Direktur Utama Bank Sumut Terpilih Sebagai Ketua Forkom IJK Sumut

Direktur Utama Bank Sumut Terpilih Sebagai Ketua Forkom IJK Sumut

Medan, (Mimbar) - Direktur Utama Bank Sumut, Edie Rizliyanto, terpilih sebagai Ketua Forum Komunikasi (Forkom) Industri Jasa Keuangan (IJK) Sumatera Utara dalam pertemuan Forkom IJK yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Reginal 5 Sumatera pada Kamis (3/3). Forkom IJK sebelumnya telah terbentuk pada tanggal 18 Februari lalu dengan beranggotakan OJK Regional 5 Sumatera dan seluruh Pelaku Usaha Jasa keuangan (PUJK) di Sumut yang meliputi sektor perbankan, Pasar Modal dan Industri Keuangan Non Bank (IKNB).

Forkom IJK merupakan langkah awal yang akan mendukung Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Sumut. “TPAKD ini nantinya akan menjadi forum koordinasi antar instansi keuangan dan seluruh stakeholder demi meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah. Tim TPAKD diharapkan dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah untuk mewujudkan masyarakat Sumut yang lebih sejahtera,” ujar Edie.

TPAKD memiliki beberapa rencana strategis dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Antara lain, TPAKD diharapkan dapat mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat sebagai dukungan untuk ekonomi daerah. Kemudian, TPAKD juga diharapkan dapat membantu membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi masyarakat di daerah.

Lembaga jasa keuangan dalam hal ini diharapkan untuk meningkatkan peran serta pada pembangunan ekonomi dan memberikan ketersediaaan akses keuangan yang luas dalam rangka mendukung perekonomian daerah. Potensi ekonomi daerah nantinya akan digali dan akan dikembangkan sehingga lembaga keuangan dapat memperluas penyediaan pendanaan produktif untuk mengembangkan UMKM, usaha pemula, dan membiayai sektor prioritas. Untuk itu juga diperlukan keterlibatan dan peran dan koordinasi Satuan Perangkat Kerja daerah (SKPD) antar wilayah di daerah dalam penjaminan perluasan akses keuangan di daerah.


TPAKD Sumut pada tanggal 29 Maret 2016 akan di-launching. Keberadaan TPAKD ini merupakan salah satu bentuk persiapan pelaku ekonomi daerah untuk meningkatkan daya saing dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung