Plt Gubsu Lepas Keberangkatan Calhaj Kloter Terakhir


Plt Gubsu Lepas Keberangkatan Calhaj Kloter Terakhir

# Ajak Doakan Calhaj yang Belum Berangkat

Deliserdang, (Mimbar) -  Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi turut melepas keberangkatan 384  calon jamaah haji  (calhaj) Kelompok Terbang (Kloter) 17 Embarkasi Medan dari Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Selasa (8/9/2015).

Dalam kesempatan itu, Plt Gubsu berharap jamaah calon haji (Calhaj) yang belum berangkat akibat terkendala visa, dapat menunaikan ibadah haji pada musim haji tahun ini. 

Hadir dalam acara pelepasan calhaj kloter terakhir Embarkasi Medan tersebut Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumut Tohar Bayoangin, Asisten III Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut Zulkarnain, Kepal Dinas (Kadis) Kominfo Sumut Jumasadi dan sejumlah pejabat dari Kabupaten/Kota lainnya.

Dalam kesempatan itu, Plt Gubsu menyatakan, berdasarkan informasi yang diterima, sebanyak 46 calhaj asal Sumut sempat terkendala dalam proses pengurusan visa. Para calhaj tersebut berasal dari sejumlah kloter 1 hingga 17.

"Ada 390 yang berangkat jemaah dari Sumut. Alhamdulillah, dari 46 calon haji yang terkendala masalah visa, 45 sudah selesai. Hanya tersisa seorang calon haji lagi yang sedang dalam proses pengurusan. Moga masalah visa calhaj ini segera tuntas," katanya.

Plt Gubsu juga mengajak calhaj keloter terakhir Embarkasi Medan yang telah berada di Mekah untuk mendoakan agar calhaj asal Sumut yang sempat terkendala akibat visa, dapat menunaikan ibadah haji pada musim haji 2015 ini.

"Kepada calon jamaah haji yang berangkat hari ini dan calon jamaah haji yang sudah berada di tanah suci, mohon doakan calhaj yang sempat terkendala visanya untuk bisa berangkat pada musim haji tahun ini," ajaknya. 

Sementara Kepala Kanwil Kemenag Sumut Tohar Bayoangin mengatakan, 46 calhaj yang tertunda berangkat dari keloter pertama hingga kloter terakhir akibat masalah visa, akan diberangkatkan pada kloter susulan pada17 September mendatang.

"Semoga calon haji yang sempat terkendala dalam pengurusan visa sebelumnya, bisa berangkat pada keloter susulan nantinya. Doakan tidak ada kendala," harapnya.

Dari 46 yang terkendala masalah visa, seorang yang kini masih dalam pengurusan visa atas nama Misrah Binti Nongah Panjaitan, berusia 47 tahun asal Kota Medan. Sedang 45 lainnya telah selesai dan akan berangkat pada kloter susulan.

Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan Imam Mukhair mengatakan, sebanyak 384 calhaj kloter terakhir berasal dari sejumlah kabupaten/kota di Sumut dengan rician asal 174 asal Medan, 141 Kabupaten Serdang Bedagai, 63 asal Tanjung Balai, 4 asal Deli Serdang dan 2 calhaj asal Kota Tebing Tinggi. Calhaj terbang menggunakan pesawat Garuda dari Kualanamu Selasa pagi sekira pukul 10.05 WIB.

"Jumlah calon haji yang berangkat kloter terakhir sebenarnya 385 orang. Tetapi seorang calhaj atas nama Misrah Binti Nongah Panjaitan, berusia 47 tahun asal Kota Medan, tertunda terbang karena masalah visa," katanya.

Sejak pagi hari sebelum pemberangkatan jamaah calhaj kumandang azan mengiringi para jamaah saat akan berangkat dari pelataran area terminal Kargo Kuala Namu International Airport (KNIA). Memang tradisi melantunkan azan untuk melepas jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung