Pengawalan Pembiayaan Proyek Pembangunan Daerah (kecil)

Direktur Utama Bank Sumut Edie Rizliyanto,Jumat (8/4/2016) pada acara Sosialisasi TP4 yang diselenggarakan Bank Sumut bekerjasama dengan TP4P Kejagung di Hotel Santika, Medan, Kamis (7/4).

Pengawalan Pembiayaan Proyek Pembangunan Daerah (kecil)

Bank Sumut Jadi Pioner
Bangun Kemitraan dengan TP4P (besar)

Medan, (Mimbar) - Bank Sumut menjadi lembaga perbankan pertama di Indonesia yang berinisiatif membangun kemitraan dengan Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan (TP4P) yang baru dibentuk oleh Kejaksaan Agung RI pada Juli 2015. 

TP4P dibentuk dengan tujuan untuk memberikan pendampingan dalam pelaksanaan proyek pembangunan di daerah sehingga proyek pembangunan dapat berjalan lancar sesuai ketentuan dan hukum yang berlaku, sehingga penjabat daerah pun merasa lebih nyaman dan tidak perlu lagi takut dalam penggunaan anggaran pembangunan. 

Guru besar hukum dari USU Prof DR Tan Kamelo memberi apresiasi atas penyelenggaraan acara sosialisasi TP4P yang diselenggarakan Bank Sumut bersama TP4 Pusat dan Kejaksaan Agung (Kejagung). Menurutnya, sosialisasi tersebut dapat memberikan kejelasan peran TP4P dalam pengawalan pembangunan sehingga pelaksanaan proyek yang dibiayai dengan dana pemerintah dapat lebih transparan dan taat asas hukum. 

Pendampingan yang dilakukan oleh TP4P akan dapat mendorong percepatan pembangunan ekonomi karena dengan pendampingan tersebut pejabat pemerintah merasa lebih nyaman dalam penggunaan dana pemerintah atau anggaran pembangunan daerah. 

Secara terpisah, Direktur Utama Bank Sumut Edie Rizliyanto,Jumat (8/4/2016), mengatakan, acara Sosialisasi TP4 yang diselenggarakan Bank Sumut bekerjasama dengan TP4P Kejagung di Hotel Santika, Medan, Kamis (7/4/2014)lalu sangat penting guna memeberikan pemahaman, edukasi dan peran TP4P dalam pendampingan kepada pemerintah daerah terkait penggunaan anggaran proyek pembangunan sehingga dapat merangsang percepatan dan kelancaraan penyerapan anggaran pembangunan. 

Menurut Edie, Bank Sumut berkepentingan bekerjasama dengan TP4P Kejagung karena eksistensi Bank Sumut sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) tidak terlepas dari visinya ikut mendorong pertumbuhan perekonomian dan pembangunanan daerah, khususnya terkait dengan pembiayaan proyek-proyek pembangunan seperti infrastruktur. 

“Sesuai dengan semangat Transformasi BPD dan amanat Presiden Jokowi belum lama ini agar BPD mengambil peran lebih besar dalam pembiayaan-pembiayaan infrastruktur di daerah, maka kemitraan dengan TP4D dalam memberikan pengawalan dan pendampingan terhadap proyek-proyek pembangunan yang menggunakan dana pemerintah menjadi sangat penting,” ujar Edie.

Sebelumnya Ketua TP4 Pusat Adityawarman Pada acara Sosialisasi TP4D di Medan, Kamis (7/4/2016) lalu mengatakan, pemahaman peran TP4D juga sangat perlu bagi bank-bank pemerintah termasuk Bank Sumut sebagai BPD karena dalam kegiatan bisnisnya terdapat pembiayaan proyek pembangunan serta secara internal terkait dengan proses pengadaan barang dan jasa. 

“Bank daerah kegiatannya juga ada pengadaan barang dan jasa, dan di situ kita bisa melakukan pengawalan ketika kami diminta. Kemudian juga masalah pekerjaan, apa bisnis dan pekerjaan bank tersebut. Misalnya pemberian kredit, ketika dia minta maka kami akan bersedia melakukan pengawalan. Konsultasi dan lain sebagainya,” tuturnya.

Ia menerangkan, intinya bahwa setiap pelaksanaan kegiatan proyek pembangunan harus berjalan dengan baik, tidak ada hambatan, tidak ada gangguan, dan tidak ada penyimpangan.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung