Resmikan Mesjid Agung Ul Ushawah Nias Barat

SERAHKAN BANTUAN. Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi didampingi Ketua TP PKK Sumut Evi Diana Erry menyerahkan bantuan beras kepada masyarakat kurang mampu dalam acara peresmian Mesjid Agung Al Ushwah di Desa Tetesua, Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Selasa (15/3/2016).

Resmikan Mesjid Agung Ul Ushawah Nias Barat

Plt Gubernur Sumut: Makmurkan Mesjid Demi Kemaslahatan Umat

Nias Barat, (Mimbar) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengajak masyarakat untuk memaksimalkan manfaat masjid. Tidak hanya sebagai rumah ibadah semata, namun juga membangun ekonomi umat.

Imbauan itu disampaikan Tengku Erry Nuradi saat menandatangani prasasti dalam acara peresmian Mesjid Agung Al Ushwah di Desa Tetesua, Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Selasa (15/3/2016).

Hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Sumut Evi Diana Erry, Bupati Nias Barat AA Gulo, Bupati Nias Utara Edward Zega, Bupati Nias Sokhi'atulo Laoli , dan Walikota Gunungsitoli Martinus Lase, Ketua Badan Amil Zakat Provsu Amansyah Nasution, sejumlah SKPD Pemrpovsu, nazir masjid, tokoh masyarakat, kaum alim ulama dan undangan lain.

Dalam kesempatan itu, Erry mengatakan, fungsi masjid tidak hanya sebagai tempat melaksanakan ibadah semata. Mesjid juga sebagai wadah berkumpul dalam merumuskan suatu rencana, ide maupun gagasan dalam mendorong kemajuan daerah.

Lebih dari itu, mesjid juga sebagai tempat membangun ekonomi masyarakat sekitar, seperti menjalankan bidang usaha dengan konsep syariah.

“Alhamdulillah, masjid Ul Ushawah ini juga memiliki sarana ruangan untuk tempat melangsungkan akad nikah. Tentu akan ada manfaat lebih lain dari masjid ini,” ujar Erry.

Erry yang juga selaku Ketua Dewan Syariah Sumut ini juga mengatakan, masyarakat sekitar masjid layaknya mendapatkan manfaat lebih dari keberadaan Mesjid Ul Ushawah. Pihak kenadziran masjid dapat mengelola bisnis dengan pondasi prinsif-prinsif koperasi yang anggotanya adalah jamaah.

“Saudara-saudara kita yang Nasrani juga boleh mendapatkan manfaat koperasi. Konsep syariah tidak membeda-bedakan agama atau aqidah. Semua sama-sama mendapatkan manfaat bagi hasil,” papar Erry.

Manfaat keberadaan masjid juga diharapkan sebagai pemersatu masyarakat melalui dakwah yang menyegarkan, menyejukkan dan memberikan pemahaman akan pentingnya kebersamaan ditengah perbedaan adat, istiadat, suku dan agama.

“Inilah fungsi pemuka dan kaum ulama yang hakiki. Memberikan suasana sejuk, tenang, aman dan tertib bagi seluruh pemeluk agama. Kebersamaan itu indah,” tambah Erry.

Sementara Ketua Badan Zakat Nasional Daerah (Baznasda) Sumut, Amansyah Nasution mengatakan, dana pembangunan Mesjid Ul Ushawah berasal dari seumbangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, infak dan sedekah masyarakat lainnya yang tidak mengikat.

“Semoga masjid ini dapat mendorong masyarakat sekitar untuk semakin taat beribadah,” harap Amansyah.

Selain meresmikan penggunaan Mesjid Ul Ushawah, Plt Gubsernur Sumut Tengku Erry Nuradi juga menyerahkan bantuan beras secara simbolik kepada masyarakat kurang mampu dan uang tunai kepada anak yatim dan guru mengaji.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung