Deputi General Manager General Affairs Tambang Emas Martabe, Stevi Thomas, memberikan ucapan selamat kepada seluruh pengurus LKMM periode 2015-2017, pada pengukuhan LKMM periode 2015-2017, Jumat (7/8), di Batangtoru, Tapanuli Selatan. LKMM periode 2015-2017 diharapkan dapat meningkatkan peran strategis dalam menjembatani komunikasi antara perusahaan dan masyarakat dalam mengelola harapan dan aspirasi positif di wilayah sekitar Tambang Emas Martabe.


Pengurus Lembaga Konsultasi Masyarakat Martabe (LKMM) Periode 2015 – 2017 Resmi Dilantik

Batangtoru, (Mimbar) – Pengurus Lembaga formal LKMM (Lembaga Konsultasi Masyarakat Martabe) masa bakti 2015 – 2017 resmi dikukuhkan, Jumat (7/8), di Batangtoru, Tapanuli Selatan. LKMM yang pertama kali dibentuk pada 2013 telah menjalankan fungsi sebagai wadah komunikasi bagi para pemangku kepentingan untuk membahas dinamika aktivitas dan mengelola aspirasi masyarakat sekitar terkait operasi Tambang Emas Martabe. Pengurus LKMM periode 2015-2017 ini dilantik berdasarkan SK Bupati Tapanuli Selatan No. 720/KPTS/2015.

Tim Duffy, Presiden Direktur Tambang Emas Martabe menyambut baik pengukuhan pengurus LKMM periode 2015-2015 ini. "Kami mengucapkan terimakasih atas peran pengurus dan anggota LKMM periode sebelumnya dalam mengambil peran strategis menjembatani komunikasi antara perusahaan dan masyarakat  serta secara realistis berupaya mengelola harapan dan aspirasi positif membangun wilayah ini. Peran ini semoga dapat ditingkatkan oleh pengurus dan anggota LKMM periode 2015-2017 yang telah terpilih mewakili masyarakat 15 desa lingkar tambang. Selamat bertugas!"

Pada 2008 Tambang Emas Martabe telah membentuk Martabe Community Consultative Committee (MC3). Dalam perjalanannya, lembaga ini telah memberikan kontribusi signifikan.  Sejalan perkembangan dan pertumbuhan Tambang Emas Martabe, keberadaan MC3 perlu direvitalisasi dan ditingkatkan menjadi suatu lembaga yang diharapkan mampu berperan sampai akhir masa operasional Tambang Emas Martabe.

Sebagai pengganti MC3, dibentuklah Lembaga Konsultasi Masyarakat Martabe (LKMM) yang kemudian menjadi forum diskusi terbuka antar perusahaan, masyarakat dan pemangku lainnya untuk membahas dinamika yang berkembang dari pemikiran obyektif, dan secara langsung terkait operasi Tambang Emas Martabe, kinerja lingkungan, hubungan masyarakat, dan untuk memastikan agar masyarakat tetap mendapatkan informasi terkini dan memberikan masukan konstruktif terkait aktivitas perusahaan. 

Tim Duffy menambahkan, "Besar harapan LKMM bisa pro-aktif bekerjasama dengan BPD2M (Badan Pengelola Deviden Masyarakat Martabe) periode 2015-2016 yang telah dibentuk oleh PT ANA dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan. Masukan dan aspirasi yang disampaikan masyarakat melalui LKMM kiranya dapat disinergikan dalam wujud nyata program-program pembangunan BPD2M yang dikelola dari dividen Tambang Emas Martabe. Dampak positif kehadiran tambang kiranya bisa dirasakan oleh semakin banyak masyarakat lingkar tambang dan sekitarnya."

LKMM Masa Tugas 2015-2017

Untuk periode 2015-2017, Ketua LKMM dipercayakan kepada Ray Hidayah Batubara dari Desa Wek III dan Wakil Ketua dijabat oleh Khoiron Nasution dari Kecamatan Muara Batangtoru. 

Rapat LKMM dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam sebulan dan tiga bulan sekali. Dalam rapat bulanan, dihadiri oleh anggota pengurus, Muspika serta perwakilan Tambang Emas Martabe yang ditunjuk. Pelindung, pengarah, dan penasehat dapat hadir apabila dibutuhkan.  Sedangkan dalam rapat Triwulan, Pelindung, Pengarah dan Penasehat akan ikut menghadiri rapat.

Untuk keperluan operasional LKMM, Tambang Emas Martabe telah menyediakan kantor bagi LKMM yang lokasinya mudah dijangkau oleh masyarakat. Termasuk di dalamnya mebel kantor dan sarana komputer. Tambang Emas Martabe juga akan memberi bantuan dana terbatas untuk mendukung operasional LKMM.

Kepengurusan LKMM berlaku setiap periode adalah 2 (dua) Tahun, dengan komposisi kepengurusan sebagai berikut:

Susunan Pengurus LKMM Periode 2015 -2017

No
Nama
Jabatan
Perwakilan
Desa
Kecamatan
1
Ray Hidayah Batubara
Ketua
Wek III
Batangtoru
2.
Khoiron Nasution
Wakil Ketua
Muara Hutaraja
Muara Batangtoru
3.
Wahyuda Panjaitan
Sekretaris
Wek II
Batangtoru
4.
Abdul Wahab Sihombing
Wakil Sekretaris
Bandar Hapinis
Muara Batangtoru
5.
Enda Mora Siregar
Anggota
Sipenggeng
Batangtoru
6.
Hendra Asrul Nasution
Anggota
Hapesong Baru
Muara Batangtoru
7.
Ian Sastra Nasution
Anggota
Wek I
 Batangtoru
8.
Ahmad Rifai
Anggota
Telo
 Batangtoru
9.
Ismail Sipahutar
Anggota
Wek III
 Batangtoru
10.
Masrul Simamora
Anggota
Wek IV
 Batangtoru
11.
Hasan Dalimunte
Anggota
Napa
 Batangtoru
12.
Abdul Khotip Lubis
Anggota
Perkebunan
13.
M. Yusuf Siregar
Anggota
Sumuran
Batangtoru
14.
M. Alinafia Nasution
Anggota
Batuhula
Batangtoru
15.
Ismail Dasopang
Anggota
Bandar Hapinis
Batangtoru
16.
Pandapotan Nasution
Anggota
Hutaraja
Batangtoru 
17.
Rahuddin Siregar
Anggota
Muara Hutaraja
Muara Batangtoru
18.
Misdi
Anggota
Aek Pining
Batangtoru
19.
Nurani Sagala
Anggota
Muara Hutaraja
Muara Batangtoru
20.
Agus Sulaiman Siregar
Anggota
Wek I
Batangtoru
21.
Rasma Baringin Siregar
Anggota
Wek I
Batangtoru

Sekilas Tambang Emas Martabe

Tambang Emas Martabe terletak di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Propinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah 1.639 km2, di bawah Kontrak Karya generasi keenam ("CoW") yang ditandatangani April 1997. Tambang Emas Martabe kini telah memiliki sumberdaya 7,4 juta ounce emas dan 70 juta ounce perak dan mulai berproduksi penuh pada awal 2013, dengan kapasitas per tahun sebesar 250.000 ounce emas dan 2-3 juta ounce perak berbiaya rendah.

Pemegang saham Tambang Emas Martabe adalah G-Resources Group Ltd sebesar sembilanpuluh lima  persen, dan pemegang 5 persen saham lainnya adalah PT Artha Nugraha Agung, yang tujuh puluh persen sahamnya dimiliki Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan 30 persen dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Utara. 

Lebih dari dua ribu orang saat ini bekerja di Tambang Emas Martabe, tujuh puluh persen direkrut dari masyarakat di empat belas desa di sekitar tambang.  

Martabe akan menjadi standar acuan bagi G-Resources untuk menjalankan bisnisnya di Indonesia dan di wilayah lainnya, dan terus bertumbuh dengan tetap mengutamakan keselamatan kerja, kelestarian lingkungan, dan pengembangan masyarakat. 

Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi situs www.g-resources.com

Untuk informasi lain, hubungi:

Katarina Siburian Hardono
Corporate Communications Senior Manager
·         M +62 811 9005146 
·         E  katarina.hardono@g-resources.net


Corporate Communications
 
RGB Horizontal Logo

PT Agincourt Resources  |  A Subsidiary of G-Resources Group Ltd.
T +62 21 7592 2808     |  E  martabecorporatecommunications@g-resources,net
Jl Merdeka Barat Km 2.5, Desa Aek Pining, Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara 22738, Indonesia

GREAT-unwrap (3)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung