Besok, Masjid Agung Medan Gelar Sholat Gerhana Berjamaah


Ketua Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Masjid Agung Medan H. Azwir Ibnu Azis 

Besok, Masjid Agung Medan Gelar Sholat Gerhana Berjamaah

Medan, (Mimbar) - Umat muslim Sumatera Utara (Sumut) khususnya kota Medan diimbau untuk melaksanakan Sholat Gerhana (Shalatul Kusuf) berjamaah di Masjid Agung Medan pada Rabu (9/3) pagi besok.

Ketua Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Masjid Agung Medan H. Azwir Ibnu Azis (foto) menilai, Sholat Sunat Muakkad yang dikerjakan pada Gerhana Matahari Total (GMT) merupakan kesempatan emas bagi umat Islam di Sumut, karena fenomena alam ini terjadi dalam ratusan tahun.

"Ini kesempatan emas bagi umat muslimin dan muslimat di Sumut khususnya di Medan untuk beribadah pada fenomena alam ini. Karena terjadi sekali dalam ratusan tahun. Maka dari itu, mari laksanakan Sholat Kusuf atau Sholat Gerhana baik dilakukan sendiri di rumah maupun secara berjamaah di Masjid Agung Medan," kata Azwir Ibnu Azis kepada wartawan, Senin (7/3).

Diceritakannya, Sholat Gerhana juga dilakukan oleh Rasulullah pada saat itu. Rasulullah mengumpulkan umat-Nya saat terjadi Gerhana Matahari. Namun saat ini yang terjadi adalah orang ramai-ramai ingin melihat Gerhana Matahari dengan membeli kacamata khusus dan sebagainya.

"Ini karena sosialisasi untuk melihat Gerhana Matahari itu lebih gencar daripada melaksanakan Sholat Gerhana itu sendirim Padahal, pada zaman Rasulullah, beliau mengajak umat-Nya Sholat Gerhana, sehingga jika terjadi sesuatu pada saat itu semua umat berada dalam keadaan Khusnul Khotimah," imbuhnya.

Pada saat Gerhana Matahari, lanjutnya lagi, Rasulullah membaca ayat Albaqarah pada Rakaat pertama dan Ayat Al Imran pada rakaat kedua. "Sholat Gerhana ini sunnat muakkad sudah mendekati kewajiban, walaupun tidak dikerjakan tidak berdosa. Tapi, inilah kesempatan untuk beribadah saat GMT. Setelah Sholat Gerhana ini, anjurannya berzikir dan bersedekah," ungkapnya lagi.

Ditambahkannya, pada 9 Maret nanti Allah SWT akan menunjukkan kekuasaan-Nya, maka kita perlu laksanakan Sholat Kusuf pada GMT. Sholat Gerhana Berjamaah di Masjid Agung Medan ini akan dilakukan pada pukul 07.30 sampai dengan selesai. Dengan Khatib DR. H. Ahmad Zuhri, LC, MA dan Imam Al Hafiz Syukur Siregar, SPd.I.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung