Masyarakat Dihimbau Gunakan Hak Pilih 




Masyarakat Dihimbau Gunakan Hak Pilih 

    

Medan (Mimbar) - Semua masyarakat di Sumatera Utara yang memiliki hak pilih dihimbau untuk menggunakan hak suaranya pada pemilihan presiden 9 Juli 2014, sehingga partisipasi masyarakat meningkat jika dibandingkan Pileg kemarin.
    

"Menggunakan hak pilih pada 9 Juli nanti, juga merupakan bagian dari partsisipasi kita dalam mensukseskan penyelenggaraan pilpres," kata Ketua Tim Pemantau Pemilu Provinsi Sumatera Utara Nurdin Lubis di Medan Minggu.
    

Hal itu ia sampaikan pada Live Interactive Talkshow disiarkan langsung di 40 Stasiun Radio Se-Sumut dari Medan Club yang digagas Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Sumut dengan tema "Pilihanmu Masa Depanmu".
    

Selain Nurdin yang juga Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, tampil juga sebagai pemateri Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Benget Silitonga, dan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sumut Syafrida R. Rasahan.
    

Lebih lanjut Nurdin mengatakan selama ini pihaknya bersama Kepolisian dan TNI beserta pemangku kepentingan lainnya terus berupaya menjaga kondusivitas bangsa terjaga, hingga sampai hari pencoblosan nati pada 9 Juli 2014.     

Agar kondisi yang kondusif itu terjaga tentunya peran serta masyarakat juga tidak bisa dikesampingkan yang berupaya secara bersama-sama menjaga ketertiban di lingkungannya masing-masing. "Masih ada dua tahapan lagi dari beberapa tahapan Pemilu yang akan berlangsung, yakni hari pencoblosan dan hari-hari rekapitulasi suara.

Ini adalah hari-hari yang cukup rawan dan untuk itu semua pihak untuk selalu bersiaga demi mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," katanya. Nurdin juga tidak menampik bahwa berbagai kemungkinan bisa saja terjadi menjelang Pilpres maupun sesudahnya. Untuk itu, telah dibentuk Posko Pusat Pengendalian Krisis (Pusdalsis) Provinsi Sumut di Kantor Badan Kesbangpol Linmas Sumut di Jalan Jenderal Gatot Subroto Medan.
    

Pusdalsis tersebut diaktifkan seluruh komponen dan elemen strategis mulai dari unsur pemerintah, Kodam, Polda, Kajati dan lainnya termasuk perwakilan Tim Sukses kedua pasangan calon dari kota sampai ke kecamatan.
    

Posko tersebut bertugas memonitor berbagai hal kemungkinan yang dapat memicu kericuhan sehingga indikasi kerawanan yang mengganggu pelaksanaan Pilpres  dapat diantisipasi sejak awal, baik pra maupun hari "H" dan pasca pelaksanaan Pilpres 2014.
    

"Artinya kalau ada yang mencoba-coba mengganggu proses pelaksanaan Pilpres, maka akan langsung ditangani Pusdalsis. Kepada masyarakat juga dihimbau untuk cepat melapor ke aparat terdekat jika mendapat informasi adanya potensi kericuhan," katanya.
   
Sementara menjawab pertanyaan dari Tina Warga Medan tentang mengurangi tingginya "Golput", Nurdin mengatakan Pemprov Sumut bersama instansi terkait juga turut membantu mensosialisasikan ajakan kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya pada pilpres mendatang.
   

Bahkan Pemprov Sumut juga memfasilitasi berbagai kegiatan yang bersifat sosialisasi Pilpres, sehingga dengan demikian diharapkan golput dapat lebih ditekan dan angka partisipasi pemilih dapat lebih meningkat dari pileg yang lalu.
   

"Memilih adalah hak masyarakat, namun dibalik itu juga ada tanggungjawab yakni harus mampu mengajak orang lain agar jug amenggunakan hak pilihnya. Pilihlah sesuai hati nurani, jangan karena iming-iming sesuatu, karena satu suara yang diberikan sangat menentukan nasib bangsa ini lima tahun kedepan," katanya.
   

Sementara Komisioner KPU Sumut Benget Silitonga dalam dialog tersebut mengatakan persiapan pelaksanaan Pilpres di povinsi itu sudah hampir rampung seluruhnya. Terkait logistik pemilu, menurut dia saat ini semuanya sudah terdistribusikan ke KPU kabupaten/kota dan untuk selanjutnya didistribusikan ke kecamatan dan kelurahan.
    

Untuk daerah yang dinilai cukup rawan karena cuaca dan jauhnya jarak tempuh seperti pulau batu di Kepulauan Nias, menurut Benget, juga sudah terdistribusi karena ternyata dalam beberapa hari ini cuaca sangat mendukung.   

"Yang penting bagi kami bagaimana koordinasi dengan smeua pihak dapat terus terjaga, demi memastikan persiapan penyelenggaraan Pilpres di daerah-daerah berjalan baik. Kami juga memanfaatkan seluruh komponen yang ada untuk menyosialisasikan pilpres ini baik melalui media cetak, elektronik bahkan juga melalui media sosial," katanya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung