FKPT Cegah Paham Radikalisme Bagi Pelajar Sumut Dengan Lomba Video Pendek


FKPT Cegah Paham Radikalisme Bagi Pelajar Sumut Dengan Lomba Video Pendek

Medan, (Mimbar) - Para pelajar SMA, madrasah aliyah dan sederajat di Sumut memiliki kesempatan mengembangkan kreativitas untuk Lomba Video Pendek "Kita Boleh Beda" yang intinya mencegah faham radikalisme.

Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumut Drs Zulkarnain Nasution MA mengemukakan hal itu kepada wartawan di Medan, Kamis (31/3). Kegiatan ini bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). 

Dikemukakan saat ini dibutuhkan suatu upaya untuk mencegah semakin merebaknya radikalisme di kalangan masyarakat pendidikan umum di Indonesia. Berbagai macam program dibutuhkan untuk pencegahan penyebaran radikalisme di lembaga pendidikan umum. 

"Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melibatkan masyarakat pendidikan menengah dalam mencegah penyebaran pemikiran-pemikiran radikal terorisme di wilayahnya dengan mengadakan lomba pembuatan video pendek bagi pelajar pendidikan menengah dan dialog video tentang pencegahan paham radikalisme," jelasnya. 

Untuk  Lomba Pembuatan Video Pendek ini diadakan dengan tema-tema yang bertujuan untuk memperkuat kedamaian di lingkungan masyarakat untuk menjaga kedamaian dan keutuhan NKRI dari pengaruh radikal terorisme.

Zulkarnain menjelaskan Lomba Video Pendek "Kita Boleh Beda" ini dapat berupa perorangan atau kelompok dengan menyertakan biodata dan fotokopi kartu pelajar serta surat keterangan sekolah. Perserta tidak dapat mengirimkan lebih dari satu karya video pendek. 

Tiga video terbaik akan dikirim ke panitia pusat di Jakarta untuk diseleksi menjadi 10 peserta Grand Final  dan hasil karyanya menjadi 10 orang yang selanjutnya akan diundang ke Jakarta dan diuji kembali 

Hasil karya dikirim paling lambat 16 April 2016. Hardcopy karya dibuat dalam bentuk CD/DVD/Flashdisk dengan format MOV/ Mp4/AVI kemudian dimasukkan ke dalam amplop  cokelat dengan menuliskan jenis lomba Video pendek di sudut kiri atas dan dikirim ke Tim Seleksi Lomba Video pendek,

FKPT Provinsi Sumatera Utara 
Jl. Gatot Subroto No. 361 Medan  
(Gedung Belakang Lt. 3 Kantor Badan Kesatuan Bangsa, Politik Dan Perlindungan Masyarakat) email ; fkptsumut@gmail.com.

Juga dikirim ke Panitia Pusat Seleksi Lomba Video pendek Direktorat Pencegahan 
Deputy Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Indonesia Peace & Security (IPSC) Jalan anyar kel. Leuwinutug kec. Citeureup Desa Tangkil, Bogor, Jawa Barat

Hadiah Lomba Video Pendek Tingkat Provinsi Juara 1 Rp 5.000.000, Juara 2 Rp 2.500.000 dan Juara 3 Rp 1.000.000

Sedangkan Lomba Video Pendek Tingkat Nasional Best Movie 1 Rp 15.000.000, Best Movie 2 Rp. 10.000.000 dan Best Movie 3 Rp 5.000.000. Best Story 1 Rp 5.000.000, Best Story 2 Rp 4.000.000, Best Story 3 Rp 3.000.000. Most Favorite Vote Rp 5.000.000.

Dijelaskan, Ketentuan Khusus antara lain Durasi Video maksimal 3 menit sampai 5 menit untuk setiap karya. Video pendek diproduksi dalam Bahasa Indonesia. Apabila terdapat narasi atau dialog dalam Bahasa daerah, harus diberikan subtitle Bahasa Indonesia. Karya yang dibuat merupakan karya orisinil dan tidak menyalahi hak kekayaan intelektual pihak manapun.

Karya Video pendek dipublikasikan (diunggah) ke situs Youtube antara periode Maret-April 2016 (contoh: #videopendekBNPT-sumatera utara).

Konten dalam video sepenuhnya menjadi tanggung jawab peserta. Softcopy karya dikirim ke lombafilm.bnpt@gmail.com disertai dengan biodata dan kartu identitas peserta. Subjek e-mail: Video pendek. Nama sekolah. Judul Karya. Hasil lomba final akan diumumkan tanggal  26 November 2016.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung