Plt Gubsu Tawarkan Kerjasama Sister Province Sumut – Hunan

Plt Gubsu H T Erry Nuradi menerima kunjungan Delegasi Dagang Provinsi Hunan RRT yang dipimipin Wakil Kadis Perdagangan Provinsi Hunan Fu Liang, di Kantor Gubsu, Senin (31/8). 

Plt Gubsu Tawarkan Kerjasama Sister Province Sumut – Hunan

Medan, (Mimbar) - Plt Gubsu Ir H Tengku Erry Nuradi, MSi menawarkan kerjasma Sister Province antara Provinsi Sumatera Utara dengan Provinsi Hunan Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Menurutnya Erry Hunan dan Sumut memiliki kesamaan diantaranya keunggulan bidang pertanian. 

Hal itu terungkap ketika Plt Gubsu menerima Delegasi Perdagangan Provinsi Hunan, Senin (31/8) di ruang kerja Plt Gubsu Lantai 9 Jalan P. Diponegoro No. 30 Medan.

Rombongan yang hadir dipimpin Wakil Kadis Perdagangan Provinsi Hunan Fu Liang datang bersama Wakil Kepala Dinas Perdagangan Kota Changsha Wang Donghua, Kepala Perkembangan Ekonomi Ningxiang Provinsi Hunan Wang Zijin, Kepala Perkembangan Daerah Ekonomi Khusus Xiangtan Xu Shuiguan, Kadin Provinsi Hunan Xia Xinru, Kepala BPMP Provinsi Hunan Yu Xiang, dari Bank of China Sheng Luying, Guo Shoufeng, Bob H Widjaya, dari LIC Sumut Ardjan Leo, Irwan Y Arifin, dari Konsul Ekonomi Perdagangan Liu Weiguo, dan dari konsulat China Guo Jingjian.

Sementara Plt Gubsu didampingi Staf Ahli Gubsu Riadil Akhir Lubis, Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) Provsu Ir Purnama Dewi, Kadis Kominfo Jumasadi Damanik, Kabid PLN Disperind agsu Sujatmiko, dan mewakili Kepala Biro Perekonomian Setdaprovsu Ismail Nasution.

Dia melihat antara provinsi Hunan dan provinsi Sumatera Utara banyak kesamaan salah satunya di bidang pertanian, khususnya pertanian padi sawah. Melalui kerjasama, kami berharap kemajuan Provinsi Hunan dalam bidang Pertanian dapat ditularkan ke Sumatera Utara. “Diharapkan pembibitan padi Hybrida dibangun di Sumatera Utara,” ujar Plt Gubsu.

Dibidang energi, menurut Plt Gubsu punya peluang untuk dikerjasamakan yaitu pembangkit listrik. Dia menawarkan agar Provinsi Hunan dapat bekerjasama untuk pembangunan pembangkit listrik di Sumut. Dikatakannya bahwa di Sumatera Utara ada beberapa kontraktor dari China telah yang mengerjakan pembangkit listrik, Diharapkan para kontraktor dari china dapat terus menjaga kualitas kerjanya.

Bukan hanya itu Plt Gubsu juga menawarkan kerjasama dibidang-bidang lain seperti infrastruktur diantaranya pembangunan jalan tol, perdagangan, pertambangan, pariwisata, dan bidang-bidang lainnya.

Plt Gubsu juga menceritakan bahwa Medan juga telah beberapa kali menjadi tuan rumah pertemuan sedunia marga-marga dari provinsi yang ada di China seperti provinsi Hainan dan Guandong selain Sumut juga mempunyai banyak potensi yang akan dikerjasamakan. "Untuk lebih memperat lagi hubungan baik dan kerjasama antara provinsi Hunan dan Sumatera Utara, bila memungkinkan antara Sumut dan Hunan dijadikan Sister Province (Provsu," ujar Plt Gubsu.
 
Sementara pimpinan rombongan Wakil Kadis Perdagangan Provinsi Hunan Fu Liang mengatakan bahwa kedatangan mereka ke Sumut untuk membicarakan peluang kerjasama antara provinsi Hunan dan Provinsi Sumatera Utara. Khususnya kerjasama di bidang pertanian yaitu tanaman padi Hybrida yang merupakan produksi pertanian terbanyak dari provinsi Hunan.

Dia menceritakan bahwa dari provinsi Hunan pertanian mendominasi dari bidang-bidang lainnya. Produk dari pertanian ini adalah padi sawah dan kapas. Sedangkan luas wilayah provinsi Hunan setengah dari luas Provinsi Sumatera Utara, tetapi jumlah penduduknya jauh lebih besar dari jumlah penduduk di Sumut yaitu sekitar 71 juta jiwa. Di Tiongkok (China) ada 31 provinsi. "Provinsi Hunan dengan ibukota Changsa merupakan terbesar kelima," ujarnya.

Perkembangan Perekonomian Provinsi Hunan, lanjutnya berada pada urutan 10 besar di Tiongkok (China) dan Hunan merupakan provinsi yang diperhitungkan perekonomiannya. "Pepatah Tiongkok, apabila produksi Hunan dan Guandong cukup maka untuk seluruh Tiongkok juga akan cukup," ujarnya.

Sebelum mengakhiri audiensi pihak Hunan tak lupa mengucapkan terima kasih atas sambutannya dari Provinsi Sumatera dan mengharapkan kehadiran dari Plt Gubsu dan pejabat-pejabat lainnya yang ada di jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk melihat kemungkinan kerjasama yang akan dilakukkan antara dua provinsi. "Diharapkan banyak produk-produk dari Sumatera Utara bisa disuplai ke Provinsi Hunan," ujarnya.

Pada kesempatan itu delegasi Provinsi Hunan memberikan cinderamata berupa kain yang disulam yang diberikan kepada Plt Gubsu Ir H Tengku Erry Nuradi. Gambar sulaman yang ada pada kain itu menurut Provinsi Hunan melambangkan kebahagiaan.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung