Usulan Plt Gubsu Sedang Diproses Di Mendagri

Sekdaprovsu Hasban Ritonga :
Usulan Plt Gubsu Sedang Diproses di Mendagri

Medan (Mimbar) - Sekdaprovsu Hasban Ritonga mengatakan, usulan Plt Gubsu HT Erry Nuradi terhadap nama-nama 14 Pj Walikota/Bupati dari para pejabat eselon II Pemprovsu  saat ini sedang digodong di Mendagi. "Semua nama-nama Pj Walikota/Bupati di 14 Kabupaten/Kota yang akan melakukan Pilkada serentak pada 9 Desember 2015 mendatang, sepenuhnya merupakan usulan Plt Gubsu, dan termasuk di dalamnya nama-nama pejabat eselon II yang sempat diusulkan Gubsu Gatot Pujo Nugroho," kata Sekdaprovsu Hasban Ritonga saat ditanya wartawan, Selasa (25/8) sore di lantai 9 Kantor Gubsu Jalan Diponegoro No.30 Medan.

Ketika ditanya, apakah nama-nama Pj Walikota/Bupati yang diusulkan Gubsu sebelumnya akan tetap di kabupaten/kota yang sama, Hasban mengatakan, itu merupakan wewenang Mendagri. Sedangkan Gubsu dan Plt Gubsu hanya mengusulkan saja. "Kita lihat saja nanti hasilnya. Jadi semua kita serahkan kepada Medagri," ucapnya.

Menurut dia, pengumuman Pj Walikota/Bupati dari Medagri bisa saja sekaligus nanti. "Kalau ditanya kapan ?, saya kira dalam waktu dekat Medagri akan mengusulkannya, apalagi Pilkada serentak tinggal beberapa bulan lagi," ucapnya.

Dia menjelaskan, Plt Gubsu saat mengusulkan nama-nama itu ke Mendagri untuk satu daerah ada tiga nama eselon II Pemprovsu. "Jadi dari 14 Kabupaten/Kota itu, kalau diusulkan 3 orang satu daerah, maka total yang diusulkan Plt Gubsu eselon II sebagai Pj Walikota/Bupati sebanyak 42 orang. Kalau eselon II Pemprovsu saat ini ada 50 orang, jadi masih lebih," ucapnya.

Dia mengatakan, untuk seorang Pj Walikota/Bupati tidak harus diudulkan dari eselon II golongan VI D. Tapi eselon II itu harus lebih tinggi dari pejabat Sekda setempat. "Atau paling tidak sama dengan Sekda setempat." Katanya, seraya menegaskan Pj Walikota/Bupati itu dalam waktu dekat akan segera diumumkan Mendagri dari Jakarta.

Sebelumnya diberitakan, saat ini  sebagian kabupaten/kota sudah dijabat Plh Sekda masing-masin karena belum turunnya surat usulan dari Mendagri itu. Adapun kabupaen/kota yang Sekda-nya sudah menjabat Plh yaitu ;  Kota Medan (berakhir 26 Juli 2015), Kota Binjai (berakhir 13 Agustus 2015), Kota Sibolga (16 Agustus 2015), Serdang Bedagai (5 Agustus 2015), Tapanuli Selatan (12 Agustus 2015), Toba Samosir (12 Agustus 2015), Labuhan Batu (19 Agustus 2015),  Asahan (19 Agustus 2015). 


Kemudian jika Mendagri tetap belum mengumumkan nama-nama Pj Walikota/Bupati dalam minggu ini, sejumlah kabupaten/kota akan kembali dijabat Plh dari Sekda setempat, seperti : Kabupaten Pakpak Barat (25 Agustus 2015), Humbang Hasundutan (26 Agustus 2015), Samosir (15 September 2015), Kota Pematang Siantar (22 September 2015), Simalungun (25 Oktober 2015) dan Labuhan Batu Utara (15 November 2015). 

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung