12 Pj Bupati dan Walikota Dilantik Senin atau Selasa

12 Pj Bupati dan Walikota Dilantik Senin atau Selasa

Medan, (Mimbar) - Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Soni Sumarsono mengatakan, paling lamban Selasa (22/9) pekan depan kedua belas penjabat (Pj) kepala daerah di Sumatera Utara, sudah bisa dilantik. 

Sony menjelaskan, saat ini berkas nama-nama permohonan dari Pelaksana Tugas Gubsu Erry Nuradi, sudah di meja Mendagri Thahjo Kumolo dan siap untuk diteken. 

"Berkasnya sudah di meja Mendagri. Sore ini ditandatangani. Besok (Jumat, Red) sore baru diambil Biro Hukum Kemendagri dan langsung dikirim. Paling cepat Senin atau paling lambat Selasa sudah dilantik," kata Soni saat dikonfirmasi wartawan dari Medan, Kamis (17/9) siang.

Namun begitu, Soni enggan membeber lebih jauh saat disinggung siapa saja kedua belas nama Pj usulan Plt Gubsu Tengku Erry Nuradi. "Yang jelas kita minta tiap daerah dikirimkan 3 nama. Di Sumut ada 12, dan usulan itu berjumlah 36 nama dari Plt Gubsu," pungkasnya. 

Sementara itu, Plt Gubsu Tengku Erry Nuradi sebelumnya mengaku tidak tahu kapan SK 12 Pj kepala daerah dari Kemendagri diserahkan ke Pemprovsu. Kata Erry, pihaknya tinggal menunggu surat keputusan Mendagri siapa yang dipilih dari tiga calon per daerah yang diusulkan Pemprovsu. 

Jika sudah ada keputusan Mendagri, Erry berjanji akan segera melantik. "Belum ada saya terima SK-nya. Kita tunggu sajalah ya," ujar Erry, kemarin.

Diketahui, sejauh ini Kemendagri telah menunjuk sebelas Pelaksana Harian (Plh) bupati/walikota yang habis periode di Sumut. Teranyar Sekda Kabupaten Samosir diangkat sebagai Plh Bupati Samosir. 

Informasi di kalangan wartawan unit Pemprovsu, pelantikan 12 Pj kepala daerah di Sumut dalam rangka pilkada serentak ini, santer dikabarkan awal pekan depan. 

Nama Sekretaris DPRD Sumut Randiman Tarigan, disebut-sebut akan menduduki posisi Pj Wali Kota Medan. Informasi lain menyebutkan selain nama Randiman, nama HM Fitriyus juga diusulkan ke Mendagri sebagai calon pendamping. Fitriyus sendiri pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan. 

Sementara untuk Pj Wali Kota Binjai, disebutkan akan diemban Riadil Akhir Lubis. Riadil yang mantan Kepala Bappeda Sumut ini memang pernah bertugas di sana. Selain Riadil, ada pula nama Eddy Syofian yang pernah berpengalaman menjadi Pj Wali Kota Tebing Tinggi. 

Selain itu disebutkan, Bukit Tambunan akan diplot ke Kota Pematangsiantar. Hal ini dikarenakan Bukit pernah mengabdi di kota tersebut. 


Selanjutnya Alwin Sitorus (Pj Bupati Serdangbedagai), Binsar Situmorang (Pj Bupati Humbahas), Anthony Siahaan (Pj Bupati Samosir), Sarmadan Hasibuan (Pj Bupati Tapsel), Aspan Sopian Batubara (Pj Bupati Padang Lawas), HM Fitriyus (Pj Bupati Asahan), Hasiholan Silaen (Pj Bupati Tobasa), Bonar Sirait (Pj Bupati Pakpak Bharat), Abdul Rajab Hutagalung (Pj Wali Kota Sibolga), dan Amran Uteh (Pj Bupati Labuhan Batu).

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung