SOSIALISASIKAN MANFAAT PENSIUNAN BANK SUMUT GELAR LITERASI KEUANGAN DI 4 PERKEBUNAN


Press Release

SOSIALISASIKAN MANFAAT PENSIUNAN

BANK SUMUT GELAR LITERASI KEUANGAN DI 4 PERKEBUNAN

Medan, (Mimbar) - Dalam rangka literasi keuangan dan mensosialisasikan perencanaan keuangan dan manfaat tabungan pensiun, PT Bank Sumut menggelar sosialisasi dan literasi keuangan sekaligus family gathering di 4 perkebunan. Rangkaian kegiatan yang dimulai sejak Senin (14/3) tersebut dilaksanakan  bekerjasama dengan Dana Pensiun Perkebunan (DAPENBUN) dan PTP N2, PTP N3 dan PTPN4.

Salah seorang pembicara materi Mahyuni Miraza yang juga Asisten IV Divisi Dana dan Jasa menjelaskan meskipun telah memasuki usia pensiun namun bukan berarti para pensiunan tidak bisa menabung ataupun menyisihkan uang untuk berbagai kebutuhan hari tuanya. “Masa Pensiun bukan berarti keinginan untuk menabung tidak bisa lagi karena bagaimanapun menabung dibutuhkan ketika kita nantinya memiliki keinginan semisal ingin menunaikan ibadah haji atau keperluan lainnya, karena itu perencanaan keuangan yang baik serta memahami produk-produk perbankan yang sesuai dengan kebutuhan menjadi penting dan merupakan inti dari sosialisasi hari ini”jelas Mahyuni sembari menjelaskan bahwa Bank Sumut juga memiliki tabungan yang dirancang untuk para pensiunan yaitu Martabe Pensiun.

Sementara pemateri lainnya dalam acara tersebut Rini Rafika Sari yang juga staff humas PT.Bank Sumut menjelaskan sosialisasi dan literasi keuangan tersebut merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman nasabah/calon nasabah mengenai perencanaan keuangan dan manfaat atau risiko-risiko perbankan. Pada kesempatan ini Bank Sumut juga menjelaskan tujuan dan manfaat sistem rekeningisasi pembayaran manfaat pensiun Dapenbun kepada para pensiunan perkebunan yang telah dimulai sejak Tahun 2014 tersebut. “Sistem pembayaran manfaat pensiun melalui rekening dilakukan untuk meminimalisir kegagalan pembayaran manfaat pensiun karena dengan adanya sistem rekening, pembayaran manfaat pensiun menjadi tepat jumlah, tepat sasaran dan juga tepat waktu” ujar Rini.

“Dengan pembayaran melalui rekening, para pensiunan juga dapat dengan mudah menyisihkan sebagian uangnya untuk menabung sebagai persiapan kalau-kalau ada keperluan yang sangat mendesak” kata Rini lagi.

Mahyuni juga menjelaskan tabungan pensiun berbeda dengan tabungan lainnya karena dirancang dengan biaya administrasi Rp.2 Ribu dan saldo minimal yang rendah yaitu hanya Rp.5 ribu. “Tabungan pensiunan juga tidak memiliki kartu ATM karena untuk meminimalisir resiko diambil/disalahgunakan oleh yang tidak berhak.” jelas Mahyuni Sosialisasi diberikan kepada ±400 pensiunan yang tersebar dikebun Pagar Merbau, kebun sarang giting, kebun Sei Dadap dan kebun Sidamanik. Turut hadir pada acara tersebut Direktur Operasional

Dapenbun Dikdik Purwana, Wakil Kepala Cabang Dapenbun PTPN 3 Binsar Sihombing, Wakil Kepala Cabang Dapenbun PTPN2 Jules Hutagalung dan Wakil Kepala Cabang Dapenbun PTPN 4 Arihta Siregar serta seluruh jajaran Manajer Kebun PTPN 2, PTPN 3 dan PTPN 4, hadir juga pada acara tersebut Pemimpin PT.Bank Sumut Cabang Lubuk Pakam Nelson Hutapea, Pemimpin Cabang Tebing Tinggi Husin, Pemimpin Cabang Cabang Kisaran Syahmirdan Siregar dan Pemimpin Cabang Pematang Raya Imron.

Direktur Operasional Dapenbun Dikdik Purwana dalam sambutannya menyambut baik pelaksanaan literasi keuangan dan sosialisasi serta family gathering yang dilaksanakan Bank Sumut tersebut. 

Dalam sambutannya Dikdik berharap kedepan Bank Sumut akan semakin meningkatkan pelayanan prima kepada para pensiun perkebunan PT.Bank Sumut telah menjalin kerjasama pembayaran manfaat pensiun pegawai perkebunan bekerjasama dengan DAPENBUN sejak Tahun 2014, sampai saat ini Bank Sumut telah melayani lebih dari 48 ribu pensiunan yang dikelola oleh 62 unit Kantor Bank Sumu

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung