Wagub Sumut Ajak Maksimalkan Potensi Mebidangro

Wagub Sumut Ajak Maksimalkan Potensi Mebidangro

Medan (Mimbar) - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) mengajak dua Kota dan dua Kabupaten untuk memaksimalkan potensi dalam upaya menggerakkan laju roda pembangunan di Sumut. Mebidangro merupakan daerah penyangga Sumut yang memiliki peran strategis dalam mempengaruhi pertumbuhan perekonomian.

Ajakan tersebut disampaikan Wagub Sumut Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si dalam acara Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut bersama jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Binjai di pendopo Umar Baki, rumah dinas Walikota Binjai, HM. Idaham, SH, MH, Binjai, Kamis (16/7).

Turut dalam rombongan Tim Safarai Ramadhan Pemprov Sumut, Kepala Dinas (Kadis) Pendapatan Razali, S.Sos, Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bidar Alamsyah, Staf Ahli Bidang Pertanahan dan Aset Drs. Robertson, Kepala Biro Umum M. Alia Gani Manurung, ustadz Kasman Lubs dan sejumah jajaran Pemprov Sumut lainnya.

Sementara jajaran Pemko Binjai terlihat Walikota Binjai HM. Idaham, SH, MH, Kapolres Binjai AKBP Marcelino Sampouw, SH. Sik, Kasdim Mayor Inf Supriono, Kajari Binjai Wilmar Ambarita, SH dan sejumlah SKPD lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi menegaskan, Medan, Binjai, Deli Serdang adalah empat daerah yang saling berdampingan. Memiliki potensi yang saling mendukung, baik Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM), tidak terkecuali bidang lain yang saling berkaitan, termasuk bidang jasa dan perdagangan.

"Pembangunan yang harmonis dan sinergi di empat wilayah ini akan menjadikan kota metropolitan yang luar biasa. Ini juga akan berpengaruh terhadap roda pembangunan dan perekonomian di Sumatera Utara," sebut Erry.

Keempat daerah tersebut saling mendukung, karena satu dengan lainnya memiliki potensi yang berbeda. Deliserdang dan Karo misalnya, kaya akan hasil pertanian dan SDA. Sedangkan Medan dan Binjai memiliki SDM dan sentra perdagangan yang mendukung pemasaran hasil pertanian.

"Saya optimis akan terbentuk kota metropolitan mengalahkan Kota Surabaya sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta," ujar Erry.

Menurut Erry, harapan tersebut bukan mimpi semata, karena Mebidangro kaya akan potensi, namun belum tergali secara maksimal saat ini.

Sementara Walikota Binjai, HM. Idaham, SH. MH menyambut baik program Mebidangro sebagai langkah strategis menciptakan kota metropolitan di Sumut.

"Semua potensi yang dimiliki Kota Binjai akan kita maksimalkan untuk mendukung kehadiran kota metropolitan gabungan empat daerah," sebut Idaham. 

Dalam acara tersebut, tim Safari Ramadhan Pemprov Sumut menyerahkan santunan kepada 100 anak yatim, 100 kaum ulama dan bantuan pembangunan Mesjid Nurul Al-Muslimin, Jl. Imam Bonjol, Binjai.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung