Peletakan Batu Pertama Mesjid Bandara FL Tobing Pinangsori


Peletakan Batu Pertama Mesjid Bandara FL Tobing Pinangsori

Plt Gubernur Sumut Dorong Pengembangan Pembangunan 
Bandara DR FL Tobing Pinangsori

Tapanuli Tengah, (Mimbar) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mendorong Kabupaten/Kota di pesisir pantai Barat Sumatera untuk bersinergis mengusulkan pengembangan pembangunan Bandara FL Tobing, Pinangsori, Tapanuli Tengah (Tapteng).

Dorongan tersebut disampaikan Tengku Erry Nuradi dalam acara peletakan batu pertama pembangunan Mesjid Bandara FL Tobing, Pinang Sori, Tapteng, Senin (7/3/2016).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Tapteng Drs Sukran Jamilan Tanjung SE, Danrem Kawal Samudra Kolonel Fachri, Kepala Bandara FL Tobing, Ketua DPRD Tapteng, tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam kesempatan itu, Tengku Erry Nuradi mengatakan, minat masyarakat menggunakan jasa penerbangan melalui Bandara FL Tobing menempati urutan kedua di Sumut setelah Bandara Kualanamu International Airport (KNIA).

Berdasarkan data, jumlah penumpang yang datang dan pergi melalui Bandara FL Tobing, Pinangsori tahun 2015 tercatat 2.494 orang. Baik menuju Bandara KNIA, Binaka di Nias, Bandara Pulau-pulau Batu dan Bandara Soekarno Hatta Jakarta.

“Setelah KNIA, bandara paling padat melayani jasa penerbangan di Sumut adalah Bandara FL Tobing, Pinangsori di Tapteng,” sebut Erry.

Dengan tingginya minat masyarakat menggunakan Bandara FL Tobing, kabupaten/kota di wilayah pantai barat sudah selayaknya mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk melakukan pengembangan sarana dan prasarana layanan.

“Tetapi usulan itu harus bersinergi antara kabupaten dan kota yang ada di pantai barat Sumatera. Tidak hanya pemerintah daerah, tetapi juga melibatkan DPRD masing-masing,” harap Erry.

Usulan tersebut, nantinya akan dilanjutkan Pemerintah Provinsi (Pemrov) Sumut kepada pemerintah pusat melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang).

Pengembangan Bandara DR FL Tobing, sebut Erry, akan membuka akses transportasi udara di Sumut. Apalagi dalam waktu dekat, pemerintah pusat akan melakukan pengembangan dan pembangunan Bandara Silangit di Siborong-borong, Tapanuli Utara (Taput) sebagai langkah strategis mendorong pengembangan kawasan wisata Danau Toba.

“Setelah menikmati keindahan Danau Toba, wisatawan mancanegara akan mudah mengunjungi sejunlah destinasi wisata di daerah pantai barat Sumatera karena didukung sarana bandara komprehensif yang dapat didarati pesawat berbadan lebar,” ujar Erry.

Erry juga mengapresiasi pembangunan Mesjid Bandara FL Tobing yang digagas sebagai sarana pendukung bagi masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah, baik calon penumpang yang akan berangkat maupun penumpang yang turun melalui Bandara FL Tobing.

“Dalam diskusi informal tadi usai membuka Pra Musrembang RKPD Sumut Tahun 2017 di Padangsidimpuan, sejumlah Bupati dan Walikota menyatakan akan membantu pembiayaan pembangunan Mesjid Bandara FL Tobing. Ini salah satu bukti sinergitas Kabupaten dan Kota di pesisir pantai barat Sumatera,” puji Erry.

Sementara Bupati Tapteng, Sukran Jamilan Tanjung mengatakan, Mesjid Bandara DR FL Tobing dibangun diatas lahan seluas 8x12 meter persegi dengan biaya mencapai Rp 750 juta dan dapat menampung jamaah sekitar 40 orang.

Biaya awal pembangunan masjid dari bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Sumut sebesar Rp 74 juta dan CSR Bank BNI Rp 50 juta.

“Dana awal hanya bantuan CSR dari Bank Sumut dan BNI. Belum menggunakan dana APBD Tapteng. Panitia juga membuka diri menerima bantuan dari pihak ketiga yang tidak mengikat. Kita harapkan pembangunan akan selesai sebelum akhir 2016 mendatang,” jelas Sukran.

Sukran mengatakan, keberadaan Mesjid Bandara FL Tobing dirasa perlu karena ruang ibadah yang tersedia saat ini tidak dapat menampung jamaah pada musim haji. Selain itu, masyarakat yang menggunakan jasa penerbangan dari Bandara DR FL Tobing semakin meningkat. Maskapai Garuda saat ini telah melayani 2 kali penerbangan setiap harinya. Demikian juga maskapai Wings Air. Maskapai Susi Air juga telah melayani penerbangan dari Bandara Dr FL Tobing Binaka menuju Pulau-Pulau Batu di Nias.

“Garuda dari Pinangsiri menuju KNIA dan langsung ke Bandara Soekarno Hatta Jakarta. Wings Air juga 2 kali sehari. Penumpang berasal dari 7 kabupaten dan kota di pesisir pantai barat Sumatera.

Selain pembangunan fisik masjid selesai nantinya, Sukran berharap akan dapat melanjutkan pembangunan mental dan spiritual masyarakat dilingungan Bandara DR FL Tobing.

Comments

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung