Citra Baru “New PRSU”


Citra Baru “New PRSU”

New Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2016 yang merupakan kalender tahunan Sumut telah dibuka secara resmi oleh Plt Gubsu H T Erry Nuradi MSi untuk umum Jumat (18/3) yang intinya membuka akses informasi produk lokal, sekaligus dimanfaatkan sebagai arena rekreasi dan hiburan masyarakat.

Kita tentu tidak ingin even ini hanya sekedar rutinitas dan bersifat monoton. Paling tidak, melalui even ini diharapkan muncul inovasi-inovasi baru dalam menggerakkan potensi lokal ke pasar global, khususnya produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Memperhatikan awal-awal penyelenggaraannya kelihatan beberapa terobosan telah dilakukan untuk membuat PRSU kali ini “tampil beda” dan lebih bergairah sehingga even ini perlu disukseskan seluruh masyarakat Sumut.
Kita mengakui untuk memacu pembangunan di daerah, terutama di era otonomi daerah saat ini, pemberian informasi yang seluas-luasnya kepada semua pihak, termasuk mempertemukan antara produsen, pelaku ekonomi dan masyarakat konsumen, bukan hanya merupakan tuntutan tetapi  sudah menjadi kebutuhan dan keharusan. 
Atas dasar itu, New PRSU 20165 termasuk berbagai even lainnya sejenis ini, diharapkan dapat memberikan informasi kunci yang aktual dan akurat bagi para pelaku ekonomi untuk mengenal lebih dalam potensi dan prospek bisnis lokal, bukan hanya kota Medan, melainkan seluruh wilayah Provinsi Sumatera Utara, sekaligus sarana promosi yang efektif bagi para produsen dan pengenalan produk bagi konsumen.

Kemajuan pembangunan dan kepercayaan para pelaku ekonomi terhadap potensi pasar Sumatera Utara dewasa ini dirasakan semakin baik, antara lain terindikasi dari semakin seringnya digelar pameran dagang dan bisnis di daerah ini, termasuk PRSU ini dan banyaknya even pameran yang digelar di daerah ini juga menambah bukti bahwa Sumatera Utara benar-benar aman, tenteram dan kondusif. 

Kondisi ini tentunya patut kita syukuri, sebab semua hasil yang kita peroleh selama ini bukan hanya karena tersedianya kekayaan alam maupun sumberdaya manusia di daerah ini, melainkan tidak terlepas dari Karunia Tuhan Yang Maha Esa. 

Karenanya apa pun upaya dilakukan, semua itu tentunya harus ditujukan untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan pemerataan hasil-hasil pembangunan di Sumatera Utara yang muaranya dirangkaikan dengan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Meski begitu semua pihak juga harus menyadari bahwa tantangan ke depan masih sangat besar, meski di sisi lain berbagai peluang juga cukup merangsang, terutama dikaitkan dengan era globalisasi dan perdagangan bebas. Itulah sebabnya perjalanan pembangunan Sumatera Utara ke depan memerlukan partisipasi aktif semua pihak, terutama para pelaku ekonomi dan investor.

Propinsi Sumatera Utara selaku daerah yang mempunyai potensi sumber daya yang sangat besar, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusianya, memerlukan berbagai upaya yang signifikan untuk memanfaatkannya. 

Salah satu upaya untuk mendorong tumbuhnya upaya pemanfaatan tersebut adalah tersedianya informasi sedemikian rupa secara lengkap yang antara lain dapat dilakukan melalui upaya penciptaan iklim dialogis bagi ajang bertemunya produsen dan konsumen seperti PRSU ini.

Namun kita berharap pameran seperti ini tidak sekedar menjadi wahana transaksi jual beli tapi sekaligus media mengembangkan diri pesertanya terutama kalangan usaha kecil menengah (UKM) yang sangat memerlukan even seperti ini bagi mereka untuk belajar memperbaiki kualitas dan juga diversifikasi produk. 

Kita berharap melalui even ini promosi lokalisme semakin mantap sehingga akan lahir kapasitas lokal dalam hal sumberdaya manusia maupun kemampuan ekonomis yang lebih berdaya saing tinggi karena melalui even ini daerah mampu mengenali potensi sendiri secara berkualitas, selanjutnya memperkenalkan dan meluncurkannya ke kancah global.

Namun semua itu terpulang pada sejauh mana penyelenggara mampu mengemas even ini secara profesional sehingga kalangan dunia usaha dan masyarakat benar-benar tertarik untuk menyukseskannya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung