Ribuan Massa Sumut Gelar Aksi Solidaritas Untuk Palestina


Ribuan Massa Sumut Gelar Aksi Solidaritas Untuk Palestina

* Kumpulkan Donasi  Rp 472.117.150,-
* Sutias Gatot Pujo Nugroho Sumbang $ 10.000


Medan (Mimbar) - Ribuan massa dari berbagai elemen masyarakat Sumatera Utara, menggelar aksi solidaritas dengan pengumpulan dana untuk membantu Negara Palestina yang mengalami kerusakan bangunan maupun korban jiwa pasca penyerangan yang dilakukan tentara Israel ke Palestina.

Massa tersebut berasal dari  Komite Nasional Untuk Rakyat Palestina (KNRP) Sumatra Utara, Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumut, DPD PKS Medan, Binjai, Deli Serdang, Langkat, serta Majelis Ulama Indonesia Kota Medan, BKMT Medan Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Sumut, Persatuan Muslimah  (Salimah) bersama organisai Islam lainnya di Provinsi Sumatra Utara.

Aksi tersebut merupakan solidaritas Palestina dan mengecam kebrutalan tentara Israel yang melancarkan serangan terhadap warga sipil Palestina saat Ramadhan.

Massa yang sudah berkumpul sejak pukul 07.00 Minggu pagi (13/7) di Lapangan Merdeka Medan ini melakukan penggalangan dana yang dikumpulkan para relawan aksi. Di tempat itu pula berbagai tokoh agama dan tokoh masyarakat membakar semangat massa yang hadir untuk memberikan bantuan kepada rakyat palesrtina.

Tak terkecuali Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho ST MSi yang diwakili oleh Kepala Biro Binkesos Provinsi Sumut Muhammad Yusuf yang terlebih dahulu memberikan orasi saat berada di Lapangan Merdeka Medan.

Dia mengatakan dukungan Pemprovsu terhadap rakyat Palestina. "Bahwa kami banyak bersyukur  dan terima kasih sekali kepada saudara-saudara saya yang pada pagi hari ini datang dan untuk mendukung aksi solidaritas kepada rakyat Palestina," ujarnya.

Dirinya mewakili pemerintah provinsi yang mana Gubsu berpesan mendukung sepenuhnya upaya upaya kita dalam mendukung palestina.

"Pesan Gubernur  bahwa beliau mendukung solidaritas kita kepada umat islam di Palestina. Dalam kesempatan ini juga saya sampaikan kita juga Sumatera Utara. Negara kita juga sudah menunjukkan bahwa dukungan kepada rakyat Palestina. Dengan membangun rumah sakit yang cukup besar di Palestina untuk membantu Rakayat Palestina dalam menerima kezhaliman Israel," katanya.

Negara kita juga telah menunjukkan Politik Bebas Aktif yang termaktub dalam UUD 45 bahwasanya di alenia keempat bahwa sesuguhnya keberdekaan adalah hak segala bangsa dan oleh karena itu penjajah diatas dunia harus dihapuskan.

Hidayatullah, Ketua KNRP Sumatera Utara mengatakan, aksi yang digelar ini untuk menunjukkan kepada publik dunia bahwa kita yang ada di Indonesia ini saudara-saudara kita yang ada di Palestina adalah sama.

"Sesunguhnya sudah habis air mata saudara kita sudah hampair darah darah mereka di Palestina karena melawan israel laknatullah kehadiran kita disisi agar mereka lihat bahwa mereka tidak sendiri," katanya.

Kemudian, tegas Hidayatullah, aksi longmarch yang dilakukan ini juga untuk menunjukkan kepada dunia, khususnya Israel dan Amerika Serikat yang mendukung Israel bahwa tragedi kemanusiaan yang terjadi di Palestina dikutuk oleh semua ummat manusia di dunia.

Sementara itu tokoh masyarakat, Zulkarnain,  dalam orasinya menyampaikan dengan tegas bahwa ummat Islam telah dicabik cabik oleh tentara Israel. " Israel teroris no 1 di dunia maka harus dibumihanguskan," teriaknya.

Sutias Gatot Pujo Nugroho Sumbang $ 10.000
Setelah beberapa tokoh berorasi, massa yang hadir langsung melakukan doa bersama untuk rakyat Palestina. Mereka langsung  melakukan longmarch mulai dari Lapangan Merdeka Medan menuju jalan Balai Kota, Guru Patimpus dan berakhir di Bundaran Majestik di Jalan Gatot Subroto.

Di tempat itu, massa langsung menggelar aksi dukungan untuk Palestina. Arus lalu lintas di sekitar lokasi pun menjadi tersendat. Namun dengan bantuan aparat kepolisian, arus lalu lintas pun akhirnya bisa dialihkan.

Terlihat sebuah mobil bak terbuka dengan pengeras suara depan tugu SIB dengan ribuan massa berpusat di depan mobil bak terbuka tersebut. Massa yang hadir  mendengarkan orasi-orasi yang membakar semangat para umat Islam yang datang melintasi jalan tersebut.

Para orang tua dan anak-anak terlihat memadati budaran dengan membawa bendera palestina dan bendera Merah Putih sambil meneriakkan Allahu Akbar, Allahu Akbar, serta menginjak-injak  bendera Israel yang sengaja di letakkan di tengah jalan.

Di tempat ini, aksi penggalangan dana terus berlangsung. Bantuanpun terus mengalir tak terkecuali dari istri Gubernur Sumut Hj Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho. Ibu lima anak yang juga merupakan penasehat  Persaudaraan Muslimah (Salimah) Sumut ini rela mengeluarkan uang 10 ribu Dolar AS.

Koordinator Lapangan Aksi,  Juliandi dari DPD PKS Kota Medan mengucapkan terimakasih atas kerelaan masyarakat yang peduli yerhadap Rakyat Palestina. "Terima kasih banyak kepada para donatur seperti  pak Gubsu, PT dunia kavling Perkasa, DPD pks Medan, BTPN Reg NAD, Bika Ambon Zulaikha, DPD PKS kota Binjai, PT Balqis Medan Wisata, Fraksi PKS DPRD Medan, PT Inalum, Toko Salamah, DPC PKS Amplas, Tuntungan, BKMT Kota Medan, seluruh Kader, Simpatisan PKS, dan seluruh masyarakat Kota Medan atas do'a dan dukungannya, smoga amal ibadah kita di ramadhan ini di terima di sisi Allah....Amiiin," katanya.

Dia menjelaskan bahwa DPD PKS Kota Medan Selaku Pelaksana Aksi telah mengumpulkan donasi : antara lain uang cash Rp 472.117.150, ditambah  10.000 Dolar AS dari Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Hj Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho.

Selain mata uang rupiah, relawan aksi juga telah mengumpulkan sumbangan masyarakat berupa uang asing seperti 200 dolar AS, 560 Riyal , 138 Ringgit,  20 Pounds , 20 Pound mesir, 40 Bath, 9 Dollar Singapura, 5 Euro , 11 Dirham dan 1 Dinar.

Ada juga donasi berpentuk perhiasan seperti  36 cincin emas, 10 anting emas, satu gelang satu kalung serta satu liontin. Termasuk juga barang lainya berupa 20 jam tangan,  7 handphone. "Seluruh bantuan yang terkumpul kita salurkan via KNRP Sumut," tandas Juliandi.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung