Plt Gubsu Buka Seleksi Festival Nasyid Ke-XIV Tingkat Provinsi Sumut

Plt Gubsu Buka Seleksi Festival Nasyid Ke-XIV Tingkat Provinsi Sumut

Medan, (Mimbar) - Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nuradi MSi, Senin (14/9) malam membuka secara resmi seleksi Festival Seni Nasyid ke-XIV tingkat Provinsi Sumut tahun 2015 di Asrama Haji Medan.

Seleksi Festival yang digelar selama empat hari Selasa-Jumat (14-18/9) ini diikuti 20 kabupaten/kota se-Sumut degan jumlah 539 peserta.

Plt Gubsu mengungkapkan festival Nasyid mempunyai peran ganda bagi umat Islam. Selain sebagai wadah seni, kegiatan ini juga sebagai media pencerahan bagi yang melaksanakan sekaligus bagi yang mendengarkannya.

"Seni nasyid salah satu cabang benafaskan islam berkembang puluhan tahun lalu. Seni nasyid selain sebagai hiburan juga penyampai pesan dakwah, pesan agama sekaligus pesan pembanguan," ujarnya.

Tentu diriya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. "Mudah-mudah dengan digelarnya seleksi nasyid ini menjadi tonggak kita memajukan nasyid di Sumut," harapnya.

Untuk itu, di mengharapkan seni nasyid dapat memotivasi masyarakat dan dapat terus digelorakan. "Saya berharap seni nasyid merupaka filter masuknya budaya asing apalagi dengan teknologi informasi dan internet maka kita harus berupaya meningkatkan mutu nasyid sehingga tidak tertinggal dan tidak ditingkalkan masyarakat," harapnya.

Kepada para official dan tim nasyid serta peserta yang akan mewakili Sumut di ajang nasyid tingkat nasional, Erry berharap bisa memperjuangkan Sumut menjadi tuan rumah penyelenggaraan festival Nasyid nasional.

"Kita punya banyak fasilitas, kita harus bangga menjadi orang Sumut, maka harus bisa menjadi tuan rumah di level nasionl dan internasional," harapnya.

Sekretaris panitia Sudarto Purba dalam laporannya menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan secara berkesinambungan dalam rangka untuk melestarikan seni dan budaya Islam serta pembinaan moral melalui kegiatan nasyid.

"Ini merupakan upaya bersama untuk membina dan meningkatkan seni nasyid agara tidak hilang ditelah zaman," ujarnya.


Hadir dalam pembukaan seleksi nasyid tersebut, Sekdaprovsu H Hasban Ritonga SH, asisten Pemrovsu Zulkarnain SH, kepala Biro Binsos Provsu, mewakili Ketua DPRD Sumut Yulizar Lubis, Walikota Tanjung Balai ketua harian pengembanga seni nasyid Sumut Muin Isma Nasution.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung