Gubsu saat menerima kehadiran Kepala BPS Sumut Nien Kusdiatmono di Kantor Gubsu, Selasa (19/4).

Kepala BPS didampingi staf antara lain Ateng Hartono, Dwi Parwoto dan lainnya. Sedangkan Plt Gubsu didampingi Plt  Assisten Ekbang Ibnu Hutomo.

Erry menilai sensus ekonomi sangat penting dimana hasilnya nanti sebagai landasan bagi pemerintah dalam perencanaan, pengambilan kebijakan dan evaluasi kegiatan. “Sedangkan bagi para pelaku usaha, hasil sensus akan bermanfaat untuk mengetahui posisi, peluang serta daya saing usaha,” kata Erry. Lain

Dia berharap sensus ekonomi di Sumut berjalan sukses dan lancar. Dengan demikian, masyarakat dapat menerima manfaat dari kebijakan ekonomi yang diambil pemerintah. Demikian juga bagi peneliti dan akademis dapat menjadi bahan penelitian ilmiah dan pengamatan bida ekonomi.

Direncanakan Plt Gubsu bersama Walikota Medan akan melepas keberangkatan petugas Sensus ekonomi tahun 2016 yang digelar di Lapangan Merdeka pada Jumat, 29 april 2016.

Kepala BPS Sumut Nien mengatakan bahwa sensus ekonomi dilaksanakan setiap sepuluh tahun yang mendata seluruh usaha atau perusahaan non pertanian yang dilakasanakan pada 1-31 Mei 2016. “Usaha pertanian tidak lagi dialkukan karena sensus pertanian sudah dilaksanakan tiga tahun lalu,”kata Nien. Dia memastikan bahwa petugas sensus tidak memungut biaya apapun dan keterangan individu bersifat rahasia dan dilindungi undang-undang.

Sensus Ekonomi di Sumut, kata Nien, akan melibatkan sekitar 15 ribu petugas. Satu orang petugas dalam satu blok sensus  akan mengambil data sekira seratus rumah tangga.

“Harapan kita masyarakat khususnya pelaku usaha mau menerima petugas sensus. Mau Memberi keterangan apa adanya. Karena keterangan penting, kalau data valid data akurat maka perencanaannya akan akurat, perencanaan yang akurat kan itu katanya 50% pembangunan sudah berhasil, akan kita petakan pelaku usaha di Indonesia,” ujar Nien. Bagi pelaku usaha, lanjutnya, hasil sensus ini bisa memanfaatkan peta yang ada , bisa melihat data menciptakan peluang usaha baru atau investasi baru.

Dijelaskan Nien, sensus 10 tahun lalu di Sumut tercatat 1,056 juta pengusaha. “Perkiraan kita, sekarang ini mungkun jumlah pengusaha di SUmut meningkat 2-3 kali lipat,” katanya.  

Cakupa sensus ekonomi adalah seluruh usaha atau perusahaan yang bertempat di lokasi permanen seperti mal, perkantoran, hotel, resto, bank dan lokasi tidak tetap seperti kaki lima serta usaha keliling seperti tukang bakso dan sol sepatu. Pelaku usaha yang disensus mencakup pemerintah, lembaga non profit dan rumah tangga.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung