Hadiri Syukuran HUT ke-17 Sultan Deli, Plt Gubsu Minta Sultan Lanjutkan Cita-cita Pendahulu


Hadiri Syukuran HUT ke-17 Sultan Deli,
Plt Gubsu Minta Sultan Lanjutkan Cita-cita Pendahulu

Medan, (Mimbar) - Plt Gubsu Ir H Tengku Erry mengucapkan selamat dan menepung tawari Seripeduka Sultan Deli ke XIV Tuanku Mahmud Lamant Jiji Perkasa Alam dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun ke-17 sang sultan. Acara syukuran digelar di IStana Maimoon, Sabtu (29/8).

Dalam sambutannya, Plt Gubsu mengajak Sultan Deli ke XIV untuk melanjutkan cita-cita perjuangan para pendahulu dan tokoh-tokoh adat Melayu yang telah berjasa demi kemajuan Melayu dan bangsa Indonesia.

Dia menyebutkan bangsa yang besar, adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pendahulunya. Karena berkat perjuangan merekalah keberadaan kita saat ini.

Begitu halnya dengan kemerdekaan yang kita rasakan saat ini, dan pada tanggal 17 Agustus yang lalu kita sudah merayakan HUT yang ke-70. Semuanya itu tidak akan bisa kita rasakan kalau bukan karena perjuangan para pendahulu kita.

"Saatnya bagi kita, khususnya Sultan Deli untuk mewujudkan Kesultanan Deli yang disegani, bermartabat dan bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Pada kesempatan itu Tengku Erry juga mengajak seluruh masyarakat khususnya masyarakat Melayu untuk tetap melestarikan peninggalan bersejerah yang merupakan kebanggaan masyarakat Melayu. Kita harus melestarikan bukti sejarah ini karena melalui adat istiadat dan peninggalan yang ada membuktikan kita sebagai bangsa yang besar. "Kita jadikan warisan sejarah ini bukan hanya kebanggaan masyarakat Melayu, melainkan kebanggaan Masyarakat Sumut," serunya.

Ketua PB MABMI Sumut H Syamsul Arifin SE mengajak agar momentum hari keputraan (hari jadi) Sultan Deli ke-17 ini menjadi momentum untuk bangkitnya masyarakat Melayu.

Dia melihat bahwa semangat dari sultan-sultan Deli sebelumnya ada pada diri Sultan Deli ke XIV.  Oleh karenanya dia mengharapkan agar Sultan deli ke-14 dapat mempersatukan masyarakat melayu dan lebih membawa kejayaan untuk masyarakat melayu pada khususnya dan Sumatera Utara pada umumnya. "Jadikanlah momentum ini momentum kebangkitan masyarakat Melayu, Bersatulah dan bersama demi kejayaan Melayu khususnya dan Sumatera Utara pada umumnya.

Pangkostrad Letjen TNI Edi Rahmayadi mengingatkan kepada Sultan Deli untuk dapat membawa masyarakat melayu yang selama ini masih belum menampakkan jati dirinya untuk bisa lebih eksis lagi. Dia menyebutkan bahwa Gelar Sultan pada Tuanku Mahmud bukan dipilih rakyat secara demokrasi tetapi merupakan takdir.

Gelar Sultan tersebut diakuinya tidaklah hanya gelar untuk kehormatan semata, melainkan gelar tersebut membuat penyandangnya mempunyai tanggung jawab yang besar untuk kesejahteraan masyarakatnya.

Untuk itu dirinya berharap kepada Sultan Deli \untuk dapat kembali membangun dan membangkitkan masyarakat Melayu pada khususnya dan masyarakat Sumatera Utara pada umumnya. “Nahkodailah Sumut ini agar berjalan pada relnya,” sebut jenderal bintang tiga ini dan merupakan pemrakarsa berjalannya acara HUT ini dengan meriah.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Forkopimda Provsu, Para Sultan Melayu Sumut, Sesepuh kesultanan Deli, organisasi kemasyarakatan dari berbagai suku yang ada di Sumut, tokoh adat, agama dan tokoh masyarakat serta masyarakat Melayu.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung