Pemprovsu Siap Jalankan Kebijakan Pusat, Atasi Persoalan Ekonomi Saat Ini


Pemprovsu Siap Jalankan Kebijakan Pusat, Atasi Persoalan Ekonomi Saat Ini

Medan, (Mimbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) mengaku siap menjalankan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat untuk mengatasi persoalan ekonomi saat ini.

Menurut Sekretaris Daerah Provinsi Sumut (Sekdaprovsu), Hasban Ritonga, sebenarnya selama ini secara nasional dan daerah, setiap ada regulasi yang mempersulit aktivitas ekonomi seperti ekspor impor dan investasi akan ditinjau. “Selama ini kita sudah melakukan itu sebenarnya. Tapi adanya kebijakan ini tentu akan kami pelajari dulu apakah ada terminologi baru dari permudah perizinan itu,” ujar Hasban di Kantor Gubsu, Kamis (10/9).

Pada dasarnya kata dia, Pemprovsu siap saja mengikuti arahan pemerintah pusat. Termasuk juga memastikan kebijakan itu dirasakan hingga ke kab/kota di Sumut karena Pemprovsu merupakan perpanjangan pemerintah pusat. “Tapi kepastian hukum harus tetap terjaga. Itu juga perlu dipastikan regulasinya supaya tak muncul masalah baru,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dalam perizinan di Sumut selama ini tetap mengacu pada aturan yang ada, bahwa semua rekomendasi perizinan itu dipermudah. “Bahkan anehnya di Sumut ini, rekomendasi perizinan dipermudah, izin sudah diberikan, tapi proyeknya tidak dikerjakan. Misalnya Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Hal semacam ini juga perlu dicarikan solusinya,” pungkasnya.

Salah satu kebijakan strategis dari pemerintah pusat adalah mempercepat realisasi proyek strategis nasional. 

Di Sumut kata Hasban, ada proyek strategis itu seperti jalan tol Medan–Binjai, tol Medan-Kualanamu–Tebingtinggi, yang sampai saat ini belum juga selesai. “Pemprovsu sudah berupaya meminimalisasi hambatan seperti pembebasan tanah dan sebagainya. Tapi itu tadi, progresnya sudah berjalan meski agak lamban. Untuk selebihnya, pemerintah pusat sebagai pemilik proyek yang paham,” ucapnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung