OJK Dukung Inisiatif Bank Sumut Untuk Bentuk Forum Sindikasi BPD

OJK Dukung Inisiatif Bank Sumut Untuk Bentuk Forum Sindikasi BPD

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengapresiasi dan mendukung inisiatif Bank Sumut untuk membentuk forum sindikasi Bank Pembangunan Daerah (BPD). Hal ini sejalan dengan program transformasi BPD yang telah dicanangkan Presiden Jokowi pada pertengahan tahun lalu. Apresiasi tersebut dinyatakan pada Workshop Sindikasi Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) yang diselenggarakan pada Selasa (26/2).

Advisor Pengawas Perbankan IV Otoritas Jasa Keuangan, Sukarela Batunanggar, mencermati forum ini seharusnya hadir sejak dahulu mengingat potensi BPD yang sangat besar sedangkan kontribusinya masih relatif kecil. Belajar dari BPD di Jerman yang sangat kuat dengan menguasai hampir 60% pasar kredit sedangkan Indonesia hanya menguasai 8%. Forum yang dibuka langsung oleh Direktur Eksekutif Asbanda, Eko Budiwiyono ini diharapkan dapat meningkatkan kontribusi BPD dalam sektor produktif.

Dalam sambutannya, Eko menyampaikan apresiasi kepada Bank Sumut yang saat itu diwakili oleh Direktur Operasional, Didi Duharsa, yang telah mengusulkan terbentuknya Forum Sindikasi BPD ini. Pertemuan yang dihadiri oleh sebagian besar pejabat ataupun pengurus BPD seluruh Indonesia ini diisi dengan acara workshop yang menghadirkan Oswal J. M. Tambunan, Group Head Sindikasi BNI dan Julian Helmi dari Bank Sumut dengan moderator Bambang Kuncoro, Direktur Pemasaran Bank DIY.

Oswal J. M. Tambunan dalam paparannya menyambut baik kegiatan forum ini. Setidaknya dengan adanya forum ini, Bank BUMN lebih mudah untuk menawarkan proyek-proyek sindikasi ke seluruh BPD secara sekaligus di satu pertemuan. Dalam paparan lainnya yang disampaikan oleh Julian Helmi dari Bank Sumut menyampaikan bahwa forum ini diselenggarakan dalam rangka upaya Bank Sumut mendorong aliansi BPD dalam rangka menyukseskan transformasi BPD. Tujuannya adalah agar BPD dapat lebih kontributif, kompetitif dan kuat, serta portofolio di sektor produktif yang terus meningkat.
Workshop ini diakhiri dengan kesempatan untuk membuat komitmen bersama dalam Forum Sindikasi BPD yang nantinya akan dilakukan secara periodik dengan menghadirkan berbagai narasumber terkait dengan pembiayaan sindikasi sektor produktif. Diharapkan melalui forum ini pertumbuhan kredit produktif pada BPD menjadi lebih signifikan dan menjadi penopang pembangunan negeri.


Pada sesi akhir pertemuan, seluruh BPD yang hadir sepakat untuk membuat komitmen bersama dalam bentuk forum sindikasi BPD yang nantinya akan dilaksanakan secara periodik dengan menghadirkan narasumber terkait dengan pembiayaan sindikasi sektor produktif sehingga kontribusi BPD dalam pembangunan dapat meningkat.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung